Hiburan dan Wisata Jambi Obyek Wisata

Wisata Sekitar Tebo dan Muara Bungo Mana Saja, Inilah yang Kita Cari

Jambi, tepatnya didekat Tebo perbatasan dengan Muara Bungo, juga ada tempat yang menarik dijadikan trip wisata, ternyata.

Saat membicarakan trip ke Tebo perbatasan dengan Muara Bungo di Provinsi Jambi tahun 2022 mendatang, tuan rumah sekaligus panitia lokal dan koordinator lapangan Kissparry, menyodorkan wisata Bukittinggi (Sumbar) atau wisata Kerinci (Jambi) sebagai tempat obyek wisata yang akan dikunjungi.

Mendengar saja sebagian besar kafilah calon peserta dalam silaturahmi rutin di Jambi tersebut mulai angkat bicara, pembicaraannya itu melalui akun Medsos mereka. Ada pimpinan suatu kafilah yang mengatakan, kemana saja kami setuju, tapi kalau sejauh itu saya tidak ikut, bahkan diantara satu kafilah sendiri sebagian setuju dan sebagian lagi berbeda pendapat.

Di atas Sungai Batanghari Jambi (Kissparry Jambi Tebo)

Paling mudah menyampaikan, contoh sebagai tuan rumah kami tidak menyampaikan pendapat tetapi mengikuti hasil musyawarah, jadi intinya mengikuti saja. Sebagian lain menyampaikan, sebaiknya trip wisata yang dekat-dekat saja agar tidak terlalu kecapekan, apalagi masih ada anak-anak balita, tidak menikmati perjalanan wisata tapi lebih banyak ngurusi anak-anak yang masih butuh perhatian.

Sebagai contoh ketika trip wisata di Batam baru-baru ini, ada satu kunjungan yang dibatalkan yaitu wisata belanja ke Mega Mall Batam Center yang akhirnya diteruskan hari selanjutnya, hanya satu alasan anak-anak capek, kasihan.

Baca Juga : Trip Wisata ke Batam Sehari 2019, Kissparry Kemana Saja

Hampir tiga hari berburu tempat wisata melalui mesin pencarian internet diataranya melalui Google dan Google Maps, dengan dukungan jaringan internet sekarang memang terasa lebih mudah

Masih tiga tahun lagi kok sekarang sudah pada sibuk bicara wisata Jambi 2022 sih? salah satu peserta diskusi komentar. Dijawab ringan oleh ketua forum, ia mengatakan bahwa ini semua untuk menentukan akibat biaya yang timbul sehingga memerlukan kontribusi dari seluruh peserta, ditegaskan perlu gotong royong mengiur. Iuran merupakan salah satu alternatif disamping memberdayakan unit-unit usaha yang dimilikinya.

Atas sodoran obyek wisata tersebut (wisata Bukittinggi – Kelok Sembilan dan sekitarnya), kemudian salah satu kafilah menanyakan terkait dengan waktu yang harus disediakan, kemudian dapat jawaban, jarak tempuh dari Muara Bungo dua malam dan satu siang, katanya.

Obyek wisata Kerinci Jambi agak dekat dan lebih irit daripada ke Bukittinggi di Sumatera Barat, ditempuh dari Pasar Muara Bungo, namun oleh sebagian kafilah menganggap tempat itu jauh dan meminta agar mencari alternatif yang lebih dekat-dekat saja.

Kafilah dari Batam kasih gambar yang dicarinya dari Google, yaitu tempat wisata yang disekitar Muara Bungo, ketemulah ada nama Semagi Waterpark, Taman Pusparagam, Taman Angsa Duo, dan taman terdekat lain.

Penting silaturahmi Jambi 2022 tetap berlangsung, untuk wisata jika tidak ada yang terdekat maka tidak diadakan tidak apa-apa, salah satu peserta diskusi melontarkan pendapatnya. Hal ini kemudian dibalas oleh peserta yang lain, wisata tetap penting, mumpung berada di Jambi kapan lagi, dan informasinya juga bisa menghiasi blog Kissparry.com.

Musyawarah secara daring tersebut akhirnya menyepakati, bahwa wisata Jambi 2022 dilaksanakan dengan ketentuan paling jauh sekitar 130 km atau setara dengan jarak Semarang – Yogyakarta, dengan kontribusi iuran perbulan Rp 60.000,- tiap kafilah dan tidak menghitung jumlah peserta dalam satu kafilah tersebut.

Baca Juga : Nama Obyek Wisata di Kabupaten Semarang, Rute dan Kulinernya

Tentang Tebo, Bungo, dan Pasar Muara Bungo Kaitan Obyek Wisata

Tempat tinggal (markas) Kissparry Jambi berada di wilayah Tebo tetapi berbatasan dengan Bungo, kota yang paling dekat adalah Pasar Muara Bungo, dan untuk memudahkan penyebutan biasanya Tebo Muara Bungo.

Tebo merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jambi, Pulau Sumatera, jadi lengkapnya Kabupaten Tebo, sedangkan Bungo juga merupakan salah satu kabupaten di Jambi juga, jadi lengkapnya Kabupaten Bungo, sementara itu Pasar Muara Bungo sendiri merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bungo, namanya memang Kecamatan Pasar Muara Bungo.

