Berita Utama Galeri Gathering Hiburan dan Wisata musi banyuasin Sumatera Selatan

Family Gathering ala Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Setda Kabupaten Musi Banyuasin

Gathering ibu ibu Dharma Wanita Persatuan Setda Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan ini mengambil tempat di Wisma Pusri Danau Ranau, inilah informasinya.

Berbagi cerita tentang pelaksanaan kegiatan dari keluarga besar Dharma Wanita kali ini, yaitu Family Gathering kelompok ibu-ibu tersebut dengan mengambil tempat Wisma Pusri Danau Ranau.

Family Gathering Kelompok Dharma Wanitia Persatuan Sub Unit Sekretariat Daerah Kabupaten Musi Banyuasin kali ini di Danau Ranau yang letaknya di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, jadi sisih kidul dari OKU dan masih satu provinsi yakni Sumatera Selatan.

Peserta Gathering Dharma Wanita Persatuan Sub Unit Setda Kabupaten Musi Banyuasin

Apa Family Gathering itu?

Pada prisipnya family gathering itu seperti ajang keakraban dalam suatu komunitas tersebut baik dalam skala besar atau kecil, agar semakin akrab dan saling mengenal satu dengan yang lainnya.

Dalam family gathering bisa diadakan acara outbound atau outhing, atau games (permainan) ringan.

Berbeda dengan dolan bareng atau rekreasi, dalam family gathering ada pesan-pesan yang memotivasi, doa bersama, dan ada perkenalan antar peserta, dan hal lainnya termasuk saling berbagi informasi. Jika family gathering tidak ada kegiatan itu, termasuk kegiatan outing maka itu sama saja dolan bareng atau berwisata.

Bahkan kegiatan ini biasa dilakukan oleh perusahaan yang ingin melakukan promosi, bukan sekadar promosi, tetapi menyampaikan manfaat dan hal lainnya terkait produk yang ditawarkan.

Suasana di Bus Pariwisata

Perjalanan menuju obyek wisata utama dengan satu bus pariwisata, kegiatan gathering bisa dimulai dengan hal-hal yang ringan dan permainan ringan, tebak-tebakan dan perkenalan.

Disela-sela itu peserta disediakan musik karaoke, yang dapat digunakan untuk hiburan termasuk bernyanyi riang dengan menampilkan bakat menyanyinya.

Sekitar 30 Orang Mengikuti Family Gathering

Sejumlah lebih kurang 30 orang mengikuti kegiatan family gathering kali ini.

Peserta Gathering

Dengan jumlah itu, maka ketika keliling Danau Ranau dengan perahu mesin, dibagi kedalam beberapa perahu.

Air Panas Danau Ranau

Tempat menginap rombongan ini yaitu Wisma PUSRI ditepi Danau Ranau, dan memang sangat pas karena wisma ini memiliki aula atau balai.


Baca Juga :


Wisma PUSRI Cottage Varita Danau Ranau

Cottage, Resto, dan Graha Varita PUSRI dikelola oleh PT PUSRI (Pupuk Sriwijaya) di tepi Danau Ranau merupakan salah satu wahana wisata di Danau Ranau, dimana rombongan ibu-ibu ini juga menginap di tempat ini.

Ada pula yang menyebutnya tempat ini adalah Mess Pusri. Dengan model bangunan khas pantai, membuat tempat ini nyaman untuk ditinggali.

Cottage Varita Pusri Danau Ranau (Graha dan Resto)

Inilah lebih dekat dengan wajah cottage Varita PUSRI yang membikin betah berlama-lama ditepi Danau Ranau ini. Ongkos yang ditawarkan juga sangat murah, tetapi saat full session liburan harga bisa dua kali lipat.

Cottage Vinita Graha PUSRI Danau Ranau

Air Terjun Danau Ranau

Selain berwisata spesial di Danau Ranau, rombongan gathering ibu-ibu dharma wanita ini juga menyambangi air terjun Danau Ranau, namanya Air Terjun Subik Tuha.

Lokasi air terjun ini sekitar 1 km dari Wisma PUSRI kearah Banding Agung. Banding Agung merupakan salah datu desa yang terdekat dengan Danau Ranau ini.

Air Terjun Subuk Tuha Danau Ranau

Kunjungan ke tempat ini masih dilakukan dalam satu hari itu, setelah mengitari Danau Ranau, singgah di Pulau Marisa, menikmati Air Panas Danau Ranau, dan tentu saja berpuas-puas di sekitar wisma Pusri.

Gathering dan Makan Malam yang Menghibur

Sudah 2 (dua) malam ini berada di Cottage, Resto dan Graha Varita. Sambil menikmati makan malam peserta dihibur dengan bernyanyi bersama, kemudian setelah itu acara gathering dimulai dengan berbagai acara.

Acara itu mulai dari sambutan-sambutan dan pemberian motivasi juga outhing dan games-games ringan ala ibu-ibu. Sangat menarik, terlebih usianya bervariasi, namun semua mau terlibat.

Malam pertama yang sedianya digunakan untuk acara ini, tidak bisa dilaksanakan karena setiba di Wisma Pusri sudah agak larut malam. Sesampainya di tempat penginapan itu langsung acara bebas.

Sekitar pukul 22.30 kegiatan gathering dalam bentuk outhing disudahi, tentu semua peserta tambah semakin akrab satu sama lain. Bagi yang ingin istirahat kembali ke rumah masing-masing dipersilakan, sedangkan bagi yang ingin bernyanyi berkaraoke juga masih diperbolehkan.

Pasar Tradisional Banding Agung

Kegiatan hari terakhir di Danau Ranau adalah mengunjungi pasar tradisional Banding Agung untuk wisata belanja. Ibu-ibu biasanya paling suka berbelanja, entah di pasar tradisional ataupun pasar moderen.


Baca Juga :


Pasar tradisional disini masih menjadi salah satu pusat belanja yang digemari oleh ibu-ibu. Karena ada belanjaan khas daerah yang terkadang tidak ditemukan di pasar moderen.

Goa Puteri Dayang Merindu

Kurang lengkap apabila ke tempat sekitar Danau Ranau dari arah Palembang tidak berkunjung ke gua yang penuh legenda ini, yaitu Goa Puteri yang terkenal juga dengan sebutan Goa Putri Dayang Merindu.

Dari sisi namanya saja ada kata-kata rindu, berarti ada romantika ditempat itu. Sebuah legenda seorang puteri yang digunakan untuk menamai gua ini oleh masyarakat setempat.

Bahkan konon kedung yang ada ditempat ini juga menjadi obyek ritual bagi masyarakat setempat, kalau di Semarang ada Tugu Suharto. Tugu ini berada ditengah sungai kreo yang setiap malam satu Suro selalu ramai dikunjungi orang, bahkan menjadi obyek wisata dadakan di awal muharam itu.

Letak Gua Puteri sudah tidak di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), tetapi berada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Kedua kabupaten ini dahulu satu yaitu OKU, dan perkembangan selanjutnya akhirnya ada pemekaran wilayah menjadi 2 (dua) kabupaten.

Pintu Masuk Gua Putri Dayang Merindu

Gua ini cukup menarik, salah satunya adalah adanya mata air yang mengalir didalam gua tersebut.

Biaya dan Model Acara

Perjalanan Gathering dan wisata selesai, pasti Anda bertanya-tanya, berapa biaya saatuan per-orang yang dikeluarkan untuk kegiatan 4 hari dan 3 malam itu.

Acara resmi hanya 3 hari dan 2 malam (3D2N) tetapi menjadi 4D3N, karena mulai acara resmi dari biro perjalanan wisata mulai dari Palembang bukan dari Sekayu.

Hari pertama dan malam pertama acara bebas keluarga di Palembang, dengan ongkos sendiri-sendiri atau berkelompok. Setelah selesai kegiatan resmi dari jadwal biro perjalanan di hari terakhir juga bebas, boleh menginap lagi di Kota Palembang sehingga akan menjadi 5D4N.

Inilah modelnya, jadi dari acara resmi 3 hari dan 2 malam, minimal menjadi 4 hari dan 3 malam, yang 1 hari dan 1 malam untuk acara keluarga di Palembang, bahkan di Palembang bisa 2 hari dan 2 malam, tentu dengan biaya sendiri-sendiri keluarga itu.

Bila tidak akan mengadakan acara bersama keluarga di Palembang dan menginap di Palembang, maka berangkat dari Sekayu Musi Banyuasin untuk acara start dari Palembang pukul 07.00, kurangkan saja sekitar 3 jam atau 3,5 jam, sehingga berangkat dari Sekayu pukul 03.00 atau 03.30.

Contohnya bila penerbangan pagi di Palembang, biasanya pukul 01.00 atau lebih sedikit sudah bertolak dari Sekayu.

Sekian, dan inilah uniknya kegiatan kali ini.

Iin Kissparry
Editor Lik Kasjo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.