Kesehatan

Cara Agar Tidak Sembelit Saat Puasa Ramadhan

Saat puasa Ramadan, sembelit atau konstipasi merupakan salah satu hal yang dialaminya.

Dokter keluarga di Loma Linda University Health, Jeffrey Kim, mengatakan bahwa bukan hanya kurang serat dan air saja yang menyebabkan seseorang terjangkit sembelit. Seperti yang dilansir dari Bustle dan TempoCo ada beberapa alasan mengapa terjangkit sembelit saat berpuasa Ramadhan.

Buah Pepaya

1. Mengkonsumsi makanan fermentasi

Kefir dan asinan kubis yang sering ditemui dalam restoran Korea memang selalu dikaitkan dengan manfaat kesehatan. Meski demikian, Kim mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan fermentasi seperti itu, dapat menyebabkan konstipasi jangka pendek.

“Dalam jangka panjang, bakteri menguntungkan yang dikandungnya akan membantu meningkatkan pencernaan Anda dan meningkatkan kekebalan Anda,” katanya. “Tetapi dalam jangka pendek, memasukkan bakteri probiotik dalam jumlah besar dapat menyebabkan perubahan cepat pada flora usus Anda yang menyebabkan sembelit.”

2. Makan terlalu banyak kacang dan buah kering

Kacang-kacangan dan buah kering disebut sebagai penyumbang sembelit. Mengapa demikian? Sebab kacang dan buah kering merupakan dua makanan yang sangat sulit dicerna oleh usus besar. Dengan banyaknya porsi yang dimakan, ia pun akan menghambat sisa makanan yang akan dikeluarkan saat buat air besar.

3. Kurang aktivitas fisik

Kurang aktivitas fisik dapat menyebabkan Anda terkena sembelit atau bahkan memperburuknya. Menurut Kim, ini disebabkan oleh makanan yang akan tetap tinggal dan menyumbat usus. “Itulah salah satu dari banyak alasan mengapa banyak orang dianjurkan untuk berjalan setelah makan besar,” katanya.

4. Makan terlalu cepat

Saat sedang lapar, apalagi setelah berpuasa seharian, Anda tentu berusaha untuk segera memasukkan makanan yang Anda santap. Tanpa berpikir panjang, Anda pun menelan meski makanan tersebut belum terkunyah sempurna. Padahal, hal ini akan berakibat buruk pada sistem pencernaan Anda. Tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecah makanan Anda. Itulah yang menyebabkan kotoran tertahan dan sembelit pun menyerang Anda.

5. Minum di antara makan

Kebiasaan minum saat makan harus Anda hindari. Sebab, ia dapat membuat Anda terjangkit sembelit. Menurut Kim, saat makan, tubuh akan memilah energi yang dibutuhkan melalui enzim. Sayangnya, dengan meneguk air di antara makan, enzim pun menjadi diencerkan dan tidak dapat bekerja dengan sempurna. Oleh karena itu, tubuh akan mengalami kesulitan memecah makanan, dan makanan yang besar itu pun menjadi sulit dikeluarkan.

Sedia Buah Pepaya (Kates Gantung)

Sebaiknya konsumsi buah pepaya, diantara untuk membantu mengatasi sembelit atau agar tidak sembelit

Pepaya juga bisa dijadikan sayur yaitu buah pepaya yang belum masak atau masih hijau.

Semoga bermanfaat

diuanggah oleh Eswedewea
editor Eswedewea

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.