Nama Obyek Wisata di Magelang per Kawasan, Rute dan Kulinernya

Masih pada penyampaian informasi dari obyek wisata lengkap di tiap kawasan. Kali ini tentang obyek wisata dan kuliner di Magelang. Candi Borobudur, Candi Pawon, Wisata Sepeda, Taman Kyai Langgeng, Taman Nasional Gunung Merapi (Ketep Pass) mewarnai tempat wisata di kawasan ini.

Sengaja Kissparry jadikan satu antara Kabupaten Magelang dan Kota Magelang mengingat lokasinya sangat berdekatan, dan Kota Magelang menjadi pusat kawasan wisata yang kami sajikan kali ini.

Magelang memang identik dengan Borobudur yang sudah kondang di jagad wisata tanah air maupun mancanegara, artinya sebagian besar orang mengenalnya meskipun mungkin belum mengunjunginya.

Magelang juga terkenal terletak di tengah pulau Jawa, oleh karenanya  gunung yang terkenal dengan pakunya pulau Jawa.

Candi-Borobudur-tempoe-doeloe-Atria-IMG_20180215_173534
Candi Borobudur Tempoe Doeloe (foto koleksi Atria)

Batas-batas wilayah Magelang disebelah utara yaitu Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Semarang, sedangkan di sebelah timur ada Kabupaten Semarang dan Kabupaten Boyolali. Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Purworejo, sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Sleman Provinsi DI Yogyakarta.

Candi-borobudur-dictio
Candi Corobudur Kini (foto Dictio)

Transportasi, Akomodasi, dan Kuliner

Secara umum untuk urusan transportasi, akomodasi dan kuliner sangat mudah didapatkan atau tersedia sangat lengkap. Pilih yang mana ada yang sederhana, sedang hingga mewah.

Transportasi atau Pengangkutan

Transportasi udara dilayani melalui Bandar Udara Internasional Adi Sucipto Yogyakarta (JOG) yang terletak di Kabupaten Bantul. Dari bandara ke pusat Kota Magelang lebih kurang 44 KM atau 1 jam dan 30 menit perjalanan.

Perjalanan dari Jogjakarta atau arah selatan hampir sama seperti dari bandara Adi Sucipto, arahkan perjalanan menuju Magelang atau Semarang (Jawa Tengah). Sedangkan perjalanan dari wilayah timur bisa melalui Selo Boyolali (Merapi – Merbabu) rekomendasi hanya untuk kendaraan kecil, atau melalui Kopeng, sedang untuk kendaraan besar bisa melalui Salatiga – Bawen – Magelang, atau Klaten – Bantul – Jogja – Sleman – Magelang.

Dengan demikian dari arah utara (Semarang, Kendal, Kudus, Pati, Jepara, Demak) akan melewati Bawen – Temanggung – Magelang dan untuk kendaraan kecil bisa melalui rute Kopeng (Salatiga).

Transportasi dari timur akan melewati pegunungan yaitu kawasan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, yaitu Cepogo – Selo.

Sebagian besar obyek wisata di Magelang sudah Kissparry EW (Eswede Wea) kunjungi, meskipun sudah dimasa lampau, karena hampir setiap bulan selama lebih kurang tiga tahun, pasti melakukan perjalanan ke Magelang, dan oleh karena itu untuk menemukan dokumentasi atau foto-foto agak kesulitan.

Akomodasi atau Penginapan

Akomodasi tersedia dari hotel bintang 5 sampai dengan hotel melati, antara lain Hotel Grand Artos, Atria Hotel Magelang, Hotel Puri Asri, Hotel Safira Magelang, Villa di kawasan Candi Borobudur.

Hotel Atria Magelang

Hotel terletak di Jln. Jenderal Sudirman No.42, Tidar Selatan, Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah 56125. Hotel Bintang 4 di Kota Magelang ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat karena menawarkan beberapa paket menginap sekaligus wisata, misalnya menginap semalam dengan wisata sepeda, atau arung jeram. Syaratnya memang harus rombongan.

Hotel-Atria-Magelang-pp

Hotel ini terletak di sebelah selatan alun-alun Kota Magelang. Kissparry WN sudah pernah mengikuti paket menginap dan wisata sebanyak 2 kali yaitu arung jeram Kali Progo dan wisata gowes Borobudur.

Baca Juga : Wisata Gowes Borobudur

Grand Artos Aerowisata Hotel Magelang

Hotel ini terletak di Jln. Mayjend. Bambang Sugeng No.1, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah 56172. Masih dekat dengan Atria Hotel, bahkan nampak. Hotel bintang 4 ini  menyatu dengan pusat perbelanjaan dan bermain (Artos Mall: Carefour, Matahari, TimeZone, dan lainnya).

Grand-Artos-Magelang-IMG_3371
Grand Artos Aerowisata Hotel Magelang

Trio Hotel Magelang (*2)

Hotel bintang 2 terletak di Jln. Jenderal Sudirman No.72, Tidar Selatan, Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah 59214, laman hoteltriomagelang.com

Hotel Puri Asri

Hotel bintang 4 terletak di Jln Cempaka dekat Taman Kyai Langgeng, tepatnya di Jln. Cempaka No.9, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122. Laman puriasrihotel.com.

The Oxalis Regency Hotel Magelang

Hotel bintang 3 ini terletak di Jln. Cempaka No. 17, Kemirirejo, Magelang, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122, laman: theoxalishotel.com. Masih diseputar Taman Kyai Langgeng

Citihub Hotel

Hotel berbintang 2 yang letaknya dekat Borobudur International Golf, tepanya di Jln. Gatot Soebroto No.260, Jurangombo Utara, Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah 56123. Laman: citihubhotels.com

Hotel Safira Magelang

Hotel bintang 3 ini letaknya dekat Borobudur International Golf, tepatnya di Jln. Gatot Soebroto No.56 A, Jurangombo Selatan, Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah 56123. Laman: hotelsafira.co.id

Hotel Sriti

Hotel bintang 2 terletak di Jln. Daha No. 23, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122. Laman: hotelsriti.com

Untuk wilayah Magelang tengah (kota) masih banyak lagi hotel bintang 1 dan bintang 2 maupun hotel melati. Tarif hotel melati sangat murah antara Rupiah 60000 – 150000 tiap malam perkamar.

Hotel untuk wilayah selatan yang berada di seputaran Candi Borobudur, banyak hotel pilihan Anda, sesuaikan dengan isi kantong. Perlu kami sampaikan bahwa di Magelang banyak sekali Homestay. Kissparry akan mencoba menampilkan data homestay yang ada.

Hotel Front One Inn Muntilan *2), Ruko Munsen D1-D5, Jl. Tambakan, Karangwatu, Pucungrejo, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah 56413.

Hotel dan Penginapan Diseputaran Borobudur

Untuk penginapan yang berupa Villa ataupun Homestay, Resort & Spa sangat banyak disekitar Candi Borobudur. Tarif mulai dari Rupiah 3.400.000,- sampai dengan Rupiah 150.000,-

Plataran Borobudur Resort & Spa

Resort Bintang 5 ini menawarkan harga lebih dari 3,3 juta rupiah permalam, terletak di Dusun Tanjungan, Borobudur, Dusun II, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553, dengan alamat laman plataran.com.

plataran-resort-20180620
Plataran Resort Borobudur (foto web plataran)

The Heritage Convention Center

Jl. Borobudur – Ngadiharjo No.16, Dusun III, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553. Laman: plataran.com

Shankara Borobudur

Hotel Bintang 5 terletak di No.54, Jl. Balaputradewa, Dusun XVI, Borobudur, Magelang, Central Java 56553. Laman: shankaraborobudur.com. Tarif 700K

Shankara-borobudur
Shankara Borobudur (gambar Google)

Hotel, Resort, Homestay, lainnya ada puluhan bahkan mungkin ratusan diseputaran Magelang. Sebagai contoh untuk Desa Wisata Wanureja saja ada puluhan homestay yang bisa Anda sewa sewaktu menginap di Magelang.

Namun karena Magelang berada di tengah-tengah pulau Jawa, membuat Anda yang berada di Kawasan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta bisa membuat paket perjalanan sehari, bahkan sebagian wilayah Jawa Timur dan sebagian wilayah Jawa Barat.

Puri Menoreh Hotel & Restaurant *3), Jl. Mayor Kusen, Mendut I, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah 56512

Tingal Laras Art House & Homestay *2), Tingal Kulon, Borobudur, Dusun 7, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Hotel Milik Kita *1), Gang Janan No.2, Borobudur, Dusun XV, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553. Laman: hotelmilikkita.com

dan masih banyak lagi homestay dengan tarif rendah.

Kuliner (Makanan dan Minuman) di Magelang

Kuliner sangat mudah didapatkan di tempat ini. Mulai dari cafe dan restoran berkelas dunia terlebih lagi yang biasa saja atau sederhana.

Hampir semua paket perjalanan wisata sudah menyediakan aneka makanan minuman yang khas dari Magelang atau Jawa. Sebut saja gowes sepeda, begitu tiba di lokasi sudah tersedia aneka makanan jajan pasar dengan minum wedang jahe dan wedang ronde, juga teh kopi hangat.

Selepas kegiatan juga langsung tersedia nasi liwet nasi goreng spesial dari nasi gandul nasi kebuli, dengan lauk ikan lele gudangan goreng ayam dan minuman es dawet telasih dan es degan.

Kuliner khas Magelang adalah Kupat Tahu, ini versi Kissparry loh… , sedangkan kuliner partai besar (maksudnya untuk rombongan jumlah besar) banyak tersedia di seputaran Magelang. Kupat tahu yang terkenal itu kupat tahu pojok.

Pusat Kuliner Tuin Van Java

Untuk rombongan kecil, cocok, silakan di coba, berada di Jln Alun-alun Utara Magelang

Kupat Tahu Pak Slamet

Jl Tentara Pelajar, Kemirirejo, Magelang

Kupat Tahu Pak Pangat

Jl Panembahan Senopati, sekitar Kebun Bibit Senopati dan dekat dengan Taman Kyai Langgeng

Kupat Tahu Dompleng

Anda yang ada di sekitar Mungkid, di dekat ini ada Kupat Tahu Dompleng

dan masih banyak lagi makanan Kupat Tahu, dan carilah yang parkir luas berarti bisa melayani rombongan. Kissparry pernah mampir di beberapa gerai atau warung kupat tahu, sekitar Mungkid, Kota Magelang, dan setalah Kota Magelang.

Rumah Makan Prasmanan

Ada beberapa rumah makan dengan model prasmanan, diantaranya Rumah Makan Lestari di Secang Magelang, Rumah Makan Eny (Grup)

 


Obyek Wisata Wilayah Tengah (Kota Magelang)

Obyek wisata yang menonjol di Kota Magelang, yang kemudian Kissparry jadikan pusat atau wilayah tengah yaitu Taman Kyai Langgeng dan Kebun Bibit Senopati. Khusus penggemar golf silakan memanfaatkan Borobudur International Golf & Country Club.

Perjalanan menuju Taman Kyai Langgeng cukup diarahkan ke rumah dinas Wali Kota Magelang, bila dari arah Semarang setelah masuk arah Kota Magelang sebelum alun-alun arahkan perjalanan ke kanan Jl Veteran. Di Magelang ada beberapa jalan searah, jangan salah ya…. nanti kena semprit.

Untuk bus wisata sedikit memutar dan pengemudi biasanya sudah mengerti, karena untuk bus pariwisata bisa melewati kota, sedangkan bis wisata reguler harus berputar mengikuti rute bus.

Dari arah Purworejo lebih mudah, perempatan Pakelan silakan mengambil jalan ke kiri kemudian Jalan Sultan Agung (ke arah kanan), dan Anda akan melewati Kebun Bibit Senopati.

Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng memiliki obyek wisata yang sangat lengkap, Anda bisa menghabiskan waktu seharian di tempat ini. Obyek wisata yang ada di Taman Kyai Langgeng lebih dari 20 wahana/permainan yang diberlakukan tambahan tarif masuk ke unit/wahana tertentu. Dan oleh pengelola setiap harinya diberikan 10 wahana gratis tanpa tambahan biaya masuk.

Lokasi Taman Kyai Langgeng berada di Kota Magelang sebelah barat, Jalan Cempaka, bersebelahan dengan rumah dinas Wali Kota Magelang.

Tarif masuk bervariasi mengikuti agenda liburan, sedangkan tarif biasa Senin – Jumat Rupiah 24.000,- sedang untuk Weekend (Sabtu – Minggu) tarif masuk sebesar Rupiah 30.000,-. Tiket khusus Hari Raya dan Tahun Baru (2018) sebesar Rupiah 35.000,-.

Anak usia lebih dari 3 tahun sudah dikenai tiket masuk sesuai harga tiket yang berlaku.

peta-lokasi-taman-kyai-langgeng-magelang
Peta Lokasi Taman Kyai Langgeng terbaru (2018) dari potongan leaflet

10 Wahana Gratis

Setiap waktu memberlakukan lebih kurang 10 wahana gratis, begitu pengunjung sudah memiliki tiket masuk lokasi Taman Kyai Langgeng.

  • Kereta Mini
  • Becak Mini
  • Komidi Layang
  • Becak Air
  • Sepur Mini
  • Bioskop 6 Dimensi
  • Mobil Keliling
  • Komidi Putar
  • Bianglala
  • Kereta Air
wahana-kereta-air-taman
Wahana Kereta Air Taman Kyai Langgeng (foto TA)

Dari ke-10 wahana gratis tersebut, boleh dimanfaatkan seluruhnya, atau sebagian atau sama sekali tidak menggunakan

Camping Ground (Tempat Berkemah) dan Hutan Jati, Bukit Sukorini

Anda yang ingin camping atau akan mengadakan kegiatan lain sejenis, silakan menghubungi pengelola, misalnya outbound.

Hutan jati bisa untuk berswafoto atau berteduh, dan Anda yang suka petuangan bisa jalan-jalan di Bukit Sukorini.

Selain yang tersebut diatas berarti dikenai tarif masuk wahana yang ada dengan harga yang bervariasi, sementara ada 11 wahana yang dikenai tarif.

Flying Fox

Untuk menggunakan wahana ini, pengunjung dikenai tarif tertentu sesuai dengan ketentuan tarif yang berlaku. Hanya yang berani saja yang boleh mencobanya, dan pasti akan ada sensasi tersendiri, meluncur dari ketinggian sambil berswafoto.

Harga tiket Rp 10.000,- per orang

Kolam Renang, Water Boom, dan Water Boom
Pengunjung bisa bermain air lainnya dengan mengunjungi wahana water boom dan kolam renang (wahana baru), bersiaplah untuk basah-basah. Wahana yang bisa dicoba adalah luncuran panjang dan ember tumpah, dan tentu berenang di kolam renang yang sejuk.

wahana-kolam-renang-tirto-ta
Wahana Kolam Renang Tirto Taman Kyai Langgeng (foto tripadvisor)

Tiket masuk Rp 10.000,- / orang, lihat jam bukanya.

Sepeda Tandem
Berolahraga bersama keluarga dengan mengayuh sepeda (tandem) cukup menyenangkan. Hanya setiap hari Minggu dan hari libur nasional dengan tarif tiket Rp 10.000,- per orang

Kuda Mini
Berkeliling di area wisata dengan kuda mini, hanya khusus anak-anak, remaja yang memiliki bobot standar saja.

Hanya setiap hari Minggu dan hari libur nasional, dengan tiket seharga Rp 10.000,- per orangnya.

Ayunan Langit dan Sepeda Layang
Sangat asyik mencoba sepeda yang melayang di angkasa atau biasa disebut dengan sepeda gantung atau zip bike.

Tiket seharga Rp 20.000,- per-orangnya buka setiap hari

Hand Boat
Salah satu wahana yang menarik untuk dicoba, hanya buka Minggu dan libur nasional, tarif Rp 10.000,- per orang.

Water Ball
Rasakan sensasi bermain bola air menggelinding di air bebas. Hanya hari Minggu dan Libur Nasional dengan tiket perorang Rp 10.000,-

Dragon Roaler Coaster
Silakan mencoba serunya coaster ini, dengan harga tiket Rp 10.000,- per orang.

Taman Satwa dan Terapi Ikan
Anda bisa terapi ikan di tempat ini, rasakan sensasinya kaki digigit ikan, disamping itu juga bisa melihat beberapa satwa koleksi dari Kyai Langgeng.

terapi-ikan-taman-kyai
Terapi ikan di Taman Kyai Langgeng (Foto TA)

Harga tiket Rp 5.000,- / orang (lihat jam bukanya)

Ajungan Dirgantara

Wahana pembelajaran yang menarik adalah anjungan dirgantara, Anda bisa langsung menjajal pesawat terbang yang ada di wahana ini. Pesawat jenis Fokker-28 lengkap dengan mesinnya.

Anjungan-Dirgantara-1-300x200
Anjungan Dirgantara, pesawat Fokker-28 lengkap dengan mesinnya.

Setidaknya waktu yang dibutuhkan di Taman Kyai Langgeng adalah setengah hari, bahkan bisa jadi seharian apabila Anda beserta seluruh keluarga.

Tiket masuk Rp 8.000,- / orang (lihat jam bukanya)

Motor ATV

Silakan mencoba serunya berkendara dengan motor ATV dengan medan yang menantang, tarif per motor Rp 30.000,-

Retribusi Parkir Kendaraan

  • Sepeda Motor Rp. 2.000
  • Mobil Rp. 5.000
  • Bus Medium/Besar Rp. 10.000

 

Kebun Bibit Senopati

Lokasi kebun bibit Senopati berdekatan dengan Taman Kyai Langgeng, bahkan bisa dikatakan satu jalur apabila Anda dari Purworejo, berada di Jalan Panembahan Senopati.

kebun-bibit-senopati-32
Kebun Bibit Senopati Magelang (foto Angwie)

Borobudur International Golf & Country Club

Khusus penggemar olahraga Golf, tersedia arena golf yang terkenal yaitu Borobudur Int’l Golf

Alun-alun Kota Magelang & Menara Air (Watertoren)

Untuk sekedar beristirahat dan bersantai, cocok untuk malam hari saja, mampirlah ke Alun-alun Kota Magelang, ditempat ini ada menara air PDAM Magelang. Menara air ini dibangun pada tahun 1920, dan masih kokoh hingga kini, juga masih berfungsi.

Menara-air-atau-watertoren-Magelang-selesai-dibangun-1920
Menara Air (Watertoren) – Alun-alun Kota Magelang

Macam-macam kuliner tersedia di sini

Masjid Agung Kota Magelang

Masjid ini terletak di sebelah barat alun-alun Kota Magelang.

masjid-agung-magelang-_130115150323-738
Masjid Agung Magelang (foto Republika)

Obyek Wisata Wilayah Timur Magelang

Untuk menuju tempat wisata ini (Ketep Pass, Swafoto Pinusan, Air Terjung Kedung Kayang, dan Candi) boleh dikatakan hanya satu jalur, meskipun bisa dari jalur lain.

Apabila dari Semarang diarahkan melalui Kopeng (Tol Semarang – Salatiga) untuk kendaraan kecil, langsung belok ke kiri menuju ke Ketep (setelah Pasar Kopanan). Sedangkan untuk kendaraan besar sebaiknya lewat Bawen (Tol Semarang – Bawen) – Magelang/Jogja, begitu sampai di Mungkid ke kiri arah Blabag (Sawangan) – Ketep, di jalan raya ada penanda ke arag Gontor 6 Sawangan Magelang.

