Hari ini saya berkesempatan mengikuti kegiatan di Solo, kebetulan menginap di Hotel Alana (The Alana Solo by Aston), sekadar berbagi cerita saja sahabat Kissparry.

Untuk waktu di hotel, bila semalam berarti dua hari satu malam, karena check in hotel biasanya pukul 13.00 (01.00am) sedang check out sehari setelahnya pada pukul 12.00 (00.00pm).

Meskipun judulnya Karanganyar, tetapi di Colomadu merupakan wilayah yang berbatasan dengan Boyolali, Sukoharjo, dan Surakarta termasuk daerah paling barat dari Karanganyar dan langsung berbatasan dengan Boyolali, bahkan dekat dengan bandara Adi Soemarmo Solo.

The Alana Hotel by Aston Solo 20-02-2019

Inilah uniknya Solo Raya ini, Anda berada di Karanganyar tetapi saat ke timur akan melawati Sukoharjo dan Solo, kemudian masuk Karanganyar lagi.

Termasuk pula bandara Adi Soemarno, ketika Anda berada di sana dan keluar dari bandara makan akan masuk ke wilayah Karanganyar (Colomadu), tetapi ketika ada ke selatan sedikit saja sudah masuk Sukoharjo, tetapi kalau kebarat dari Bolon maka akan segera masuk Boyolali.

Pasti sahabat Kissparry bertanya-tanya, acara apa ya? Kali ini kegiatan kantor selama 2 hari, Rabu dan Kamis, 20 – 21 Februari 2019, Rapat Kerja semua bidang ditempat kerja Kissparry Eswede Wea.

Penulis untuk nama panggilan di kantor pakai Wea atau ada yang panggil Kissparry juga, dan ada yang lain lagi, Eswede.

Lokasi The Alana Hotel Solo

Menuju ke The Alana Hotel by Aston Solo sebuah hotel bintang 4 ini cukup mudah, mengingat terletak di jalan raya, yakni Jl Adi Sucipto, Blulukan, Colomadu. Jika dari barat atau bandara setelah lampu traffic light Bolon perempatan Jl Tentara Pelajar Jl Adi Soemarmo dan Jl Adi Sucipto ke arah timur yang Jl Adi Sucipto.

Posisi hotel bintang 4 (⭐⭐⭐⭐) ini dari arah barat ada disebelah kiri jalan raya, kurang lebih 3,5 km dari traffic light tersebut, sebaiknya laju kendaraan mulai diperlambat.

Sudut-sudut Fasilitas Hotel

Seperti biasa, jika sedang ada kegiatan atau menginap di hotel, saya selalu mengabadikan momen dan disetiap sudut ruangan yang tersedia. Mengambil gambar tanpa ada objek orang atau ada pun tidak, tetap dilakukan.

Fasilitas hotel bintang 4 ini sudah bisa kita bayangkan seperti halnya hotel bintang 4 yang lainnya.

  1. Lobby yang luas dan ruang tunggu (lounge),
  2. Welcome dring bagi tamu baru (kadang ada kadang tidak, temporer),
  3. Lift sebagai sarana naik turun tiap lantai, ada yang ditambah eskalator,
  4. Penunjuk arah, informasi terkait jalan keluar
  5. Kunci kamar, ingat terkadang menyatu menjadi kunci penunjukan lantai di lift, juga menyalakan lampu di kamar.
  6. Kamar tidur dengan berbagai pilihan, tersedia compliment (cuma-cuma, 2 botol air mineral, penanak air, teh dan kopi, gula putih dan gula merah)
  7. Meja kerja dan kursi santai
  8. Buku informasi seputar layanan hotel, selebaran lainnya
  9. Almari pakaian (gantung) dan menempatkan pakaian
  10. Save deposit box
  11. Almari es
  12. Kamar mandi lengkap beserta handuk besar, kadang ada handuk sedang dan handuk kecil (tergantung paketnya). Anda akan diberi sikat gigi + pasta gigi, sabun tangan, sabun mandi dan sampho
  13. Ballroom, Hallroom, ruang pertemuan, (ada yang luas ada pula yang tidak), The Alana termasuk luas,
  14. Mushola
  15. Rest area untuk umum (tamu)
  16. Kolam renang, dan
  17. Fasilitan Olahraga (gym – fitness centre), dan
  18. Spa (lulur, pijat aromaterapi, pijat capek)
  19. Caffe Shop, Restaurant
  20. Parkir dan
  21. Taman-taman penyejuk…
  22. Petugas pelayanan pembantu (office boy, room boy, front office), dan
  23. Petugas layanan kesehatan atau toko obat ringan

