Aneka Jenis Buah Mangga Penggoda Selera

Mangga Arum Manis

Arum manis sebuah pemberian nama yang sangat menggoda, dari sisi nama sudah menggoda selera, arum dan manis. Mangga inilah yang kerap hadir dirumah, sering ikut memanen.

Mangga Arum Manis, panen sendiri, Karangrayung Purwodadi Grobogan (Kissparry)

Kulit buah berwarna hijau yang tertutupi oleh lapisan lilin, sehingga nampak seolah-olah kelabu, sedangkan bentuk buahnya lonjong dengan unjung yang memiliki lekukan yang cukup jelas.

Buang mangga arum manis memiliki daging buah yang tebal dengan tekstur yang lembut dan empuk, dan biji (pelok) berbentuk pipih, berserat pendek.

Mangga arum manis, masak dipohon, uenak banget

Mangga arum manis yang masak dipohon, tampak lebih menggugah selera, berwarna kemerahan, baunya harus rasanya manis. Meskipun menggugah selera, keponakan yang satu ini sepertinya tetap saja main smartphone mereka.

Mangga Manalagi

Sedang memetik buah mangga manalagi, sayang nggak kelihatan buahnya karena fokus mengambil gambar yang memetik, ia adalah Alif bersama Noval. Saya juga pernah memetik buah manalagi saat di Gemolong Sragen, seneng banget.

Baca Juga : Taman Bunga Celosia II Bandungan Terkini, 2018 November

Prosesi memetik mangga karena pohonnya agak menjulang, versi Alif saat di Boyolali juga.

Untuk memetik mangga manalagi dari pohon yang agak tinggi, perlu menggunakan tongkat (senggek bambu) dengan sedikit perjuangan. Namun tidak perlu khawatir mangganya jatuh karena senggek sudah dipasang wadah untuk menampung beberapa mangga yang berhasil dipetik.

Mangga manalagi (pic.rumahbuah)

Pohon mangga manalagi banyak dibudidayakan di daerah Purbalingga disamping Purbalingga juga terkenal dengan buah duku (Duku Kalikajar), disana ada Kissparry Purbalingga (Kalikajar – Kaligondang). Saat kami suruh memfoto, bilangnya “om… pohone nggak buah…. tidak musime”, ujarnya. Maksud saya akan minta gambarnya jika mungkin masih menyimpan gambar.

Baca Juga : Buah Duku Kualitas Super, di Sentra Duku Kalikajar Purbalingga

Mangga Kweni

Untuk mangga yang satu ini agak aneh, yakni baunya memang menggoda tetapi rasanya agak asam-asam manis. Aneh yang lainnya, ketika musim buah mangga yang satu ini, di daerah Desa Tawangsari Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali, tepatnya pohon mangga kweni disebelah timur rumah Kissparry Boyolali ini sepertinya memang dibiarkan saja.

Maksudnya dibiarkan hingga buahnya jatuh sendiri-sendiri saat masak atau akan masak yang orang Jawa bilang kemrampho, sehingga tak heran saat berada di desa dan kebetulan sedang musim buah mangga, saya setiap pagi buta ikutan berburu mangga jatuh dijalanan atau tepi-tepi jalan, jika beruntung akan mendapatkan mangga kweni.

Mangga Kweni

Mangga Kepok

Mangga kepok mudah sekali di dapat, dan ini jarang diperjualbelikan, meskipun tetap ada jual beli jenis mangga ini.

Mangga Endog

Endog bahasa Jawa dari telur, mangga ini menyerupai telur, bulat panjang lebih kurang 7 cm dengan diameter 5 – 6 cm.

Mangga Endog

Buahnya memang tidak terlalu harum, tetapi rasanya manis. Ciri buah yang sudah tua permukaannya halus berlilin terdapat bintik-bintik kelenjar berwarna putih kehijauan, untuk buah yang telah masak, warna pangkalnya kekuning-kuningan.

Mangga Golek

Mangga Pakel

Mangga ini paling cocok buat rujakan, maksudnya penjual rujak biasanya menggunakan mangga pakel untuk melengkapi aneka buah dalam rujaknya.

Mangga pakel, hampir sama dengan Kweni
Rujakan dengan mangga pakel
Sambal rujakan buah

Mangga Lalijiwo

Buah mangga lalijiwo ukurannya tidak terlalu besar, agak membulat pada bagian ujungnya, dengan panjang sekitar 7 cm, berparuh dan berlekuk sedikit, dengan berat rata-rata hanya 200 g.

Buah yang sudah matang, daging buah akan berwarna kuning tua, dengan kadar air sedikit, aroma kurang harum, dan rasanya manis.

Mangga Lalijiwo

Mangga Udang

Mangga udang ditanam didepan rumah Kissparry Sekayu, Anda mungkin ada yang bertanya, Sekayu itu mana ya? Di Kota Semarang juga ada tempat sebutannya Sekayu. Kota Sekayu yang dimaksud disini adalah ibukota Kabupaten Musi Banyuasin di Provinsi Sumatera Selatan.

Di Sekayu ada Kissparry Sekayu, mereka juga menanam pohon mangga, saat saya tanyai nama pohon mangga yang ada didepan rumahnya, katanya “disini orang menyebutnya MANGGA UDANG“. Oleh sebab itu judulnya kami beri Mangga Udang.

Mangga udang bentuknya hampir seperti lekukan udang, dan katanya enak banget, coba saja simak sayir lagu Jali-Jali ini, “palinglah enak si mangga udang hei sayang disayang pohonnya tinggi pohonnya tinggi buahnya jarang.”

Kata yang punya pohon mangga “LikKasjo”, Kissparry Sekayu, Kab. Musi Banyuasin, namanya buah mangga “UDANG”

Mangga udang buahnya mungil dan memiliki kulit yang tipis, warna daging mangga ini berwarna oranye cerah, dagingnya sedikit berserat dan cenderung manis dengan sensasi sedikit rasa masam. Mirip mangga gedong gincu tetapi lebih lembut rasanya. Rasanya segar enak!

Mangga udang banyak ditemukan di daerah Sumatera Utara (Medan, Parapat, Danau Toba). Di Sumatera Selatan terutama Kota Sekayu, Musi Banyuasin juga banyak ditemukan pohon mangga tersebut.

Mangga Apel

Mangga apel mempunyai daun yang lebarnya lebih kecil atau sekitar 3-4 cm tetapi panjangnya hingga 15-18 cm. Kebetulan disamping saya ada yang menanam pohon mangga apel itu didalam pot mereka.

Mangga apel bentuknya juga menyerupai apel. Ada dua jenis yakni mangga apel merah dan mangga apel hijau. Tentunya rasanya berbeda, mangga apel warna hijau memiliki rasa agak asam, sedangkan mangga apel warna merah aromanya juga harus rasanya mak nyess.

Mangga apel

Mangga Sengir

Jenis Mangga Lainnya

Mangga Alpukat

Mangga Kemang

Mangga Indramayu

Mangga Gedong Gincu

sambil dilengkapi ya…., trims.. sibuk ngrajut

Salam

by Indarsih Weanind, diolah dari berbagai sumber
editor LikKasjo

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca