Berita Utama

Cek 4,7M Dua Lembar dan SIUP Seperti Asli, Waspada Penipuan

Sore ini (26/5) saya bertemu teman saya, kemudian mereka menunjukkan sebuah Cek dari Bank Danamon senilai 4.700.000.000,- (4,7M).

Kata teman saya, “Pak ini saya ini dikasih saudara, dia menemukan dua buah cek dan 1 lembar SIUP/TDP. Ini ceknya, bagaimana menurutmu, ini asli atau palsu”. Sekilas saya pegang, ini sepertinya asli, tapi kok cetakan ya…. saya biasanya kalau menerima pembayaran cek itu tulisan tangan. Ditempat ini kami bertiga, saya kang Sugih, dan kang Zams.

Teman saya satunya menimpali, ini cek disorot pakai sinar yang biasa untuk mengecek uang, nanti akan tampak ada tanda pengaman karena ini barang berharga, berarti kalau terlihat ada pengamanan itu asli. Biasanya cek itu juga ada halogramnya, ini kok tidak ada ya…. wah ini palsu, Ia menegaskan.

Setelah itu teman yang itu menunjukkan isi amplop dengan seluruhnya dikeluarkan dari dalam amplop, dan ternyata ada 2 cek bank Danamon dengan nilai yang sama yaitu 4.700.000.000,- (empat milyar tujuh ratus juta rupiah).

Kemudian saya amati, ini nomor seri ceknya kok sama ya…., wah… ini berarti keasliannya diragukan…. timpal saya, ini mungkin penipuan…. hati-hati….. jangan menghubungi nomor HP dan nama yang tertera di situ, bila ingin tahu ini cek ada uangnya atau tidak langsung saja datang ke bank Danamon terdekat, besok, karena sekarang hari libur (26/5).

Kami bertiga sementara sepakat ini adalah penipuan, dan nanti kalau kemudian kita menghubungi mereka dan dia pasti akan menanyakan nomor rekening bank untuk transfer atau apa.

Begini saja, besok ke bank Danamon, ini cek ada uangnya atau tidak, saya tegaskan lagi. Baru setelah itu menghubungi nomor handphone yang tertera disitu, dan jika dari pihak bank menyatakan cek kosong atau bahkan cek palsu, tidak perlu menghubungi orangnya, berarti ini penipuan.

Jangan Senang Ketika Menerima Cek Uang Milyaran, Palsu

Menunggu kabar dari teman saya yang mungkin hari ini akan ke bank Danamon untuk menanyakan apakah 2 cek yang ditangan yang berarti total uangnya ada Rp 9,35 milyar itu cek kosong atau isi atau pun bahkan cek palsu.

Temanku yang satunya sudah bilang wah iki cek palsu, tapi meh dicek coba ya ra papa nek ana wektu, aku mengko dikabari ya… dia pesan.

Editing Informasi (27/5)

Ternyata setelah ditanyakan ke Bank Danamon, dinyatakan cek kosong dan palsu.

Untungnya, teman saya tidak menghubungi data yang ada dilembar amplop yang Ia bawa, dengan demikian aman dari tipuan…., namun…. tetap waspada…

Waspadalah

Wassalam

Kissparry

Iklan

Kategori:Berita Utama

Tagged as:

1 reply »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.