Sahabat Kissparry, ternyata ada saudara kita yang baru pertama kali mencoba rasanya buah matoa, eh.. mungkin Anda juga belum mencoba ya.

Seperti yang kita tahu bahwa di Indonesia yang wilayah tropis sangat banyak ditumbuhi tanaman buah-buahan, tanaman buah mudah tumbuh disini, antara lain ada buah Matoa.

“Baru pertama nyoba Buah Matoa.. setelah lama sekali penasaran gimana rasanya, buah ini…”, tulis Kissparry Batam II

Buah Matoa

Enak Budhe.. rasane susah diungkapkan dengan kata-kata.. 😄😄🤭🤭, ketika ditanya rasanya bagaimana.

“Iya itu rasanya manis ada gurih-gurihnya om, di Tumpang dulu tempatnya bu Paidi punya pohonnya, jadi sudah pernah mencicipi rasanya matoa”, sahut seorang saudara yang lain.

Ternyata buah matoa itu rasanya seperti kelengkeng, tapi lebih manis sedikit.

Tentang Matoa

Matoa (Pometia pinnata) adalah tanaman buah khas Papua. Pohon matoa tergolong besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dan berdiameter rata-rata maksimum 100 cm. Pohon matoa umumnya berbuah sekali dalam setahun. Dikutip dari Wikipedia.

Biasanya, pohon ini berbunga pada bulan Juli sampai Oktober dan berbuah tiga atau empat bulan kemudian. Penyebaran buah matoa di Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian ± 1200 m dpl.

Pohon ini tumbuh baik pada daerah yang kondisi tanahnya kering (tidak tergenang) dengan lapisan tanah yang tebal. 

Iklim yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang baik adalah iklim dengan curah hujan yang tinggi (>1200 mm/tahun).

Matoa juga terdapat di beberapa daerah di Sulawesi, Maluku, dan Papua New Guinea, bahkan sekarang telah menyebar ke hampir seluruh wilayah Indonesia.

Buah Matoa (Kissparry Batam)

“Disini ada pohonnya”, dan ketika Kissparry minta gambar lengkap dijawab “Dilanjut besok ya, ini mau motret pohonnya sudah malam, jadi besok pagi saja”, katanya.

6 (Enam) Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

Selain lezat, buah matoa ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat yang pertama adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Buah matoa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan zat yang bersifat diuresis.

Kandungan ini dapat meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari tubuh. Jika kadar cairan di dalam tubuh tinggi akan membuat tekanan darah meningkat.

Kedua, matoa dapat menangkal penyakit kronis. Hal ini dikarenakan, buah matoa memiliki kandungan zat tanin yang merupakan antioksidan.

Antioksidan sendiri merupakan penangkal utama radikal bebas yang menyerang tubuh.

Radikal bebas yang masuk dalam tubuh bisa menyebabkan sel-sel rusak hingga menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit, stroke dan diabetes.

Ketiga, matoa dapat meningkatkan kesuburan wanita. Buah matoa mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesuburan wanita.

Vitamin E yang ada di buah matoa mengandung antibodi yang mampu melindungi telur dan meningkatkan kesuburan sebesar 20-30%. Vitamin E juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Tepatnya, buah ini bisa meningkatkan regenerasi sel kulit yang dapat mengurangi tanda penuaan. Selain itu, vitamin E juga merupakan antioksidan yang bisa melindungi kulit dari paparan radikal bebas dan sinar UV.

Keempat, matoa kaya vitamin C yang berfungsi menangkal radikal bebas, kalsium dan kalium.

Kelima, matoa menghilangkan stress karena buah ini mengandung beberapa senyawa yang bisa digunakan sebagai obat penenang alami.

Dan yang terakhir, matoa mencegah jerawat. Buah berbentuk lonjong ini memiliki beberapa senyawa yang bersifat antimikroba sehingga bisa memerangi bakteri di kulit wajah penyebab jerawat.

Semoga bermanfaat ya, ternyata penasarannya sudah terobati.

Sampai jumpa, wassalam.

Kiriman Kissparry Batam II

diunggah Kissparry
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.