Hiburan dan Wisata Indonesia Jawa Tengah Kuliner Obyek Wisata Pertanian dan Agribisnis Wisata Alam

Nama Obyek Wisata di Magelang per Kawasan, Rute dan Kulinernya

Obyek wisata yang sangat terkenal di Magelang yaitu Candi Borobudur dan sekitar komplek candi tersebut, ada Ketep Pass untuk memandang Gunung Merapi, dan ada Taman Kyai Langgeng, dan masih banyak lagi.

Masih pada penyampaian informasi dari obyek wisata lengkap di tiap kawasan. Kali ini tentang obyek wisata dan kuliner di Magelang. Candi Borobudur, Candi Pawon, Wisata Sepeda, Taman Kyai Langgeng, Taman Nasional Gunung Merapi (Ketep Pass) mewarnai tempat wisata di kawasan ini.

Kissparry kali ini menjadikan satu antara Kabupaten Magelang dan Kota Magelang mengingat lokasinya sangat berdekatan, dan Kota Magelang menjadi pusat kawasan wisata yang kami sajikan kali ini.

Magelang memang identik dengan Borobudur, sudah kondang di jagad wisata tanah air maupun mancanegara, artinya sebagian besar orang mengenalnya meskipun mungkin belum mengunjungi warisan budaya bangsa Indonesia tersebut.

Magelang juga terkenal terletak di tengah pulau Jawa, oleh karenanya  gunung yang terkenal dengan pakunya pulau Jawa.

Candi-Borobudur-tempoe-doeloe-Atria-IMG_20180215_173534
Candi Borobudur Tempoe Doeloe (foto koleksi Atria)

Batas-batas wilayah Magelang disebelah utara yaitu Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Semarang, sedangkan di sebelah timur ada Kabupaten Semarang dan Kabupaten Boyolali.

Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Purworejo, sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Sleman Provinsi DI Yogyakarta.

Candi-borobudur-dictio
Candi Corobudur Kini (foto Dictio)

Transportasi, Akomodasi, dan Kuliner

Secara umum untuk urusan transportasi, akomodasi dan kuliner sangat mudah didapatkan atau tersedia sangat lengkap. Pilih yang mana ada yang sederhana, sedang hingga mewah.

Transportasi atau Pengangkutan

Transportasi udara dilayani melalui Bandar Udara Internasional Adi Sucipto Yogyakarta (JOG) yang terletak di Kabupaten Bantul. Dari bandara ke pusat Kota Magelang lebih kurang 44 KM atau 1 jam dan 30 menit perjalanan.

Perjalanan dari Jogjakarta atau arah selatan hampir sama seperti dari bandara Adi Sucipto, arahkan perjalanan menuju Magelang atau Semarang (Jawa Tengah).

Sedangkan perjalanan dari wilayah timur bisa melalui Selo Boyolali (Merapi – Merbabu) rekomendasi hanya untuk kendaraan kecil, atau melalui Kopeng, sedang untuk kendaraan besar bisa melalui Salatiga – Bawen – Magelang, atau Klaten – Bantul – Jogja – Sleman – Magelang.

Dengan demikian dari arah utara (Semarang, Kendal, Kudus, Pati, Jepara, Demak) akan melewati Bawen – Temanggung – Magelang dan untuk kendaraan kecil bisa melalui rute Kopeng (Salatiga).

Transportasi dari timur akan melewati pegunungan yaitu kawasan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, yaitu Cepogo – Selo.

Sebagian besar obyek wisata di Magelang sudah Kissparry EW (Eswede Wea) kunjungi, meskipun sudah dimasa lampau, karena hampir setiap bulan selama lebih kurang tiga tahun, pasti melakukan perjalanan ke Magelang, dan oleh karena itu untuk menemukan dokumentasi atau foto-foto agak kesulitan.

Akomodasi atau Penginapan

Akomodasi tersedia dari hotel bintang 5 sampai dengan hotel melati, antara lain Hotel Grand Artos, Atria Hotel Magelang, Hotel Puri Asri, Hotel Safira Magelang, Villa di kawasan Candi Borobudur.

iklan:

Ace Hardware

menyediakan aneka peralatan rumah tangga.

Hotel Atria Magelang

Hotel terletak di Jln. Jenderal Sudirman No.42, Tidar Selatan, Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah 56125. Hotel Bintang 4 di Kota Magelang ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat karena menawarkan beberapa paket menginap sekaligus wisata, misalnya menginap semalam dengan wisata sepeda, atau arung jeram. Syaratnya memang harus rombongan.

Hotel-Atria-Magelang-pp

Hotel ini terletak di sebelah selatan alun-alun Kota Magelang. Kissparry WN sudah pernah mengikuti paket menginap dan wisata sebanyak 2 kali yaitu arung jeram Kali Progo dan wisata gowes Borobudur.

Baca Juga : Wisata Gowes Borobudur

Grand Artos Aerowisata Hotel Magelang

Hotel ini terletak di Jln. Mayjend. Bambang Sugeng No.1, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah 56172. Masih dekat dengan Atria Hotel, bahkan nampak. Hotel bintang 4 ini  menyatu dengan pusat perbelanjaan dan bermain (Artos Mall: Carefour, Matahari, TimeZone, dan lainnya).

Grand-Artos-Magelang-IMG_3371
Grand Artos Aerowisata Hotel Magelang

Trio Hotel Magelang (*2)

Hotel bintang 2 terletak di Jln. Jenderal Sudirman No.72, Tidar Selatan, Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah 59214, laman hoteltriomagelang.com

Hotel Puri Asri

Hotel bintang 4 terletak di Jln Cempaka dekat Taman Kyai Langgeng, tepatnya di Jln. Cempaka No.9, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122. Laman puriasrihotel.com.

The Oxalis Regency Hotel Magelang

Hotel bintang 3 ini terletak di Jln. Cempaka No. 17, Kemirirejo, Magelang, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122, laman: theoxalishotel.com. Masih diseputar Taman Kyai Langgeng

Citihub Hotel

Hotel berbintang 2 yang letaknya dekat Borobudur International Golf, tepanya di Jln. Gatot Soebroto No.260, Jurangombo Utara, Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah 56123. Laman: citihubhotels.com

Hotel Safira Magelang

Hotel bintang 3 ini letaknya dekat Borobudur International Golf, tepatnya di Jln. Gatot Soebroto No.56 A, Jurangombo Selatan, Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah 56123. Laman: hotelsafira.co.id

Hotel Sriti

Hotel bintang 2 terletak di Jln. Daha No. 23, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122. Laman: hotelsriti.com

Untuk wilayah Magelang tengah (kota) masih banyak lagi hotel bintang 1 dan bintang 2 maupun hotel melati. Tarif hotel melati sangat murah antara Rupiah 60000 – 150000 tiap malam perkamar.

Hotel untuk wilayah selatan yang berada di seputaran Candi Borobudur, banyak hotel pilihan Anda, sesuaikan dengan isi kantong. Perlu kami sampaikan bahwa di Magelang banyak sekali Homestay. Kissparry akan mencoba menampilkan data homestay yang ada.

Hotel Front One Inn Muntilan *2), Ruko Munsen D1-D5, Jl. Tambakan, Karangwatu, Pucungrejo, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah 56413.

lanjutkan membaca, Pages 2, Hotel sekitar Borobudur


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: