Hasil seleksi pada SNMPTN 2020 telah diumumkan hari ini melalui laman SNMPTN (http://pengumuman.snmptn.ac.id/) selamat kepada Anda yang telah dinyatakan lolos seleksi PT pilihan Anda.

Khusus untuk Anda yang diterima SNMPTN pilihan Universitas Negeri Semarang, berikut ini alur registrasi yang akan Anda lalui dan laksanakan.

Tata cara registrasinya ada sedikit perbedaan dengan registrasi SNMPTN tahun sebelumnya, hal ini karena situasi alam berkait dengan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Rangkaian ringkas kegiatan registrasi Anda seluruhnya daring, dan kegiatan terakhir calon mahasiswa adalah membawa berkas pendaftaran untuk ditukarkan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

  • Mengisi data pokok online untuk penentuan lolos KIP-Kuliah atau besaran Uang Kuliah Tunggal. Web http://datapokok.unnes.ac.id. Dilanjutkan dengan mengirim borang hasil isian dan mengirim fotokopi raport.
  • Lunas pembayaran (membayar – termasuk yang tidak lolok KIP-Kuliah), pembayaran biasa disebut registrasi administrasi, termasuk,
  • Registrasi dan verifikasi data, sehingga Anda menerima Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) menjelang masa penerimaan mahasiswa baru.

Hal-hal yang Menjadi Perhatian

Penting untuk setiap calon mahasiswa baru, mengetahui ini.

  • Registrasi ini dinamakan Registrasi Administrasi (Administratif), nanti akan ada lagi Registrasi Akademik.
  • Mengisi data dengan teliti dan benar: untuk NAMA diri sendiri, nama IBU KANDUNG, Tempat tanggal lahir, dam NIK (Nomor Induk Kependudukan). Ini termasuk data kunci.
  • Data Anda akan masuk Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI), menjelang usai satu semester silakan ngecek di http://pddikti.kemdikbud.go.id.
  • Tulislah dengan huruf yang bagus, tahu maksudnya misalnya ibu namanya ROHANA, tetapi di tulis ‘rohana‘ tulisan ini benar tetapi tidak bagus, karena huruf r seharusnya besar R, setidaknya ditulis Rohana.
  • Tulislah alamat sesuai yang diminta dalam formulir, jika hanya diminta alamat Jalan/Dusun, maka kasih itu saja Dsn Ngemplak (sudah jangan ditambah RT/RW apalagi Desa, kecuali diminta alamat lengkap).

Anda tidak boleh melewatkan pengisian Data Pokok pertama (Sosial Ekonomi Keluarga) asal mengisi saja, karena data-data tersebut akan digunakan sebagai dasar penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Silakan mengunduh Panduan Pengisian Data Pokok, dan sebaiknya dibaca dengan seksama.

Mengisi Data Pokok untuk Penentuan Besaran UKT dan Lolos KIP-Kuliah

Mengawali kegiatan registrasi sebagai mahasiswa, Anda diwajibkan mengisi Data Pokok mahasiswa.

Apa yang harus disiapkan disini?

Foto rumah lengkap dari segala sisi (tampak depan, tampak samping, tampang belakang, ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi, kamar tidur), scan dokumen PBB, listrik, telepon, STNK, penghasilan orang tua, dan lainnya.

1. Mengisi kelengkapan Data Pokok mahasiswa untuk menentukan besaran Uang Kuliah Tunggal dan atau lolos tidaknya beasiswa KIP-Kuliah, dilakukan secara daring dengan laman http://datapokok.unnes.ac.id (mulai tanggal 10 April – 20 April 2020).

Mungkin Anda baru bisa membuka laman Data Pokok sesuai dengan tanggal yang tertera, sehingga tidak setiap waktu berhasil membuka. Perhatikan tanggal-tanggalnya.

2. Mengirim berkas melalui jasa pengiriman pos, Borang A1 ke alamat yang telah tertera pada label borang tersebut, paling lambat 21 April 2020 (cap pos).

Dokumen dikirim dalam bentuk sudah dijilid rapi, sebaiknya menggunakan label yang sudah ada, tidak perlu tulisan tangan.

Surat Keterangan Lulus (SKL) belum diminta disini, tetapi fotokopi rapor sudah diminta.

Landmark Tugu Konservasi UNNES sekarang semakin instagramable (masih dalam pembangunan)

Mengirim Fotokopi Rapor

Dengan waktu yang hampir bersamaan, Anda harus memfotokopi raport kemudian dikirim ke Bagian Akademik Universitas Negeri Semarang, Gedung H (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Kota Semarang Jawa Tengah Kode Pos 50229.

Pengiriman paling lambat tanggal 21 April 2020 (cap pos), jadi waktu mengirimnya bisa bersamaan dengan dokumen Borang A1.

Raport semester terakhir mungkin belum keluar, cukup dikirim yang ada seperti yang dimasukkan dalam PDSS oleh sekolah.

Pengumuman Beasiswa KIP-Kuliah dan Biaya UKT, dan Pembayaran

Besar biaya pendidikan yang harus dibayar setiap calon mahasiswa diumumkan bersamaan dengan pengumuman Mahasiswa Penerima KIP-Kuliah pada tanggal 28 April 2020 di laman http://datapokok.unnes.ac.id.

Ingat — masih dilaman Data Pokok (kedua)

Maksud pengumuman yaitu untuk mengetahui Usulan KIP-Kuliah (bagi pendaftar) dinyatakan lolos seleksi atau tidak, setelah verifikasi lapangan. Jika KIP-Kuliah tidak lolos seleksi maka akan muncul besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) Anda.

Pengisian Data Pokok awal yang berisi data sosial ekonomi orang tua mahasiswa menjadi sangat penting bagi calon, sehingga tidak melewatkan waktu tersebut.

