Hiburan dan Wisata

SiKenang, SiDenok, dan SiKuncung Bis Tingkat Semarang Gratis Keliling Kota Semarang

SiKenang, SiDenok dan SiKuncung baru saja terlihat parkir di depan Rumah dinas Pangdam IV Diponegoro, tanpa banyak tanya langsung mengabadikan momen tersebut.

SiKenang dan SiDenok demikianlah nama bus tingkat di Kota Semarang yang melayani keliling Kota Semarang dengan GRATIS tanpa dipungut biaya, dengan rute-rute obyek wisata di Kota Lumpia ini antara lain Kota Lama, Tugu Muda, Lawang Sewu, Museum Perjuangan, Sam poo kong, museum Ronggo Warsito. Dan satu lagi namanya SiKuncung juga hadir disini bersama saudaranya.

SiKenang, Bus Wisata Kota Semarang (Gratis)

Saya beberapa kali menjumpai dan melihat SiKenang yang sedang melaju pelan di Jl Kaligarang diantara mobil-mobil yang lain padat merayap antri di lampu pengatur lalu lintas yang biasanya terkesan macet. Ketika itu saya sempat ambil gambarnya.

SiDenok Bus Wisata Kota Semarang Gratis (Bus Tingkat) Keliling Kota

Tiga bus tingkat yang biasa melayani keliling Kota Semarang ini berjajar parkir di samping rumah dinas Panglima Daerah Militer (Pangdam) IV Diponegoro, dan ketika saya melihatnya baru bersiap parkir bis yang ke tiga yaitu SiDenok.

Di depan SiDenok ternyata ada bus SiKenang yang telah ada sebelumnya, tetapi didepan saya belum memerhatikan kemudian saya kembali pulang kerumah. Dalam benak saya, mestinya saya harus memotret bis tingkat yang didepan SiKenang yang warnanya berbeda.

Beberapa saat kemudian saya kembali ke lokasi parkir bis sebelumnya, dan ternyata ketiga bis tingkat layanan gratis ini masih ada dan ternyata namanya SiKuncung, wah… baru tahu ternyata ada tiga bersaudara bis tingkat di Semarang Kota ini yaitu SiKenang, SiDenok, dan SiKuncung.

SiDenok (dok Kissparry)

SiKuncung parkir didepan sendiri dari deretan bis tingkat Kota Semarang yang sedang berjajar disamping rumah dinas ini. Secara berurutan dimulai dari SiKuncung kemudian disusul SiKenang dan yang paling akhir yaitu SiDenok.

SiKuncung (Kissparry)

Perjalanan bus-bus ini dikawal oleh petugas Kepolisian dan DenPOM, saya hanya berpendapat karena arak-arakan bis tingkat ini dan bukan dijalurnya sehingga perlu mendapat pengawalan.

SiKuncung didampingi Mobil Pengawas dari Polrestabes

Kemudian disusul dua bus dan satu mikro bus, dan berjajar parkir beberapa truk tentara, sehingga jalan begitu tampak padat, dan kami tidak menanyakan apakah bus yang lain selain yang tingkat masih dalam satu rombongan atau bukan.

Si Kuncung parkir didepan sendiri

Yuk Muter-muter Semarang

Pada badan bus tertera tulisan “Yuk Muter-muter Semarang”, ayo keliling Semarang.

Apabila Anda ingin mencoba keliling Semarang bersama SiKenang atau SiDenok juga SiKuncung, silakan datang ke Museum Ronggowarsito Kalibanteng Semarang Barat, kendaraan ini keliling Semarang bermula dari sini dan berakhir juga disini, tanpa dipungut biaya atau gratis.

Sedangkan untuk menggunakan diluar jalur Gratis tersebut silakan menghubungi pengelola.

Salam

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

Iklan

1 reply »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.