Berita Utama Gathering Hiburan dan Wisata Konservasi Pertanian dan Agribisnis Wisata Alam

Gathering dan Wisata Danau Ranau, Ogan Komering Ulu Selatan, Dharma Wanita Setda

Danau Ranau sudah ditampilkan disini sekilas, namun kali ini Kissparry tampilkan lagi dengan versi yang lebih lengkap.

Sudah lama saya pergi ke Danau Ranau yang berada masih satu provinsi dengan saya tinggal yakni Provinsi Sumatera Selatan. Saya tinggal di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sedangkan Danau Ranau terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan atau yang juga dikenal dengan sebutan OKU Selatan (OKUS).

Sekilas Danau Ranau

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua setelah Danau Toba di Sumatera Utara. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, dengan luas sekitar 8 x 16 km atau sekitar 125 km2.

Letaknya yang diperbukitan dengan ketinggian danau ini sekitar 540 mdpl, dan kedalaman rata-rata 174 m, mengakibatkan wilayah ini berudara sejuk dan sangat nyaman untuk tempat kunjungan wisata atau rekreasi, melepas lelah di keseharian yang penat.

Ditengah Danau Ranau terdapat pulau kecil, yakni Pulau Marisa, yang didalamnya terdapat pemandian air panas dan air terjun. Dengan adanya air terjun menandakan kalau Pulau Marisa merupakan pulau berbukit.

Dok yt-kissparry Dan Ranau, Ranau, Ogan Komering Ulu Selatan

Menjadi tempat tujuan wisata utama di Danau Ranau setidaknya ada 3 (tiga) tempat, yakni Wisma (Mess) Pusri di Sumatera Selatan, Pantai Sinangkalan di Sumatera Selatan, dan Wisata Lombok di Lampung.

Kali ini rombongan gathering di Wisma Pusri, bahkan menginap juga ditempat ini 2 (dua) malam.

Desa terdekat adalah Desa Banding Agung, yang besok akan dikunjungi saat hendak kembali ke Sekayu Palembang, terutama Pasar Tradisional Banding Agung.


Baca Juga :


Sekilas Perjalanan ke Danau Ranau

Pergi ke Danau Ranau pertama kali lebih kurang empat tahun yang telah silam, saya punya saudara yang bertempat tinggal di Ranau, putrinya Om saya (Paklik – Pak Cilik).

Perjalanan ke Danau Ranau kali ini dilakukan oleh rombongan istri dalam acara Gathering Dharma Wanita Persatuan Kantor Setda Kab Musi Banyuasin.

Ketika diperhatikan dari jadwal perjalanan yang disodorkan oleh biro perjalanan yang mengantar rombongan, acaranya banyak yang berubah. Sebagai contoh, tiba di penginapan malam menjelang pagi, tepatnya pukul 23.00an, sedangkan di jadwal tertulis 17.30 sudah sampai bahkan ada acara outhing (gathering), ya… tapi ini tidak masalah, namanya saja rencana.

Cottage Villa Varita PUSRI

Rombongan gathering tiba di Cottage Varita Pusri (Pupuk Sriwijaya) sudah larut malam, dan ini berbeda dengan rencana semula. Direncanakan pukul 18.00 atau 19.00 sudah masuk penginapan. Hal ini menjadi kebiasaan rombongan yang perjalanan jauh, dan sebaiknya seperti itu, apabila waktu tidak memungkinkan tinggal membatalkan acara atau memindah jadwal.

Cottage Varita Pusri Danau Ranau (Graha dan Resto)

Villa (Cottage) Varita Pusri letaknya ditepi Danau Ranau, sehingga nyaman untuk ditinggali, dan peserta gathering sangat senang. Masyarakat sekitar menyebutnya Mess ini terdiri dari paviliun-paviliun atau villa-villa terpisah seperti rumah tinggal biasa.

Dusun Sukamarga, Kecamatan Ranau Tengah, Bandar Agung Ranau, OKU Selatan, Sumatera Selatan 16129, berada di barat daya Kota Palembang dengan jarak 425 km dengan bus pariwisata melalui Prabumulih – Muara Enim 12 – 14 jam perjalanan. Sedang untuk kendaraan yang lebih kecil bisa mengambil jarak yang lebih dekat dan lebih cepat 350 km waktu 9 – 11 jam.

Disain Cottage merupakan ciri khas rumah-rumah sederhana di tepi pantai, untuk harga sewa berapa? nanti saya tanyakan kepada panitia, saya perkirakan hampir sama dengan hotel karena bangunan lebih komplek.

Cottage Varita Graha PUSRI Danau Ranau,
Disinilah tempat menginap

Di belakang rumah-rumah langsung berhadapan dengan Danau Ranau yang menyebabkan angin sepoi-sepoi bahkan sampai angin kencang, disini udara cukup sejuk dan cenderung dingin.

Masyarakat sekitar menyebut Cottage Varita Pusri ini dengan Mess Pusri, jadi kalau Anda dijalan dan hendak menyewa vila ini kebetulan tanya orang, katakan untuk menuju Mess Pusri atau Wisma Pusri.

Dermaga untuk Menyeberang ke Pulau Marisa

Komplek Wisma PUSRI ini sudah tersedia dermaga untuk menyeberang ke Pulau Marisa. Untuk menyeberang, kita bisa rombongan atau sendiri-sendiri biaya yang dikeluarkan.

Naik perahu di Danau Ranau untuk menyeberang ke Pulau Marisa

Pulau Marisa tidak seperti Pulau Samosir di Danau Toba, pulau ini hanya kecil. Namun begitu, hanya ada beberapa danau yang memiliki pulau seperti ini.

Pulau kecil di Danau Ranau, namanya Pulau Marisa

Di Pulau Marisa juga ada sumber air panas, yang terkenal dengan pemandian sulfur.


Air Panas Danau Ranau

Ditepi Danau Ranau juga tersedia pemandian air panas, tetapi peserta kali ini rata-rata hanya mencoba merendam kaki.

Air Panas Danau Ranau
Air Panas Danau Ranau (Gathering Dharma Wanita Setda)

Air Terjun Subik Tuha Danau Ranau

Air terjun ini terletak sekitar 1 km dari Wisma Pusri ke arah Banding Agung. Air terjun tidak tinggi banget, tetapi dilokasi ini banyak sekali air terjun, dan yang paling terkenal adalah Subik Tuha.

Wisata di air terjun ini dilakukan setelah mengunjungi air panas dan keliling danau dengan kapal motor, termasuk ke Pulau Marisa.

Air Terjun Subuk Tuha Danau Ranau

Kunjungan ke air terjun sesudah makan siang dan selepas istirahat, waktunya sudah agak sore. Kegiatan disini hanya foto-foto sebentar saja tidak lebih dari sejam.

Menurut pemandu wisata, disekitar Danau Toba ini banyak sekali air terjun dalam skala kecil-kecil, namun rombongan hanya mengunjungi satu air terjun.

Reskedul Gua Putri

Mengunjungi Gua Putri yang sedianya dilaksanakan kemarin, baru akan dilaksanakan besok, setelah mengunjungi Pasar Tradisional Banding Agung, sehingga kisahnya baru akan kami sajikan esok.

Gua Putri dalam Legenda Goa Puteri Dayang Merindu di Baturaja Ogan Komering Ulu OKU

Sekian dulu kisah wisata dalam acara gathering hari ini.

by Lik Kasjo
Editor Eswede Wea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.