Nusantara

Indahnya Lembah Harau dan Kelok Sembilan, Payakumbuh Lima Puluh Kota Sumbar

Kali ini perjalanan wisata ke Lembah Harau dan Kelok Sembilan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat yang elok, 30/4.

Perjalanan wisata ini merupakan perjalanan wisata dalam rangka karya wisata bersama anak didik siswa Sekolah Dasar Negeri dimana Kissparry Jambi sehari hari mengajar di sekolah ini.

Tebo Jambi – Payakumbuh Sumatera Barat

Program wisata kami arahkan ke Payakumbuh, dan bukan ke Jambi, dengan tujuan mengenalkan anak-anak (SDN 191/VIII Pematang Sapat, Tebo, Jambi) tentang beberapa bebatuan alam yang mempesona dan juga air terjun, salah satunya adalah Lembah Harau di Payakumbuh Kab. Lima Puluh Kota, Prov. Sumatera Barat.

Perjalanan malam Tebo – Payakumbuh (30-04-2019 pukul 00.22 dini hari)

Perjalanan dari Tebo (SDN 191/VIII Pematang Sapat) Jambi ke Payakumbuh Lima Puluh Kota Sumatera Barat ditembuh lebih kurang 7 (tujuh) jam. Rombongan berangkat malam sekitar pukul 21.00 (bermalam didalam bus) sampai ditempat pagi-pagi (transit dan bersih-bersih badan, ishoma), langsung berwisata.

Anak-anak tetap senang ceria meskipun perjalanan malam, tetapi kemudian dianjurkan untuk beristirahat selama dalam perjalanan jauh ini. Beberapa kali berhenti di POM Bensin, dan sekali berhenti untuk istirahat sopir sambil menghangatkan badan mampir di rumah makan untuk sekadar minum kopi, anak-anak biasanya mencari makanan praktis.

Air Terjun Lembah Harau

Rasa capai terbayar ketika sampai di lembah Harau sekitar pukul 09.00 pagi ya… anak-anak ishoma, istirahat, bersih-bersih badan, agak diberi waktu sehingga sampai dilokasi baru sekitar waktu ini.

Dan, saya ingin sedikit berbagi tentang keindahan air terjun lembah Harau yang dalam satu lokasi terdapat beberapa air terjun, tetapi kami kategorikan ada 3 air terjun yang besar.

Keindahan lembah Harau Payakumbuh diantaranya adalah dengan adanya air terjun yang jumlahnya lebih dari satu di satu lokasi. Inilah yang membuat lokasi Lembah Harau pantas menjadi tujuan wisata bersama keluarga.

Lembah dan bebatuan yang ada dapat menjadi tambahan ilmu pengetahuan alam, sehingga anak-anak sekolah juga cocok untuk diajak berwisata ditempat ini. Seperti kami jauh-jauh dari Provinsi Jambi, menjadwalkan bersama anak-anak berkunjung ke tempat ini.

Lembah Harau Payakumbuh Kab Lima Puluh Kota Prov Sumetera Barat

Lokasi air terjun berdekatan satu sama lainnya, dan uniknya ada air yang menyusuri bebatuan dan ada yang benar-benar terjun, jadi menyisakan keindahan yang berbeda satu sama lainnya.

Air Terjun Lembah Harau Payakumbuh Kab Lima Puluh Kota Prov Sumatera Barat

Kelom Sembilan

Kelok 9 yang juga disebut Kelok Sembilan berada dekat di Lembah Harau, ini merupakan bangunan moderen jalan bertingkat yang berkelok-kelok diantara tebing pegunungan, yang fungsi semula untuk menguraikan jalan ditempat tersebut yang sering macet.

Uniknya jalan ini, oleh masyarakat setempat sering dijadikan tempat untuk swafoto, akhirnya tempat ini menjadi obyek wisata yang menarik, dikarenakan berada diantara tebing atau pegunungan.

Swafoto di Kelok 9 (Kelok Sembilan) Payakumbuh, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

Tentu hal ini berbeda dengan jalan layang yang terletak di kota besar, sedang jalan layang berkelok ini berada bukan di tengah kota besar, dan inilah yang menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata baru ditempat ini.

Berbagi kisah wisatanya sekian dulu, salam.

oleh Suwarno Wardana
editor Eswedewea

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.