Jalan Sawangan ini juga bisa di ikuti yang dari arah Yogja, Klaten, Purworejo, termasuk kendaraan besar dari Solo, Boyolali, Klaten. Untuk kendaraan kecil bisa lewar Kopeng atau lewat Selo (disarankan lewat Kopeng yang jalannya lebih landai). Namun bila ingin sensasi lewat Selo, dipersilakan.

Ketep Pass

Arah jalan, mengikuti uraian umum di atas. Sedangkan lokasi Ketep Pass. Di tempat inilah kita bisa melihat Gunung Merapi dari dekat. Bahkan tersedia Ketep Volcano Theatre.

Ketep-IMG_0674ed
Sisi lain Ketep Pass dari dalam

Untuk menuju ke dalam diperlukan membayar dengan tiket, termasuk ke Ketep Volcano Theatre yang menampilkan sejarah Gunung Merapi meletus.

Vulcano-Theater
Ketep Vulcano Theatre
kt1
Ketep Pass (area bebas – free)

Waktu yang digunakan didalam obyek ini (Ketep Pass) berkisar antara 45 menit hingga 01 jam dan 30 menit. Belum lagi bila disini mencicipi jagung bakarnya dengan lesehan, maka akan memakan waktu lebih lama.

Untuk masuk ke kawasan Ketep Pass, inilah harga-harganya yang berlaku saat ini (harga bisa berubah sesuai keadaan ditempat)

  • Senin – Sabtu : Rp 10.500,-/orang (sudah termasuk asuransi bagi pengunjung)
  • Minggu/libur Nasional : Rp 12.500,-/orang
  • Tiket Ketep Volcano Theatre : Rp 7.000,-/orang
  • Tiket teropong : Rp 5.000,-
  • Parkir sepeda motor : Rp 2.000,-/unit
  • Parkir mobil : Rp 5.000,-/unit
  • Parkir mini bus : Rp 7.000,-/unit
  • Parkir bus besar : Rp 12.000,-/unit
  • Tiket wisatawan mancanegara : US $ 3,-/orang

Jam buka Ketep Pass buka setiap hari dari pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Top Selfie Pinusan Kragilan

Ke tempat ini (Top Selfie Pinusan) bisa setelah Ketep Pass atau sebelumnya, tergantung mana yang ingin didahulukan.

Top-Selfie-DSC_0051

Pinusan mengandung makna hutan pinus, sehingga kalau Anda mengunjungi ini akan berada diantara banyak pohon pinus.

Air Terjun Kedung Kayang

Sedang untuk ke Air Terjun Kedung Kayang, hanya diperuntukkan rombongan kecil saja, kalau Anda rombongan 4 bus misalnya, sepertinya tidak memungkinkan ke tempat ini, termasuk ke Candi Lumbung.

Candi Lumbung

Candi ini terletak di Sawangan, sebelum Ketep Pass bila dari Magelang (dari bawah), letaknya setelah Puskemas Sawangan I. Obyek ini sekedar untuk foto-foto saja, mengingat obyek yang kecil bila dibanding Candi Borobudur.

candi-lumbung-magelang

Mbelan River Tubing

Sebelum Puskesmas Sawangan I, Anda bisa mencoba jelajah sungai di Mbelan River Tubing. Wahana Mbelan River Tubing di Dusun Krogowanan, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

mbelan-river-tubing
Mbelan River Tubing, aliran air irigasi dari Gunung (foto KabarMagelang)

Saat-saat tertentu airnya sangat jernih, namun bila musim penghujan air sedikit kelihatan keruh. Karena ini air gunung maka dapat dipastikan airnya dingin, sehingga melakukan jelajah disarankan di siang hari.


Obyek Wisata Wilayah Selatan Magelang

Kawasan Candi Borobudur

Candi Borobudur sudah sangat terkenal di dunia pariwisata, lokasi di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur. Khusus kawasan ini kemudian di bagi menjadi banyak dusun untuk memudahkan pembagian wilayah.

Candi-Borobudur-tempoe-doeloe-Atria-IMG_20180215_173534
Candi Borobudur Tempoe Doeloe (foto koleksi Atria)

Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini berlokasi di kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar abad ke-8 masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Juga merupakan peninggalan sejarah dan budaya Indonesia.

Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia.

Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma), seperti dikutip dari wikipedia.

Borobudur-Sunrise-Tour-17_routive
Candi Borobudur, Sunrise (foto routive)

Untuk menuju ke Borobudur, arahkan perjalanan Anda ke Magelang. Apabila dari Semarang maka Anda akan melewati Kota Magelang, kemudian Blondo ke kanan kemudian ikuti arah Borobudur. Ingat Anda beloknya di Monumen Proklamasi Soekarno Hatta, Kota Mungkid. Namun apabila Anda perjalanan terlalu kencang dan melewati Blondo, masih ada kesempatan belok ke kanan melewati Jln Borobudur Raya (timur) Mungkid sebelum Muntilan.

Sama halnya apabila Anda sudah di Magelang, ikutilah jalan di atas.

Dan apabila Anda dari Yogyakarta (Klaten, Boyolali, Solo) jalur selatan Anda belok kanan ke arah Borobudur sesampai di Mungkid setelah Muntilan, ikuti jalan tersebut.

Anda yang dari Purworejo, Kebumen dan lain-lain, arahkan perjalanan Anda ke Salaman Magelang, kemudian melewati Jl Salaman – Borobudur atau Jl Sudirman

Wisata Alam Gowes Wanureja Borobudur

Wisata sepeda dengan mengunjungi desa wisata Wanureja memang cukup mengasyikkan. Begitu Anda sampai di kawasan Borobudur arahkan perjalanan Anda ke Candi Pawon, dan sekitar 1 KM ke arah barat lalu ikuti jalan kampung itu ke Desa Wanureja, dipertigaan ada Pendopo Wisata Sepeda.

Borobudur_Gowes_20180215
Gowes Baperan Wanureja Borobudur 20180215

Asyiknya wisata gowes sepeda adalah ber-rombongan, sambil santai menikmati hamparan pemandangan sawah, ladang, perkampungan, dan pegunungan di Wanureja.

Baca Juga: WISATA SEPEDA (GOWES), KAMPUNG WISATA WANUREJA BOROBUDUR

Candi Pawon

Candi Pawon masih dalam kawasan candi-candi di Borobudur, candi mungil ini letaknya di desa wisata Wanureja, biasanya satu paket dengan Wisata Gowes Desa Wisata Wanureja Borobubur.

0CandiPawon_Image20180215
Candi Pawon, saat Gowes Wisata Borobudur

Arung Jeram (Rafting) Kali Progo

Ada Citra Elo yang siap mengantarkan rombongan ber-arung jeram di kali Progo, dan masih banyak lagi penyedia jasa arung jeram. Memang arung jeram sangat asyik dan menantang, bersiaplah untuk berbasah-basah.

Kantor penyedia jasa rafting (arung jeram) Elo Progo beralamat di Jln. Sendangsono No.KM. 0.2, Kanden, Progowati, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah 56512, laman: citraelo.com, telepon (0293) 788435.

Ada juga Elorafting Magelang, Saat Anda menginap di Hotel Atria ada paket tour yang telah menyatu dan bonus menginap di hotel tersebut, namun ada syarat dan ketentuannya.

Baca Juga : Reuni dengan mengarungi sungai Serayu (Arung Jeram)


Berwisata Sehari ke Magelang

Anda bisa membuat paket wisata sehari ke Magelang, untuk Anda yang bermukim di Semarang dan sekitarnya, Solo dan sekitarnya, Purworejo dan sekitarnya.

Paket perjalanan yang mungkin Anda laksanakan meliputi Taman Kyai Langgeng, Candi Borobudur, dan Ketep Pass.

Paket perjalanan wisata dimaksud merupakan perjalanan yang dapat dilalui kendaraan besar atau bus pariwisata ukuran tanggung maupun besar.

— artikel terus dilengkapi oleh editor —

Oleh Eswede Wea
Editor Kissparry WN

Iklan

4 tanggapan untuk “Nama Obyek Wisata di Magelang per Kawasan, Rute dan Kulinernya”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s