Kategori UKT akan muncul bersamaan dengan lolos atau tidaknya permohonan KIP-Kuliah, sehingga khusus pemohon KIP-Kuliah harap memerhatikan pengumuman tersebut.

Sehingga bagi pemohon KIP-Kuliah yang tidak lolos verifikasi dokumen dan verifikasi lapangan, akan dikenai UKT, sehingga wajib membayarnya pada waktu yang telah ditentukan.

Dengan keluarnya pengumuman UKT, silakan melakukan pembayaran (termasuk yang tidak lolos KIP-Kuliah) sesuai yang ditunjuk universitas yaitu BNI, BRI, dan BTN menunjukkan nomor pendaftaran.

Pembayaran mulai 29 April (sehari setelah pengumuman lolos KIP-Kuliah dan UKT) hingga 12 Mei 2020.

Pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai fasilitas yang disediakan bank tersebut, antara lain melalui ATM.

Dengan telah melakukan pembayaran atau dinyatakan lolos KIP-Kuliah maka calon mahasiswa telah melakukan registrasi administrasi, setelah ini yang dilakukan adalah Verifikasi Registrasi.

Registrasi dan Verifikasi Registrasi

Setelah dinyatakan lunas oleh sistem (beasiswa/bayar), langkah selanjutnya adalah registrasi (daftar ulang) dan verifikasi registrasi.

Registrasi dilaksanakan secara online atau daring sesuai tanggal yang telah ditentukan, karena diluar tanggal dari ketentuan, sistem akan tutup tidak bisa melakukan registrasi.

Anda disini menggunakan aplikasi Data Pokok kembali, laman http://datapokok.unnes.ac.id untuk melakukan serangkaian registrasi selanjutnya.

Ingat — masih dengan laman Data Pokok (ketiga)

Registrasi ini dilaksanakan mulai 13 Mei sd 15 Mei 2020, hanya dilaksanakan 3 (tiga) hari, calon mahasiswa harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan menghindari diakhir sesi.

Apa yang harus disiapkan disini, selain yang disebutkan didalam pengumuman?

File foto terbaru background warna merah, kalau tidak punya harus mengeditnya. Ingat foto ini akan dicetak di Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), jadi pilih yang keren.

File yang diminta dan tertera dalam pengumuman yaitu bukti bayar asli (jika melalui ATM struknya discan), ijazah atau SKL asli, bukti kewarganegaraan (jika punya).

Untuk mendapatkan file ijazah atau dokumen yang lain dengan cara scan dalam bentuk file JPG/JPEG bukan PDF, jangan difoto agar petugas verifikasi di Bagian Akademik lebih mudah membaca dokumen tersebut.

Baca juga : Beberapa Jenis Anggrek Diseputar Depan Rektorat Kampus UNNES Sekaran

Isi Formulir Registrasi

Mengisi dan melengkapi formulir registrasi, harus dilakukan dengan teliti dan benar.

Jika ada data yang sebelumnya salah maka ada kesempatan membetulkan disini, jangan dibiarkan salah, dan jangan mengisi sembangan (misal golongan darah belum tahu kemudian dikira-kira).

Untuk KTP elektronik yang belum jadi, mendapatkan NIK dengan cara melihat pada Kartu Keluarga (KK).

Setelah mengisi formulir registrasi dan unggah-unggah dokumen selesai, silakan menunggu data Anda diverifikasi oleh petugas.

Ingat! Jangan mengisi sesuatu yang tidak diminta oleh sistem, contoh alamat jalan/dusun, yang mestinya diisi nama Dusun atau nama Jalan misalnya lihat contoh diatas.

Dusun/Jalan : Dsn Ngemplak Desa Tawangsari RT04 RW20
permintaan ini mengisinya keliru seharusnya cukup Dsn Ngemplak, karena Desa/Kelurahan akan diminta diisian yang lain.

Verifikasi Dokumen Daring

Verifikasi dokumen oleh petugas dilakukan secara daring, dalam waktu yang ditentukan, silakan sabar menanti, sesuai batas waktunya.

Jika ada yang tidak beres dengan dokumen Anda, mungkin petugas akan menghubungi Anda, sementara nomor HP Anda jangan ganti dulu.

Setelah anda dinyatakan lolos verifikasi, langkah selanjutnya adalah mencetak Formulir R1, R2, R3, R4, dan R5.

Lembar R4 merupakan lembar bukti registrasi, yang didalamnya terdapat NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan sampel Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

Baca juga : Inilah Vertical Garden Taman Dinding di Kampus UNNES Sekaran 2019

BUKTI REGISTRASI

Dengan terbitnya R4 (Bukti Registrasi) yang dibangkitkan sendiri oleh calon mahasiswa UNNES dari sistim registrasi (datapokok.unnes.ac.id), maka Anda sudah resmi dinyatakan sebagai mahasiswa baru UNNES.

Formulir tersebut disimpan untuk ditukarkan dengan KTM Anda, kapan? Waktunya sesuai yang akan diumumkan di web BAKK (http://baakk.unnes.ac.id).

Coba mulai mengingat dan menghafal NIM Anda. Fakultasnya apa? karena saat Anda mendaftar adalah pada Program Studi, mungkin belum tahu nama Fakultasnya.

Baca Juga : Dingin Udara Pagi di Semarang Atas (Kampus UNNES Sekaran Gunungpati) – Musim Bediding

Silakan baca juga laman Penerimaan UNNES : Registrasi Administratif SNMPTN 2020 UNNES

Inilah sekilas mengenai cara registrasi mahasiswa baru jalur SNMPTN di Universitas Negeri Semarang.

Salam

oleh Eswedewea
editor LikKasjo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.