Meskipun berada di Kabupaten Tebo tetapi posisi untuk urusan sehari-hari berdekatan dengan Kabupaten Bungo, yaitu Pasar Muara Bungo, jarak tempat tinggal ke Muara Bungo sekitar 15km sementara jika ke Tebo sekitar 45km. Inilah uniknya berada diperbatasan

Kegiatan rekreasi ringan keluarga juga ke Muara Bungo, misalnya Taman Pusparagam, Taman Tempoenok, atau taman Angsa Duo, jarak dari markas sejauh lebih kurang 12km, kondisi jalannya 6 km jalan tanah liat dan 6 km jalan beraspal.

Korlap Jambi kurang merekomendasi usulan obyek Semagi Waterpark salah satu tempat yang disodorkan oleh kafilah Batam yang dicarinya melalui Google, alasannya biaya masuk ‘lumayan’ dan sebagian peserta adalah orang tua, dipastikan kurang berminat permainan air, sehingga “eman-eman” biayanya, pembandingnya adalah wisata sejenis seperti Owabong di Purbalingga (Jateng). Semagi direkomendasikan untuk personal atau keluarga.

Wisata Bangko Kabupaten Merangin Jadi Pilihan

Wisata Bangko, Kabupaten Merangin dengan jarak tempuh paling jauh sekitar 100 km dari markas Kissparry Jambi (Pematang Sapat-Tebo-Muara Bungo), menjadi pilihan kunjungan wisata selama kegiatan silaturahmi di Jambi yang akan berlangsung tahun 2022. Seiring dengan perkembangan wilayah, lokasinya masih memungkinkan berubah.

Perjalanan dari Muara Bungo tetap kearah wisata Kerinci (Jl Raya Bangko Kerinci) tetapi di Bangko mengambil jalan yang kearah kiri menuju Geopark.

Geopark Merangin

Geopark Merangin berada di wilayah Dusun Tuo (Baru), Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pemberap, Kabupaten Merangin, Jambi. Luasnya 20.360 km².

Untuk mencapai lokasi ini, bisa menggunakan sepeda motor atau mobil dengan waktu perjalanan antara enam hingga tujuh jam dari Kota Jambi. Namun jika perjalanan dimulai dari Bangko, Ibu Kota Kabupaten Merangin, hanya butuh waktu kurang lebih satu jam.

Perjalanan dari Muara Bungo dapat ditempuh sekitar 2 (dua) jam hingga 3 (tiga) tergantung dari kepadatan arus lalu lintas.

Geopark Merangin terdapat air terjun dan dilalui sungai Merangin yang biasa digunakan untuk arung jeram (rafting), merupakan peninggalan zaman purbakala dengan adanya fosil-fosil tumbuhan dilokasi tersebut, dan saat ini sedang promosikan ke UNESCO untuk menjadi salah satu situs warisan dunia, dikutip dari Wikipedia dan beberapa sumber lain.

Baca Juga : Inilah Beda Kendal Inggris dan Kendal Indonesia, Ternyata di Britania Raya ada Kota Kendal

Di kawasan Geopark ini konon terdapat lempeng bumi tertua di dunia yang diperkirakan berusia 300 juta tahun, serupa dan bahkan seusia dengan bebatuan yang ada di situs bersejarah di Cina.

Oleh karena itu, tempat itu menjadi bidang utama penelitian para ahli geologi dunia dalam mempelajari evolusi bumi. Ada banyak tanaman fosil, mulai dari tanaman paku, dikotil, monokotil, kerang, serangga dan lain-lain, dicetak membatu di lava endapan batu dan abu vulkanik pegunungan kuno.

Fosil-fosil di Merangin tersebar di sepanjang Sungai Batang Merangin dan Sungai Mengkarang. Untuk dapat melihatnya kita harus naik perahu karet dari arah hulu sekitar 13 km dan lokasi ini yang juga cocok untuk arung jeram. Fosil-fosil tersebut terdapat di kanan kiri sungai. Fosil-fosil juga ada di tanah.

Geopark Merangin dibagi menjadi empat bagian, yaitu Taman Paleobotani Merangin, Taman Highland Kerinci, Taman Geo-Budaya Sarolangun, dan Taman Godwana Bukit.

Taman Paleobotani Merangin dibagi menjadi tiga zona, terdiri atas zona tangkapan air, zona inti geo-konservasi, bio-konservasi, konservasi budaya dan zona penyangga yang merupakan area di sepanjang daerah aliran sungai (DAS).

Baca Juga : Sungai Terpanjang di Indonesia dan Daerah Alirannya (DAS)

1. Air Terjun Mengkaring

Obyek pertama yang akan dikunjungi adalah air terjun Mengkaring, merupakan objek terjauh, lebih kurang 100 km (dari markas). Istilah air terjun dibeberapa daerah bisa berbeda, Jawa Tengah bagian barat menyebutnya curug misalkan Curug Sewu di Kendal Jawa Tengah, sedangkan Jawa Tengah sebelah timur menyebutnya Grojogan misalnya Grojogan Sewu di Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah.

Baca Juga : Tour Bermotor Grojogan Sewu Tawangmangu Karanganyar

Air terjun Mengkaring Bangko Jambi

Air terjunnya tidak tinggi, hanya seperti Curug Bidadari di Sumowono Bandungan Kabupaten Semarang.

lanjutkan membaca Rafting Merangin, Page 2


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: