Agenda

The Alana Hotel by Aston Solo, City Tour Surakarta 2019

Hari ini saya berkesempatan mengikuti kegiatan di Solo, kebetulan menginap di Hotel Alana (The Alana Solo by Aston), sekadar berbagi cerita saja sahabat Kissparry.

Untuk waktu di hotel, bila semalam berarti dua hari satu malam, karena check in hotel biasanya pukul 13.00 (01.00am) sedang check out sehari setelahnya pada pukul 12.00 (00.00pm).

Meskipun judulnya Karanganyar, tetapi di Colomadu merupakan wilayah yang berbatasan dengan Boyolali, Sukoharjo, dan Surakarta termasuk daerah paling barat dari Karanganyar dan langsung berbatasan dengan Boyolali, bahkan dekat dengan bandara Adi Soemarmo Solo.

The Alana Hotel by Aston Solo 20-02-2019

Inilah uniknya Solo Raya ini, Anda berada di Karanganyar tetapi saat ke timur akan melawati Sukoharjo dan Solo, kemudian masuk Karanganyar lagi.

Termasuk pula bandara Adi Soemarno, ketika Anda berada di sana dan keluar dari bandara makan akan masuk ke wilayah Karanganyar (Colomadu), tetapi ketika ada ke selatan sedikit saja sudah masuk Sukoharjo, tetapi kalau kebarat dari Bolon maka akan segera masuk Boyolali.

Pasti sahabat Kissparry bertanya-tanya, acara apa ya? Kali ini kegiatan kantor selama 2 hari, Rabu dan Kamis, 20 – 21 Februari 2019, Rapat Kerja semua bidang ditempat kerja Kissparry Eswede Wea.

Penulis untuk nama panggilan di kantor pakai Wea atau ada yang panggil Kissparry juga, dan ada yang lain lagi, Eswede.

Lokasi The Alana Hotel Solo

Menuju ke The Alana Hotel by Aston Solo sebuah hotel bintang 4 ini cukup mudah, mengingat terletak di jalan raya, yakni Jl Adi Sucipto, Blulukan, Colomadu. Jika dari barat atau bandara setelah lampu traffic light Bolon perempatan Jl Tentara Pelajar Jl Adi Soemarmo dan Jl Adi Sucipto ke arah timur yang Jl Adi Sucipto.

Posisi hotel bintang 4 (⭐⭐⭐⭐) ini dari arah barat ada disebelah kiri jalan raya, kurang lebih 3,5 km dari traffic light tersebut, sebaiknya laju kendaraan diperlambat.

Sudut-sudut Fasilitas Hotel

Seperti biasa, jika sedang ada kegiatan atau menginap di hotel, saya selalu mengabadikan momen dan disetiap sudut ruangan yang tersedia. Mengambil gambar tanpa ada objek orang atau ada pun tidak, tetap dilakukan.

Fasilitas hotel bintang 4 ini sudah bisa kita bayangkan seperti halnya hotel bintang 4 yang lainnya.

  1. Lobby yang luas dan ruang tunggu (lounge),
  2. Welcome dring bagi tamu baru (kadang ada kadang tidak, temporer),
  3. Lift sebagai sarana naik turun tiap lantai, ada yang ditambah eskalator,
  4. Penunjuk arah, informasi terkait jalan keluar
  5. Kunci kamar, ingat terkadang menyatu menjadi kunci penunjukan lantai di lift, juga menyalakan lampu di kamar.
  6. Kamar tidur dengan berbagai pilihan, tersedia compliment (cuma-cuma, 2 botol air mineral, penanak air, teh dan kopi, gula putih dan gula merah)
  7. Meja kerja dan kursi santai
  8. Buku informasi seputar layanan hotel, selebaran lainnya
  9. Almari pakaian (gantung) dan menempatkan pakaian
  10. Save deposit box
  11. Almari es
  12. Kamar mandi lengkap beserta handuk besar, kadang ada handuk sedang dan handuk kecil (tergantung paketnya). Anda akan diberi sikat gigi + pasta gigi, sabun tangan, sabun mandi dan sampho
  13. Ballroom, Hallroom, ruang pertemuan, (ada yang luas ada pula yang tidak), The Alana termasuk luas,
  14. Mushola
  15. Rest area untuk umum (tamu)
  16. Kolam renang, dan
  17. Fasilitan Olahraga (gym – fitness centre), dan
  18. Spa (lulur, pijat aromaterapi, pijat capek)
  19. Caffe Shop, Restaurant
  20. Parkir dan
  21. Taman-taman penyejuk…
  22. Petugas pelayanan pembantu (office boy, room boy, front office), dan
  23. Petugas layanan kesehatan atau toko obat ringan

Dan mungkin masih ada fasilitas tambahan lainnya, o… ya… ruang merokok, karena kita tidak boleh merokok disembarang tempat.

