Bisnis dan Wirausaha

Sate Kambing – Sate Ayam Makanan Khas Indonesia yang Terkenal

Sate, masyarakat Indonesia dapat dikatakan sudah tidak asing dengan nama makanan sate, baik itu sate ayam ataupun sate kambing.

Sate ayam yang paling sering kita dengar dan terkenal adalah Sate Madura, ini adalah sate ayam, seperti halnya Mia Ayam yang terkenal dahulu adalah Mie Ayam Jakarta, namun yang pasti sate saat ini disekitar kita hanya menyebutnya sate ayam.

Sate ayam (Kissparry Wea)

Sate ayam terbuat dari daging ayam yang dipotong-potong kecil kemudian potongan daging itu dirangkai pada lidi atau bambu yang dibuat seperti lidi, setelah itu ditaburi bumbu secukupnya (termasuk di beri kecap), selanjutnya dipanggang diatas bara api dari arang (Jawa: mowo) hingga masak.

Arang yang membara ditempatkan dalam suatu wadah untuk mendapatkan panas yang stabil, bila perlu dikipas-kipas dengan kipas sate bambu.

Sambal kacang tanah (teman sate ayam)

Tambahan bumbu sate ayam adalah sambal kacang tanah, irisan cabai merah/hijau, dan irisan bawang merah (brambang).

Sate Kambing

Sate kambing hampir sama dengan sate ayam, bedanya terbuat dari irisan daging kambing. Perbedaan yang lain adalah yang untuk merangkai bukan dengan lidi tetapi bambu yang dibuat sedemikian rupa seperti lidi yang agak besar.

Sate kambing spesial

Cara memanggang sate kambing sama seperti sate ayam, tetapi kipas yang digunakan biasanya kipas elektronik bukan kipas yang terbuat dari bambu, meskipun mungkin juga kipas keduanya dipakai.

Sate kambing di Semarang yang terkenal adalah Sate Kambing (muda) Widodo di Sampangan Gajahmungkur dekat Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) atau Universitas Negeri Semarang (UNNES) kampus Pegandan.

Sambal kecap pedas, temannya makan sate kambing (untuk sate ayam juga oke)

Sate yang sedang kami santap ini pesanan yang diantar, bukan dari khusus penjual sate tetapi salah satu dari warung / cafe yang ada Kampus UNNES Sekaran Gunungpati.

Baca Juga : Sarapan Soto Segeer Mbok Giyem Ungaran Semarang, Asli Boyolali Solo, juga Nikmat

Bumbu sate kambing, disamping sudah ditaburkan pada satenya masih ditambah dengan sambal kecap pedas, irisan tomat dan slada sebagai teman makan sate kambing.

Slada dan tomat teman sate kambing

Mencicipi Sate Ayam plus Sate Kambing

Sate ayam menjadi pilihan saya, ditambah 1 tusuk sate kambing, dan bumbu yang ditaburkan kecap cabai ditambah bawang merah (brambang). Pilihan seperti ini tidak standar sate ayam, karena yang biasanya itu sate ayam dengan sambal kacang tanah dan tanpa tomat.

Apalagi sate ayam (Madura), bumbunya sudah standar dengan sambal kacang tanah.

Memang sate walupun kesannya tidak mewah, tetapi masakan satu ini digemari oleh seluruh kalangan.

Oleh Eswedewea
Editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.