Sahabat Kissparry, belahan timur Indonesia banyak sekali destinasi wisata bahari yang menarik, sebut saja Raja Ampat yang sudah mendunia, dan kali ini kami sajikan Filonga atau Failonga salah satu pulau mungil yang memesona.

Failonga atau masyarakat setempat menyebutnya Filonga, merupakan bagian dari ribuan pulau di wilayah Provinsi Maluku Utara, bahwa provinsi ini memiliki pulau sejumlah 1.474 pulau besar dan kecil.

Provinsi Maluku Utara beribukota di Sofifi (semula Ternate) terletak di pulau Halmahera ini memiliki budaya yang beragam, setidaknya ada 17 bahasa daerah yang digunakan, menandakan jika kebudayaan sangat beragam.

Pulau yang hampir berjumlah 1500 pulau tersebut yang ada penghuninya tercatat sebanyak 89 pulau saja dan sisanya sebanyak 1.385 tidak berpenghuni. dikutip dari Wikipedia. Sehingga wisata bahari memang salah andalan didaerah tersebut.

Baca Juga : Trip Pulau Pahawang Lampung, Wisata Bahari – Snorkeling dan Diving

Pulau Filonga (Failonga)

Filonga adalah sebutan untuk pulau kecil ini oleh masyarakat Maluku Utara. Namun nama yang sebenarnya adalah Failonga. Pulau ini terletak di antara pulau Tidore dan Sofifi Halmahera.

Jika posisi kita berada di Tidore maka letak pulau ini pas didepan pusat keramaian Kota Tidore yaitu Soa-Sio, namun jika kita menyebrang dari ke ibu kota propinsi Maluku Utara maka seakan kita melihat pulau ini terletak ditengah, antara Sofifi dan Tidore. Dilansir dari h4lida (wordpress).

Dermaga di Pulau Failonga (Filonga) Provinsi Maluku Utara (doc. Halida)

Seperti kita ketahui bahwa Provinsi Maluku Utara sebuah provinsi dengan ribuan pulau atau saat ini berjumlah 1.474 pulau, jumlah pulau yang dihuni sebanyak 89 dan sisanya sebanyak 1.385 tidak berpenghuni. dikutip dari Wikipedia.

Pulau terbesar di Maluku Utara yaitu Pulau Halmahera dengan luas 18.039,6 km2 dihuni sekitar 500ribu orang. Failonga merupakan salah satu pulau yang menjadi tujuan wisata saat di Maluku Utara.

Pulau Filonga biasanya ditempuh dengan menggunakan Speedboat ataupun perahu tradisional/ katinting. Jika ditempuh dari Kota Ternate maka waktu tempuh adalah sekitar 20-30 menit.

Baca Juga : Indahnya Natuna Kepri, Wisata Batu Alam Pantai dan Diving Pesona Terumbu Karang

Akan lebih singkat lagi jika di tempuh lewat Soa-Sio Tidore, mungkin diperkirakan hanya sekitar 15-20 menit.

Pulau ini memiliki pasir putih dan kerikil putih. Batu-batu hitam terjal hampir mengelilingi pulau ini. Ada sebuah dermaga kecil tempat berlabuh perahu-perahu ataupun speedboat.

Failonga Island, obyek wisata bahari, Provinsi Maluku Utara (doc. Halida)

Biasanya yang menjadi daya tarik disini adalah keindahan bawah lautnya. Bagus untuk pecinta “snorkling”. Batu karang dan berbagai biota laut dengan berbagai variasi menghiasinya.

Untuk nelayan Failonga biasanya dijadikan tempat untuk istirahat sejenak, tentu untuk menikmati keindahan pulau kecil nan elok, sekaligus kadang berbaur dengan wisatawan.

Wisatawan yang hobinya mancing biasanya juga menyalurkan hobi untuk memancing didepan pulau kecil ini.

Baca Juga : Daftar Nama 671 Bahasa Daerah di Indonesia Tersebar di 34 Provinsi

Kuburan Keramat (Jere’)

Ada beberapa kuburan suci atau keramat yang ada tepat dibagian atas pulau ini. Kuburan suci ini disebut oleh orang Maluku Utara dengan istilah Jere’.

Biasanya kalau orang yang sudah tahu, pada saat berkunjung ke pulau ini mereka membawa daun pandan dan air untuk ziarah di Jere’ tersebut.

Pulau FIlonga (Failonga) nan indah di Maluku Utara (doc. Halida)

Baca Juga : Inilah Beda Kendal Inggris dan Kendal Indonesia, Ternyata di Britania Raya ada Kota Kendal

Untuk anda yang ingin menambah koleksi foto di media sosial anda. Tak salah lagi untuk memilih pulau Filonga ini sebagai tempat untuk dikunjungi karena anda tidak akan menyesal dengan sajian alam lautnya nan indah…

Baca Juga : Inilah Tempat Menyelam (Diving) Terbaik di Indonesia yang Diakui Dunia

Salam

sumber utama dan telah terbit di h4lida.wordpress.com

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

2 Comments »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.