Hotel The Alana Solo terdiri dari 11 lantai (sesuai yang tertera dipenunjuk lift), adapun lantai 3 sampai dengan lantai 11 untuk kamar-kamar hotel menginap.

Alana penunjuk tempat di lift, ada 4 lift di Alana Solo

Sedangkan lantai 2 terdiri atas untuk layanan:

  • Caffe shop (Resto),
  • Kolan renang,
  • Spa,
  • Olahraga ditempat, dan
  • Ruang pertemuan

Saya tidak mengecek apakah tersedia lantai 4, yang biasanya nama lantai ini akan dihindari tidak digunakan oleh banyak hotel di Indonesia.

Lobby hotel dan Lounge

Lobi hotel sangat luas dan nyaman, dan ruang tunggu (lounge), ingat ditempat ini kita bisa pesan makanan atau minuman, dan harus memperhatikan apakah ruang tunggu ada penunggu atau tertulis lounge, bila ada tulisan ini berarti itu tempat menunggu khusus yang akan memesan makanan atau minuman di hotel.

Lobby hotel The Alana Colomadu Karanganyar Solo

Lobby juga bisa disebut living room, tempat untuk bersantai sejenak ketika kita mengunjungi hotel ini. Disini ada beberapa fasilitas hotel (terutama di The Alana)..

  • Front office (kantor depan) yang gunanya untuk menerima tamu yang akan menginap, apabila Anda tidak tamu rombongan atau karena di undang ada kegiatan hotel silakan langsung ke petugas di kantor depan hotel ini. Namun apabila tamu undangan juga boleh ke front office dan menanyakan kedatangan Anda.
  • Penunjuk Arah dan Daftar Kegiatan, sebelum bertanya sebaiknya melihat sekilah daftar kegiatan dan petunjuk arah. Hal ini biasanya tamu undangan.
  • Ruang Tunggu umum, biasanya disebut ruang tunggu saja yang terdiri dari meja dan kursi, atau hanya kursi tanpa meja (di The Alana tersedia keduanya)
  • Lounge (ruang menunggu), seperti halnya ruang tunggu tetapi disini ada petugas yang melayani pemesanan makanan, meskipun ketika di ruang tunggu umum juga bisa pesan minuman dan makanan.
  • Kereta Barang, tersedia kereta barang apabila membawa barang bawaan berat dan banyak.
  • Didekatnya ada eskalator untuk menuju ke lantai atas ke ruang pertemuan, sedangkan lift ada dibelakang front office.

Disini juga ada fasilitas untuk spot foto yang menarik, ornamen ukir-ukiran khas Jawa.

Lobby sisi timur The Alana Hotel Solo 2019

Hal-hal penting untuk kita terutama di Lounge (ada info penujuk), bila kita tidak ingin memesan makanan dan minuman sebaiknya tidak duduk ditempat seperti ini, adakah petugas disini, kalau tidak ada bebas duduk tetapi kalau ada petugas jaga, anda akan dihampiri, dan sebaiknya cari tempat duduk yang lain. Nggak apa-apa sih, yang tidak terbiasa akan kaget mengenai harga berbeda dengan warung kopi angkringan.

Menuju ke Lantai Hotel

The Alana Hotel Solo menerapkan kunci kamar sebagai kunci menuju lantai kamar di dalam lift. Kunci kamar seperti Kartu ATM ini ada tempelkan di gagang pintu kamar juga di boks penunjuk lantai di lift

Ingat sebaiknya kunci jauhkan dengan HP anda, karena kunci kamar ada chip elektronik, dan sinyal HP dapat menghapus memori kode di kartunya.

Ada lantai yang harus dengan kunci kamar dan ada lantai yang tanpa kunci kamar. Untuk ke kamar hotel (guest rooms) menggunakan kunci kamar, sedangkan lantai yang lain, bebas tanpa kunci.

Anda boleh melihat penunjuk keterangan pada lift yang disediakan untuk para tamu, mengingat adakalanya tamu hotel tidak diantar oleh room boys (kalau dahulu akan diantar sampai ruang, namun zaman sekarang sudah lebih maju, tamu akan ditanya apa perlu diantar? bila Anda ragu jawab saja ya, perlu, dan jangan malu-malu. Atau jawab tidak saya sudah terbiasa).

Usahakan melihat informasi yang tersedia di lift, karena ini akan membantu kita sampai ke tujuan menuju lantai berapa.

Alana penunjuk tempat di lift, ada 4 lift di Alana Solo

Di dekat alat pengantar Anda naik atau turun lantai (lift atau eskalator), sudah tersaji informasi (papan pengumuman) kegiatan di hotel tersebut, mungkin Anda sebagian dari peserta kegiatan itu, maka informasi ini Anda perhatikan.

Penunjuk ke Kamar Anda di The Alana Hotel Colomadu Solo

Kode ruang kamar biasanya memuat informasi lantai dan nomor kamar, misal 332 ini berarti lantai 3 kamar 32.

Kamar Menginap Tamu

Guest Rooms, kamar tamu tersedia beberapa tipe, saya sendiri menginap di tipe kamar seperti di bawah ini. Kalaupun disuruh memilih dan bayar sendiri, untuk tipe kamar seperti ini sudah cukup, karena malam hanya digunakan aktivitas istirahat tidur, dan kalau tidur sudah lupa. Ini tidak begitu penting.

Lebih penting untuk kita ketahui, bahwa The Alana Hotel Solo menerapkan kunci kamar sebagai kunci menuju lantai kamar di dalam lift, juga sebagai kunci untuk menyalakan lampu dan saluran listrik.

Gesekkan kartu kamar Anda, hingga lampu pintu berwarna hijau, dan setelah itu segera buka pintunya (dalam hitungan detik). Lebih dari 15 detik (biasanya) akan mengunci lagi).

Setelah berhasil membuka pintu, taruh kunci anda di slot listrik yang tersedia didekat pintu.

Petunjuk dan properti kamar tamu hotel, The Alana Hotel, Colomadu, Karanganyar Solo

Dibalik pintu kamar tersedia petunjuk keberadaan kamar dan petunjuk cara keluar bila terjadi kebakaran atau gangguan lainnya. Didekat pintu tersedia slot kunci untuk menyalakan lampu dan alat listrik lainnya. Silakan masukkan kunci seperti contoh. Disini juga ada saklar-saklar lampu yang wajib kita coba, jangan sungkan untuk mencobanya.

Pintu kamar akan terkunci dari luar ketika pintu tertutup sempurna, bunyi klek. Dipintu tersedia kunci tambahan, silakan mengaitkan bila perlu, dan kait ini bisa berfungsi sebagai tatakan pintu untuk tetap terbuka, ini juga bila diperlukan.

Ketika masuk kamar hotel, usahakan sebelum masuk untuk berdoa sesuai keyakinan Anda.

Sesampai di kamar, setelah memasukkan kunci ke slot untuk menyalakan lampu, segera periksa semua keadaan kamar, dan bila perlu dipotret. Ini berlaku tamu perorangan, bila anda tamu kehormatan tidak perlu potret-potret karena sudah ada yang mengurus.

tha Alana Hotel Solo (Colomadu) 2019, kamar Superior, jumlah ada 192 kamar (64 double beds dan 126 twin beds)

Fasilitas di dalam kamar antara lain yang biasanya ada (wajib ada – SOP hotel) terutama hotel berbintang.

Kamar Mandi

  • Handuk mandi (besar, sedang, kecil), minimal handuk mandi besar
  • Apakah air mengalir sempurna sesuai kondisi normal (air panas, air dingin)
  • Wastafel didekatnya ada sikat gigi, pasta gisi, gelas kecil, tisu
  • Pengering rambut
  • Kakus dan cara mengoperasikan, baca petunjuk
  • Lampu-lampu

Kamar Tidur

  • Bed, nyaman atau tidak,
  • Selimut, bantal, guling, dan asesoris lain
  • Lampu-lampu
  • TV dan AC, berserta remote kontrol AC dan TV
  • Alat penanak air, dan temannya ada (air mineral, teh, kopi, cangkir), biasanya sepasang, kalau tidak lengkap atau 1 buah segera lampor ke front office. Saya juga pernah ketemu seperti ini cangkir teh hanya 1 buah, maka saya lapor.

