Badko TPQ Candisari

17 Cabang Lomba FASI Ke-4 Tahun 2019 Sukses Digelar di Kecamatan Candisari

Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) ajang pencarian bakat dan silaturahmi TPQ yang ke-4 Badko Kecamatan Candisari, Kota Semarang, sukses digelar hari ini (1/5).

FASI merupakan kegiatan tiga tahunan atau diselenggarakan sekali dalam tiga tahun, dan untuk kali ini Badko Kecamatan Candisari Kota Semarang menyelenggarakan FASI Ke-4, dengan melombakan sejumlah 17 cabang lomba dan dalam 25 kategori lomba yang kesemuanya cabang lombanya terlaksana, sedangkan untuk kategori lombanya ada 3 yang tidak dilombakan dikarenakan tidak ada pesertanya.

Salah satu peserta FASI Ke-4 tahun 2019 dari TPQ Nur Hidayah Tegalsari, 21 peserta, 4 pendamping, pertama kali mengikuti FASI

Tempat dan Registrasi Peserta

Tempat penyelenggaraan FASI IV tahun 2019 hari ini (1/5) di SD Negeri Wonotingal Candisari Kota Semarang, mulai dari pembukaan dan sekaligus penyelenggaraan seluruh rangkaian lomba FASI ke-4 dipusatkan di SDN Wonotingal, Jl Kawi I No 71 Wonotingal Semarang.

Registrasi salah satu peserta lomba FASI Ke-4 tahun 2019 yang bertempat di SDN Wonotingal Kecamatan Candisari Kota Semarang (1/5)

Peserta yang sudah mendaftar diwajibkan melakukan registrasi atau daftar ulang di sekretariat lomba FASI IV tahun 2019 yang bertempat di teras gedung perpustakaan. Registrasi ini hanya untuk memastikan kehadiran peserta, jika kemungkinan ada yang terlambat langsung terpantau.

Upacara Pembukaan FASI IV

Pembukaan dilaksanakan di halaman SD Negeri Wonotingal Candisari Kota Semarang sekaligus penyelenggaraan seluruh rangkaian FASI ke-4 dipusatkan di SDN Wonotingal, Jl Kawi I No 71 Wonotingal Semarang.

Upacara pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Imam Masjid Baiturrahman Kota Semarang, dilanjutkan menyanyikan bersama Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, laporan panitia Penyelenggara, sambutan-sambutan, dan diakhiri dengan doa.

Upacara Pembukaan FASI Ke-4 Tahun 2019, deretan depan Ketua Badko TPQ Kecamatan Candisari, Lurah Wonotingal, Imam Masjid Baiturrahman Semarang (1/5)

Dari 22 kategori lomba dalam 17 cabang lomba tersebut diikuti lebih kurang 600 orang peserta (tepatnya 592 orang) seperti disampaikan Ketua Badko TPQ Kecamatan Candisari, Ustd. H. Much. Dimyati, S.Ag. saat menyampaikan sambutan dan laporan sebagai panitia penyelenggara.

Hadir pada upacara pembukaan ialah Lurah Tegalsari M. Sholeh, S.IP, M.M, Ketua Umum Badko TPQ Kota Semarang yang juga didaulat sebagai Ketua Dewan Juri, Drs. H. Mustaghfirin, M.Ag., hadir pula Ketua I Badko TPQ Kota Semarang, H. Sumanto, S.H., M.H. dan beberapa tamu undangan lainnya, yang sekaligus menjadi dewan juri pada FASI IV kali ini.

Lurah Wonotingal, M. Sholeh menyampaikan selamat dan sukses atas terselenggaranya FASI ke-4 ajang 3 tahunan ini, Ia juga berpesan agar dalam pelaksanaan fair play, artinya yang menjadi juara benar-benar menjadi terpilih yang terbaik, karena nantinya akan mewakili kecamatan ke tingkat Kota.

FASI merupakan ajang silaturahmi antar santri TPQ dan asatidznya, disamping itu juga untuk mencari bibit unggul dalam berbagai hal seperti pada cabang lombanya, tak kalah pentingnya kegiatan ini untuk memupuk karakter dan semangat kebangsaan, imbuhnya.

Semangat kebangsaan itu dikarenakan lomba FASI kali ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya atau FASI sebelumnya, saat ini ada lomba melafalkan Pancasila, membaca Pembukaan UUD 1945, dan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Itulah yang membedakan dan itupula semangat NKRI yang kita tanamkan pada para santri.

Ketua Badko TPQ Kota Semarang, Ustd Drs H Mustaghfirin, M.Ag, memberikan arahan pada FASI Ke-4 Kecamatan Candisari serta memimpin pembukaan kegiatan. (1/5)

Bahkan segera akan ditambahkan untuk Ikrar Santri tentang Cinta tanah air dan NKRI, ini baru yang di Jawa Tengah, sedangkan yang nasional belum, Ia menambahkan.

Dengan bacaan basmalah bersama-sama yang dipimpin oleh Ustd. Drs. H. Mustaghfirin, M.Ag. FASI Ke-4 Tingkat Kecamatan Candisari dibuka secara resmi pelaksanaannya.

17 Cabang Lomba FASI IV Tahun 2019

17 cabang lomba dalam 25 kategori, hanya diperlombakan 22 kategori, hal itu dikarenakan jumlah peserta di 3 kategori tidak ada.

No.Jenjang LombaKATEGORI
TKQTPQTQA
1Tartil al Quran
2Tilawah al Quran
3Adzan dan Iqomah
4Tahfdiz Juz ‘Amma
5Nasyid Islamy, 3 orang
6Peragaan Sholat
7Cerdas Cermat al Quran, 3 orang
8Mewarnai Gambar
9Menggambar
10Kaligrafi
11Ceramah Bahasa Indonesia
12Ceramah Bahasa Arab
13Ceramah Bahasa Inggris
14Pengucapan Pancasila
15Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945
16Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, 7 orang
17Kisah Islami

Kategori yang tidak dilombakan yaitu Ceramah Bahasa Indonesia TKQ, Peragaan Shalat TKQ, dan Cerdas Cermat Alquran TKQ, sehingga semuanya TKQ.

Semoga bermanfaat

baca berikutnya
— Para Juara Lomba FASI IV Candisari —

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.