Bonsai bunga Galeri Hiburan dan Wisata Keterampilan Pertanian dan Agribisnis tanaman hias

Taman Sederhana Penghias Pekarangan Penambah Kesejukan dan Keindahan

Taman secara sederhana dapat menambah keindahan dan kesejukan

Taman yang letaknya di pekarangan rumah diperlukan guna menambah kesejukan dan keindahan, ini merupakan pendapat pribadi.

Apa benar seperti itu, taman menambah keindahan dan kesejukan, semoga anda pun sepakat seperti itu, karena hampir semua orang suka taman dan keindahan. Membuat taman bisa mencapai puluhan juta, tetapi taman yang sederhana tentu lebih murah, apalagi tanamannya dari pemberian orang.

Hanya kadang ada orang yang tidak terlalu suka, untuk yang tipe seperti ini, bisa dimodifikasi dengan tanaman toga atau tanaman lain seperti sayuran dan bumbu. Adakah tanaman bumbu? Ada, tanaman rempah mungkin lebih tepatnya.

Iin Weanind berpose di Taman Gazebo gardu pandang sisi barat Ketep Pass, bersama Kissparry Jr Alif

Bila Tidak Tersedia Lahan Cukup

Pecinta tanaman, meskipun lahannya sempit pasti berusaha untuk membuat atau menaman bunga, meskipun harus dengan media pot bunga. Tetapi, bagi yang tidak terlalu suka, meskipun ada lahan, malah tidak dimanfaatkan.

Pada lahan pekarangan sempit atau bahkan tidak tersedia lahan sama sekali, bagaimana menyikapi agar punya taman, contohnya rumah Kissparry Semarang (Weanind), meskipun bukan di perumahan tetapi luas lahan terbatas dan semua untuk bangunan.

Media taman, tadinya diberi tanah humus kemudian diganti pot untuk mengurangi beban

Solusinya, saya membikin tempat setengah meter di lantai 3 (tiga) sepanjang setengah luas depan untuk dibuat taman, tetapi karena saran ahli bangunan untuk dibuang tanahnya dan di pindahkan semua tanaman ke pot bunga.

Berbeda dengan yang memiliki lahan luas, taman bisa dibuat lebih permanen dan bagus, tapi ya itu…. Jer basuki mawa bea, ada biaya yang muncul untuk membuat taman sederhana sekalipun.

Bunga Sikas, Kumis Kucing, Lidah Buaya, dan Ketela Rambat

Sebenarnya saya suka sekali tanaman-tanaman hias, tetapi karena lahan yang ada terbatas, sehingga tempat yang sempit itu dicampur-campur dengan berbagai tanaman, baik bunga, tanaman obat, tanaman rempah, juga sayuran.

Kumis Kucing dan Lidah Buaya termasuk tanaman obat, yang fungsinya adalah kumis kucing + keci beling + adas pulowaras + akar alang-alang untuk penghancur batu ginjal, sedangkan Lidah Buaya atau aloe vera sudah terkenal untuk obat luka bahkan bisa diluar tubuh atau didalam tubuh.

Bunga Sikas sebelahnya ada tanaman obat Kumis Kucing, latar belakang bawah warga Senam Pagi Minggu

Ini wajah Kumis Kucing dan Aloe Vera, juga ketela pohon (rambat). Untuk ketela rambat ya sekadar untuk sayuran saja, jika membutuhkan jumlah banyak yang membeli diwarung saji depan rumah tiap pagi.

Kumis Kucing, Aloe Vera (Lidah Buaya) dan Ketela Rambat, juga tampak Pandan Wangi

Pandan Wangi, Jeruk, Melati, Mawar, Binahong

Masih menghiasi lokasi yang sempit itu yaitu Pandan Wangi (tanaman sayur), Jeruk, bunga Melati dan bunga Mawar, juga ada Binahong (tanaman obat).

Pandan Wangi, Lidah Buaya, Jeruk, bunga Melati, bunga Mawar, Binahong

Kebetulan saat ini bunga mawar sedang berbunga dan bunga melati sedang kuncup akan mekar. Dulu pernah, bunga melati ini sampai menjalar ke bawah, tetapi karena terlalu rimbun akhirnya dipangkas.

Bunga Mawar sedang mekar mewangi
Bunga Melati, bunga bangsa, ayo semua warga Indonesia budidaya empunya

Bunga Melati merupakan Puspa Bangsa, oleh sebab itu mari kawan-kawan perempuan mencoba menanam bunga ini.

Di tempat ini juga ada Bunga Sedap Malam dan Bunga Desember, sedangkan disebelah kiri rumah ada Keji Beling, Gelombang Cinta.


Baca Juga :


Taman Ini Lebih Dari Sederhana

Taman berikut ini merupakan contoh-contoh taman dari yang lebih dari sederhana hingga tergolong yang mewah. Misalkan taman disertai dengan kolam renang, ini termasuk mewah.

Atau bagaimana membuat taman sederhana dan terkesan mewah, wah…. kalau begini sudah ahli pertamanan. Sesederhana apapun itu taman, sepanjang semua bahan tanaman membeli tentu membutuhkan dana yang tidak diperhitungkan sebelumnya.

Misalkan bunga-bungaan. Bunga Sikas, bunga ini harganya antara Rp 150.000,- sd Rp 750.000,-. Ya sudah …. harga bunga gambarannya ada di link berikut ini yang dapat terbuka di tab baru (klik kanan open new tab).

Baca Juga:

Taman Gedung Rektorat UNNES, Lantai 3 di luar depan

Taman sederhana ini sepintas, tetapi dari sudut padang umum ini sangat bernilai, baik biaya pembuatan ataupun perawatan. Merupakan upaya pemanfaatan ruang diatas cor beton.

Gambar ini berantai atau lanjutan mulai dari slide 1 sampai dengan slide 4, yang kebetulan tidak diambil dengan mode panorama.

Taman Luar Gedung Rektorat UNNES Lantai 3, taman (bukan) sederhana
Taman Luar Gedung Lantai 3 Rektorat UNNES (Gmbr-ke-2 Kissparry Wea)
Taman Luar Gedung Lantai 3 Rektorat UNNES, Taman (bukan) Sederhana (Gmbr ke-3 Kissparry Wea)
Taman Luar Gedung Lantai 3 Rektorat UNNES, Taman (bukan) Sederhana (Gmbr ke-3 Kissparry Wea)

Saya tulis bukan sederhana, meskipun ukurannya memang sederhana, tapi ini termasuk kelas tinggi dengan biaya pembuatan lebih kurang mencapai puluhan juta rupiah.


Baca Juga :


Berikut ini masih sederetan contoh taman-taman, yang menyejukkan pandangan mata memandang.

Taman Dalam Gedung Rektorat UNNES Semarang

Taman ini terletak di depan lift lantai 2 hingga lantai 4

sedang dipersiapkan — disesuaikan ukuran terkecil agar loading enteng —

by IIN WEANIND
Editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.