Jenis kamar yang lain (daftar ke bawah harga semakin tinggi) :

  • Deluxe Room, 16 kt (8+8)
  • Deluxe Family Room, 22 kt
  • Junior Suite Room, 16 kt
  • President Suite Room, 1 kt

Bar, Kolam Renang, dan Spa

Bar atau caffe shop ada dilantai 3 menjadi satu dengan kolam renang Aquamarine, juga fitness center, semua disediakan untuk pengunjung. Kolam gratis (free) dan pesan makanan di bar (coffe shop) bayar.

Kolam Renang Aquamarine the Alana Hotel

Spa (Rosemary Spa) berbayar dan pesan makanan di bar juga berbayar. Spa itu untuk pijat capae atau sekadar untuk rileksasi. Harga perpaket menyesuaikan.


Baca pula :


Di Bar ini menyajikan menu yang lengkap, entah karena pesanan atau memang fasilitasnya, bahkan dapat menikmati sajian langsung dari sang koki.

Koki nasi goreng dan sea food yang laris manis

Fitness Center dan Arena Bermain

Fitness center untuk tamu merupakan fasilitas tambahan, termasuk arena bermain anak-anak ada disini. Letaknya di lantai 3 juga, menjadi satu area dengan bar (coffe shop) dan kolam renang.

Arena bermain anak-anak di Alana Hotel Solo

Untuk rombongan jumlah besar, Bar Aquamarin akan digunakan sebagai sarana sajian makan siang atau makan malam, atau ini sesuai permintaan.

Restauran (Restoran)

Resto berada di lantai dasar atau belakang lobby (L), digunakan untuk melaksanakan sarapan bagi para tamu, atau makan siang bila dikehendaki.

Aneka makanan tersaji ditempat ini, sebagai kekhasan hotel bintang 4, dengan menu sangat lengkap, saya katakan. Jadi, jangan tergesa-gesa makan, dan boleh dilihat dulu menunya apa saja.

Restoran Alana Hotel Solo – sarapan pagi

Begitu keluar dari Lift terlihat nasi goreng langsung ada kokinya, beberapa aneka makanan yang berada ditempat awal ini, telor dadar juga ada dilokasi ini, baru ke dalam aneka makanan dan minuman tersedia. Jadi jangan tergesa-gesa makan, boleh lihat-lihat menunya dahulu.

Meja kursi di restoran ini disediakan sampai lorong-lorong, bahkan sampai lobby, mugkin karena banyaknya tamu waktu itu yang bersamaan.

Yang asyik di resto ini ada waroeng ndeso dengan sajian aneka masakan khas desa di Solo, termasuk minuman di kendi-nya.

Waroeng Ndeso – warung tempoe doeloe di the Alana Hotel Solo

Ruang Pertemuan dan Mushola

The Alana Hotel terdapat ruangan yang besar yang akan menampung banyak peserta pertemuan atau hajatan, Disamping itu juga ada banyak ruang pertemuan kecil-kecil atau kelas-kelas.

Ruangan ini berada di lantai 1, bisa dicapai melalui eskalator juga bisa dengan lift.

Dilantai 1 juga tersedia mushola diperuntukkan bagi pengunjung muslim yang hendak melaksanakan shalat, disamping lantai ground juga ada mushola. Untuk pengunjung juga dapat melaksanakan shalat di kamar masing-masing.

Parkir Kendaraan

Ruang parkir kendaraan kecil ada dilantai bawah (B1) untuk kendaraan roda 4, sedangkan B2 untuk kendaraan roda 4 dan roda 2. Khusus kendaraan besar diparkir didepan hotel, dapat menampung 4 – 5 bus pariwisata.

Jadi, kalau rombongan Anda ada 250 orang dengan 5 bus besar, tempat ini masih memungkinkan.

City Tour Surakarta – Solo

City tour Kota Solo kali ini mengunjungi beberapa tempat di Solo, terutama di Pura Mangkunegaran. Informasinya silakan klik disini.

Sekian, semoga bermanfaat

Kissparry
Editor: EswedeWea

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.