Keterampilan

Lomba Tujuhbelasan di Kantor Tidak Kalah Meriah, Lingkaran Kertas, Makan Kerupuk Hingga Menggiring Ban

Lomba yang diikuti Kepala Biro hingga staf di lingkungan Rektorat Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini sangat meriah, ikut memeriahkan peringatan HUT RI ke-74 tahun 2019.

Lomba di kantor Rektorat UNNES ini baru pertama kalinya diselenggarakan saat memeringati ulangtahun kemerdekaan, dan setidaknya ini yang paling meriah karena diikuti oleh Kepala Biro, Kepala UPT, Kepala Bagian, Kepala Subbagian, dan Staf dilingkungan Rektorat universitas tersebut.

Lomba estafet kelereng di kantor Rektorat UNNES, Juarai I BAKK 2019

Perlombaan yang dilombakan mulai lomba yel-yel, kemudian lingkaran kertas HVS (masuk dalam lingkaran kertas), makan kerupuk antar pimpinan (Kepala Biro/UPT/Bagian) kemudian lomba estafet kelereng, memindahkan tepung dengan piring lepek.

Sebagian peserta mulai sarapan soto yang telah disediakan oleh panitia penyelenggara, dan kemudian disusul oleh peserta atau penonton yang lainnya.

Setelah itu dilanjutkan lomba estafet menggiring ban sepeda motor, dan estafet mindah kaos.

Lomba Yel-yel dan Lingkaran Kertas

Yel-yel yang dipersiapkan mendadak membuat beberapa tim terlihat denan yel asal-asalan, tetapi tetap meriah, karena masing-masing Bagian atau Biro dalam keseharian sudah biasa menerapkan slogan.

Lomba lingkaran kertas merupakan lomba yang unik, dimana kertas HVS folio harus dapat menampung seluruh peserta, dengan cara menggunting kertas menjadi bagian yang kecil.

Dalam lomba ini tim BAKK (Biro Akademik Kemahasiswaa dan Kerjasama) dinobatkan sebagai juara pertama disusul oleh BUHK (Biro Umum Hukum dan Kepegawaian)

Lomba Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk kali ini dikhususkan untuk para pimpinan, mulai dari Kepala Biro, Kepala UPT, dan Kepala Bagian, tidak sampai kepala Sub Bagian.

Kelompok Kepala Biro dan Kepala UPT dilombakan sendiri, ditambah antar Kepala Bagian, jadi benar-benar meriah, semua ikut menyukseskan lomba dalam rangka memeriahkan Kemerdekaan kali ini.

Kepala Biro mengikuti lomba makan kerupuk, penampilan Dr. Sutikno dan Deddy Rustiono M.Si.

Sebagai Juara I diraih oleh Kepala UKPBJ, Untoro Nugroho, S.T, M.T., dan Juara II diraih oleh Kepala Biro UHK, Dr. Sutikno, M.Si. Sang juara saat ditanya resepnya apa? Ia menjawab, resepnya seolah sedang lapar, katanya.

Seperti kita tahu bahwa Kepala Biro merupakan jabatan tertinggi administrator dalam sebuah instansi, jarang sekali mereka mengikuti lomba yang biasanya hanya diikuti oleh staf, dan hal inilah yang membuat lomba-lomba menjadi lebih ramai.

Antar Kepala Bagian, yang menjadi juaranya yaitu Eko Febrianto, M.Kom menjadi juara pertama, Ia adalah Kabag Umum BUHK, dan yang meraih juara kedua Fransisca Novi K, M.Si sebagai Kabag Perencanaan BPK (Biro Perencanaan dan Keuangan).

Lomba Estafet Kelereng

Lomba membawa kelereng dalam sendok yang digigit kemudian diberikan ke teman berikutnya hingga berjumlah lima orang peserta, atau lomba estafet kelereng.

Lomba Estafet ini menggunakan lapangan Tonnis yang berada didepan gedung Auditorium Prof Wuryanto, dan semua lomba menggunakan tempat disekitar auditorium ini, sehingga batas garis-garisnya jelas, pemandu hanya bilang garis ini dan ini.

Jika melewati garis ini (yang berada diantara mula dan akhir) maka bisa meneruskan, jika belum melewati harus kembali dari garis awal, itu jika kelerengnya jatuh.

Tim Juri menunjuk atau mengangkat tangan sebagai tanda kelereng telah dimasukkan kedalam gelas, tim BAKK

Dalam lomba-lomba kali ini, BAKK yang memiliki 3 Bagian tidak mewakili bagian masing-masing tetapi menjadi satu tim, sedangkan yang lain mereka mewakili setiap Bagian dan UPT.

Lomba ini sempat diulangi karena juri terlambat mengacungkan tangannya sebagai tanda peserta telah menyelesaikan tugas estafet kelereng.

Peserta lomba estafet kelereng memeriahkan ulang tahun kemerdekaan RI tahun 2019 di kantor Rektorar UNNES

Keluar sebagai pemenang lomba estafet kelereng diraih oleh tim Biro AKK, sedang juara kedua oleh tim UPT.

Lomba Pindah Tepung

Lomba tepung dijadikan dua sesi karena, yakni sesi pertama yang paling cepat akan diambil tiga tim, dan sesi kedua merupakan sesi final. Lomba pindah tepung dengan piring lepek.

Babak penentuan (Sesi I) dinilai tim yang paling cepat memindahkan tepung dengan piring lepek lewat atas kepala, dan kemudian Babak final memindahkan tepung dalam durasi waktu 7 menit yang paling banyak mengumpulkan tepung.

Peserta lomba pindah tepung memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia di kantor Rektorat UNNES 2019

Diambil juara yang paling banyak, dikarenakan tepung yang dipindahkan biasanya tumpah di kepala atau muka atau punggung.

Tepung yang banyak tumpah akan mengurangi volume tepung yang dipindahkan, jatah tepung dibuat sama yang rata-rata dapat dipindah dalam dua kali.

Lomba pindah tegung 2019

Tampil sebagai juara pindah tepung dengan piring lepek atas kepala adalah Tim BAKK disusul Tim Bagian Perencanaan/UKPBJ, sedang juara ketiga Tim Bagian Umum.

Lomba Giring Ban Sepeda Motor Estafet

Lomba giring ban, boleh jalan boleh berlari, dan yang berlari tentu akan segera menyelesaikan estafet. Dibagi kedalam dua kelompok yakni kelompok pria dan kelompok wanita.

Peserta lomba menggiring ban estafet 2019

Peserta menggiring ban dengan potongan bambu secara estafet ini mengingatkan dolanan motor-motoran waktu kecil dulu.

Kategori putri dimenangkan oleh tim Bagian Umum sedangkan juara kedua tim BAKK disusul juara ketiga Tim Bagian Akuntansi, dan untuk kategori pria dimenangkan sebagai juara 1 tim Perencanaan/UKPBJ, juara 2 diraih tim Bagian Umum, dan juara 3 tim dari Kepegawaian.

Lomba estafer giring ban tim putri menunggu giliran untuk melarikan ban

Perjuangan mereka menggiring ban ini ada yang sampai jatuh bangun, membuat lomba ini sangat meriah

Lomba Estafet Pindah Kaos

Lomba estafet pindah kaos ini termasuk lomba model baru yang sedang ngetren. Peserta harus memakai pakaian rapi, dan jika tidak rapi maka pemindahan kaos akan mengalami sedikit hambatan.

Tim BAKK (merah) dan Tim Bagian Umum (putih)

Lomba estafet kaos menghasilkan tiga pemenang, berturut-turut yakni tim Perencanaan, tim UPT, dan tim Bagian Umum.

Selamat kepada peserta yang menjadi juara lomba.

oleh Eswedewea
editor Suwarno Wardana

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.