Ilmu Alam

Bulan Purnama Blood Moon di Bulan Juni 2019

Tiba-tiba Weanind (20/6/2019) berburu gambar bulan purnama, tetapi yang didapatkan warna bulan yang aneh, bulan berwarna merah darah.

Apakah sekarang sedang gerhana bulan, tanya Alif Weanind di grup medsos keluarga sembari mengirim gambar bulan yang kemerahan, sepertinya nggak ya jawab saya, tidak ada informasi terjadinya gerhana bulan untuk malam ini. Semula warna bulan kehitaman kemudian kemerahan, yang membuat bertanya-tanya keadaan fenomena alam tersebut.

potret bulan diambil dari taman wilis setelah Isya sekitar pukul 20.00

Tujuannya sih akan menikmati suasana senja malam purnama di Taman Wilis yang terletak di Jl Wilis Raya Kelurahan Tegalsari (belakang RS Elisabeth Semarang) yang kebetulan hanya sekitar 500 M dari rumah tinggal, sambil ingin melihat kota yang lebih bawah dari taman tersebut, karena letaknya memang agak atas.

Tetapi ketika mendapati bulan berwarna kehitaman kemudian berubah menjadi kemerahan, membuatnya decak kagum campur takut, kemudian berseloroh apakah akan kiamat ya… bulan warnanya kok hitam, ngobrol dengan temannya yang bernama Habib yang malam ini datang ke rumah.

Untuk fenomena alam ini nanti kita cari tahu dari Google ya… karena blood moon (bulan kemerahan seperti terbakar) sering terjadi. Fenomena alam ini disaksikan dari Semarang, Jawa Tengah, seperti ada gerhana bulan total untuk malam ini.

Bahkan tadinya bulan tampak berwarna kehitaman kemudian berubah menjadi kemerahan.

Ketika semakin malam, wajah bulan mulai putih menerangi alam seperti biasanya, gambar bulan saat ini (pukul 22.15) seperti dibawah ini.

bulan purnama tanggal 20 – 21 Juni 2019 (hanya dengan kamera smartphone)

Pengambilan semua gambar ini hanya menggunakan kamera pada smartphone Xiaomi, dan tentu akan berbeda jika pengambilan gambar menggunakan kamera yang memiliki kualitas lebih baik, apalagi kamera khusus.

Inilah fenomena alam yang sempat Kissparry abadikan. Sekian semoga bermanfaat dan menambah rasa syukur kita kepada Tuhan pencipta seluruh alam.

oleh Indarsih Weanind
editor Eswedewea

Iklan

Kategori:Ilmu Alam

Tagged as: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.