Lanjut ke konten

Jalan-jalan ke Puncak Lawang Maninjau Kab. Agam Sumatera Barat

Kali ini Kissparry Jambi melakukan perjalanan touring ke Provinsi Sumatera Barat, tepatnya ke Puncak Lawang Kabupaten Agam dengan ketinggian 1200 mdpl.

Puncak Lawang terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Di puncak ini dapat melihat birunya Danau Maninjau, sebagian perjalanan yang sudah kami rencanakan dalam touring ini sudah sampai di Maninjau. Dengan sedikit perjuangan yang lebih, dikarenakan kondisi jalan yang cenderung ekstrem akhirnya kami menapakkan kaki di Puncak Lawang Danau Maninjau, alhamdulillah.

Puncak Lawang, Agam, Sumatera Barat 2019, ketinggian 1200 MDPL

Perjalanan wisata alam ini, sudah saya impikan sejak lama, dan memilih di provinsi yang berbeda, saya bertempat tinggal di Provinsi Jambi dan Maninjau terletak di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Perjalanan yang tidak terlupakan.

Bila diukur jaraknya, antara Padang (Sumbar) dan Kota Jambi dari tempat saya tinggal, boleh dikatakan memiliki jarak yang hampir sama, mengingat tempat tinggal saya di Tebo (dahulu Muara Bungo) itu lokasinya berbatasan dengan wilayah Sumbar, sehingga kegiatan-kegiatan wisata dari wilayah kami pilihannya sebagian besar ke Sumatera Barat.


Baca Juga : Indahnya Lembah Harau dan Kelok Sembilan, Payakumbuh Lima Puluh Kota Sumbar


Sebelum sampai di Maninjau kami malamnya singgah di Kelok Sembilan (Kelon 9) yang pernah kami kunjungi beberapa waktu yang lalu, kemudian setelah ini, rencana perjalanan wisata touring ini akan kami lanjutkan ke Kelok 44.

Inilah kisah perjalanan, ketika bermula beberapa waktu yang lalu saya beserta rombongan sekolah wisata ke Sumatera Barat berasa masih ada yang kurang, maka kali ini saya meluangkan waktu untuk mengunjungi beberapa tempat di sekitar Sumbar ini, mumpung libur sekolah.

Sengaja saya touring dengan si Junior Reza, berangkat kemarin pagi, dari Jambi (Tebo / Muara Bungo).

Malamnya melewati dan berhenti di Kelok Sembilan (Kelok 9) untuk menikmati indahnya pemandangan Kelok Sembilan dimalam hari, kemudian paginya ke Maninjau.

Danau Maninjau, Agam, Sumatera Barat dari Puncak Lawang

Untuk mendaki puncak Lawang dan Danau Maninjau dengan ketinggian 1200 MDPL ini membutuhkan kendaraan yang sehat, mengingat medan yang dilalui ibarat naik turun gunung. Bila disandingkan dengan Telaga Sarangan di Jawa Timur mungkin hampir sama.


Baca Juga :


Tapi jangan dibandingkan dengan Gunung Telomoyo dengan ketinggian 1894 mdpl di Kawasan Kopeng Kabupaten Semarang, Jawa Tengah itu, karena ke Puncak Telomoyo, benar-benar harus memiliki nyali dan kendaraan yang sehat. Ke Gunung Telomoyo langsung memuncak dan merupakan salah satu gunung yang bisa didaki dengan kendaraan bermotor roda dua atau roda empat.

Setelah dari Puncak Lawang saya ke lembah menuju Danau Maninjau untuk mendekat ke danau diatas bukit ini. Mungkin bisa disetarakan Telaga Sarangan di Magetan Jawa Timur. Telaga Sarangan ini juga sebuah danau diperbukitan dengan ketinggian 1200 mdpl.

Baca Juga : Tour Bermotor Telaga Sarangan Magetan Jawa Timur

Danau Maninjau Agam Sumatera Barat

Bedanya di Telaga (Danau) Sarangan, benar-benar ramai pengunjung menjadi obyek wisata dengan berbagai fasilitas yang ada, sedang di Maninjau boleh dibilang kurang ramai pengunjungnya.

Danau Maninjau

Selepan dari Maninjau, saya kembali ke kampung halaman di Tebo Jambi dengan membawa kenangan yang indah karena telah saya impikan sejak lama.

Sampai ketemu di trip yang lain.

Salam

oleh Suwarno Wardana
editor Eswedewea

Suwarno Wardana Lihat Semua

Saya tinggal di Pematang Sapat, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, dan masih keluarga besar Kissparry.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: