Bahasa Seni Budaya Gagasan Galeri Hiburan dan Wisata Nusantara Wisata Alam

Wisata Sepeda Lereng Menoreh Objek Wisata Candi Borobudur, Penuh Sensasi

Kita sebagai masyarakat pedesaan, berasal dari desa, ketika wisata sepeda di Lereng Menoreh kawasan Candi Borobudur ini, juga tetap mengesankan, namanya saja wisata.

Borobudur sebagai kawasan wisata yang sudah tersohor sampai mancanegara, tidak hentinya berinovasi dengan memberdayakan yang ada disekitarnya. Borobudur merupakan sebuah nama dari wilayah kawasan ini Kecamatan Borobudur, juga ada Desa Borobudur.

Wisata Sepeda Lereng Menoreh Objek Wisata Borobudur, Desa Wanurejo Borobudur

Untuk mencapai Kawasan Borobudur sangat mudah, sebagai gambaran Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Wisata Lereng Menoreh termasuk kawasan Borobudur, tetapi sudah berada di desa yang berbeda, yakni Desa Wanureja Kecamatan Borobudur.

Pegunungan Menoreh sebagian besar terletak di Kabupaten Kulonprogo DI Yogyakarta, sedang wisata ini dinamai Wisata Sepeda Lereng Menoreh Borobudur dikarenakan Gunung Menorehnya tampak jelas ketika kita gowes sepeda kayuh yang kita gunakan.

Sepeda Wisata Wanureja Borobudur

Untuk sampai Wanurejo (Sepeda Wisata) arahkan perjalanan Anda ke kawasan Candi Borobudur, tepatnya sebelum Candi Borobudur, ada persimpangan jalan menuju Candi Pawon. Dari Arah Magelang, di pertigaan Brojonalan Wanureja ketemu pertigaan seperti gambar dibawah, kalau jalan lurus ke Candi Borobudur dan kalau jalan belok ke kiri dan ke kiri lagi Candi Pawon (50 m).

Pertigaan persimpangan jalan ke Candi Borobudur dan ke Candi Pawon, di Wanureja, Jl Brojonalan. (Google)

Basecamp-nya disebelah selatan Candi Pawon, Jl Brojonalan Desa Wanureja Kec. Borobudur, tanya penduduk setempat tahu atau setelah belok ke kirin di persimpangan pertigaan ini ambillah jalan lurus (jangan ke kiri menuju Candi Pawon), setelah lurus kemudian belok ke kiri, pojokan jalan belokan ke kanan, disinilah tempatnya.

Pendopo wisata sepeda – Wanurejo Borobudur – tanda panah masuk. (Google)

Di Google Maps tertulis Pendopo Wisata Sepeda.


Baca Juga :


Asyiknya Gowes Rame-rame

Paling mengesankan saat berwisata gowes sepeda memang saat rame-rame, bareng bersepeda bersama, karena kalau di desa itu bersepeda khan sendirian, kecuali bareng-bareng berangkat sekolah, itu pun sekarang sudah jarang sekali.

Jadi sekarang ini, bersepeda itu menjadi kegiatan yang unik, atau untuk berolahraga, lain halnya dahulu, kemanapun bersepeda, sekarang kemana kemana bersepeda motor.

Gowes Baperan Wanureja Borobudur

Jajan Pasar, Makanan Tradisional

Ada sajian jajan pasar dan makanan tradisional, bahkan menu makan siang juga ala pedesaan. Untuk ini semua tentu harus menghubungi pengelola lebih awal.

Anda bisa menginap di Atria Hotel Magelang dengan bonus pilihan Wisata Sepeda Wanurejo Lereng Menoreh Kawasan Candi Borobudur, sehingga yang menghubungi pengelola wisata sepeda dari pihah hotel.

Perkiraan Kissparry saat sebelumnya, hotel menyediakan sepeda onthel kemudian bareng-bareng keliling Magelang, ternyata pihak hotel menggunakan pihak yang lain dalam hal ini Sepeda Wisata yang telah ada.

Aneka jajan pasar di wisata sepeda lereng Menoreh Borobudur

Jajan pasar disajikan ketika baru sampai di basecamp gowes sepeda wisata ini disertai minuman teh hangat, wedang jahe, kopi, dan yang mau pakai es bisa menambahkan sendiri.

Sedangkan setelah selesai keliling kampung mengunjungi kerajinan lokal sudah tersaji, makan siang.

Makan siang lebih awal, Kampung WIsata Borobudur Lokasi pusat Gowes
Nasi Kebuli sajian Wisata Sepeda Borobudur

Asyiknya rame-rame bersepeda wisata di kawasan Candi Borobudur, Lereng Menoreh.

Salam

by EswedeWea
Editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.