Dan mungkin masih ada fasilitas tambahan lainnya, o… ya… ruang merokok, karena kita tidak boleh merokok disembarang tempat.

Hotel The Alana Solo terdiri dari 11 lantai (sesuai yang tertera dipenunjuk lift), adapun lantai 3 sampai dengan lantai 11 untuk kamar-kamar hotel menginap.

Alana penunjuk tempat di lift, ada 4 lift di Alana Solo

Sedangkan lantai 2 terdiri atas untuk layanan:

  • Caffe shop (Resto),
  • Kolan renang,
  • Spa,
  • Olahraga ditempat, dan
  • Ruang pertemuan

Saya tidak mengecek apakah tersedia lantai 4, yang biasanya nama lantai ini akan dihindari tidak digunakan oleh banyak hotel di Indonesia.

Lobby hotel dan Lounge

Lobi hotel sangat luas dan nyaman, dan ruang tunggu (lounge), ingat ditempat ini kita bisa pesan makanan atau minuman, dan harus memperhatikan apakah ruang tunggu ada penunggu atau tertulis lounge, bila ada tulisan ini berarti itu tempat menunggu khusus yang akan memesan makanan atau minuman di hotel.

Lobby hotel The Alana Colomadu Karanganyar Solo

Lobby juga bisa disebut living room, tempat untuk bersantai sejenak ketika kita mengunjungi hotel ini. Disini ada beberapa fasilitas hotel (terutama di The Alana)..

  • Front office (kantor depan) yang gunanya untuk menerima tamu yang akan menginap, apabila Anda tidak tamu rombongan atau karena di undang ada kegiatan hotel silakan langsung ke petugas di kantor depan hotel ini. Namun apabila tamu undangan juga boleh ke front office dan menanyakan kedatangan Anda.
  • Penunjuk Arah dan Daftar Kegiatan, sebelum bertanya sebaiknya melihat sekilah daftar kegiatan dan petunjuk arah. Hal ini biasanya tamu undangan.
  • Ruang Tunggu umum, biasanya disebut ruang tunggu saja yang terdiri dari meja dan kursi, atau hanya kursi tanpa meja (di The Alana tersedia keduanya)
  • Lounge (ruang menunggu), seperti halnya ruang tunggu tetapi disini ada petugas yang melayani pemesanan makanan, meskipun ketika di ruang tunggu umum juga bisa pesan minuman dan makanan.
  • Kereta Barang, tersedia kereta barang apabila membawa barang bawaan berat dan banyak.
  • Didekatnya ada eskalator untuk menuju ke lantai atas ke ruang pertemuan, sedangkan lift ada dibelakang front office.

Disini juga ada fasilitas untuk spot foto yang menarik, ornamen ukir-ukiran khas Jawa.

Lobby sisi timur The Alana Hotel Solo 2019

Hal-hal penting untuk kita terutama di Lounge (ada info penujuk), bila kita tidak ingin memesan makanan dan minuman sebaiknya tidak duduk ditempat seperti ini, adakah petugas disini, kalau tidak ada bebas duduk tetapi kalau ada petugas jaga, anda akan dihampiri, dan sebaiknya cari tempat duduk yang lain. Nggak apa-apa sih, yang tidak terbiasa akan kaget mengenai harga berbeda dengan warung kopi angkringan.

lanjutkan membaca, laman 2


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.