Obat Alami Asam Lambung yang Aman

Kita sering mendengar mungkin ada keluhan dari teman, asam lambung naik, atau bahkan keluhan itu datang dari diri sendiri.

Sebelum kita bahas tentang obat alami asam lambung yang aman, sebaiknya kita perlu tahu apa itu asam lambung.

Pengertian Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung terjadi karena naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Naiknya asam lambung merupakan kondisi yang umum namun bisa menimbulkan nyeri pada ulu hati. 

Ketika asam lambung naik, perut pasti terasa perih, ulu hati terasa nyeri, dan dada terasa panas seolah terbakar. Kalau sudah begini, sakitnya pasti ikut menghambat segala aktivitas yang mau kamu lakukan seharian.

Penyakit asam lambung juga bisa menyerang bayi, biasanya terjadi karena otot LES masih dalam tahap pertumbuhan. Gejala asam lambung naik pada bayi, antara lain gumoh atau sendawa setelah menyusu atau makan, penting untuk mewaspadainya jika gejala tak kunjung hilang setelah anak menginjak usia satu tahun. Dikutip dari Halodoc.com.

Obat Alami Asam Lambung

Supaya bisa lanjut beraktivitas tanpa terus-terusan tersiksa dengan perut perih, beberapa obat alami ini mungkin bisa membantu menurunkan asam lambung. Seperti dikutip dari promag.id.

Sebagian bahan-bahan untuk obat alami ini mungkin sudah sering digunakan atau telah tersedia, jadi sudah tidak asing lagi.

1. Teh jahe

Jahe yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ternyata juga berpotensi sebagai obat asam lambung alami.

Senyawa fenolat dalam jahe diyakini dapat meredakan iritasi pada saluran cerna dan mengurangi kontraksi lambung. Alhasil, kemungkinan terjadinya refluks asam lambung dapat dihindari.

Sensasi hangat dari jahe juga dapat membantu meredakan mual yang biasanya muncul saat asam lambung naik. 

Caranya, seduh satu sampai dua ruas jahe yang sudah di-geprek dalam air sampai mendidih.

Matikan api begitu aroma jahe sudah mulai tercium, dan tuang ke gelas. Tambahkan madu, gula merah cair, atau perasan lemon agar rasanya lebih nikmat. 

Minum teh jahe sekitar 30 menit sebelum makan untuk mencegah asam lambung naik setelah makan.

Namun, jangan konsumsi jahe dalam bentuk apa pun melebihi 3-4 gram dalam sehari. Terlalu banyak justru bisa membuat gejala kamu semakin parah.

2. Teh chamomile

Pamor teh chamomile selama ini lebih dikenal ampuh untuk membuat tidur lebih nyenyak dan meredakan stres atau kecemasan. Namun, tahukah kamu bahwa teh ini juga bisa bermanfaat sebagai obat alami asam lambung? 

Usut punya usut, teh chamomile dapat mengurangi jumlah asam lambung di saluran pencernaan. Sifat antiradang yang dimiliki teh herbal satu ini pun efektif membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan pada perut. 

Karena berbagai manfaat itulah, para ahli menyarankan orang yang sakit maag atau GERD untuk rutin minum secangkir teh chamomile di malam hari. Dengan begitu, kamu bisa tidur lebih nyenyak. 

3. Teh akar manis (licorice)

Obat alami lainnya yang bisa dicoba untuk mengatasi asam lambung adalah licorice. Orang awam lebih mengenalnya sebagai akar manis atau liquorice. Licorice sendiri merupakan akar dari tanaman Glycyrrhiza glabra.

Sejak dulu, licorice sudah digunakan sebagai obat alami untuk meredakan tukak lambung dan peradangan saluran cerna.

Licorice juga membantu menebalkan lendir mukosa yang melapisi kerongkongan agar lebih kebal menahan efek iritasi dari asam lambung. 

Caranya, cukup rebus akar licorice sampai mendidih dan minum airnya hangat-hangat. Kamu bisa minum teh licorice beberapa kali sehari sampai gejala membaik.

Namun, jangan gunakan terlalu banyak licorice. Batas aman untuk mengonsumsi akar licorice adalah kurang dari 2,5 gram per hari. 

4. Jus lidah buaya

Studi awal yang dimuat dalam Journal of Traditional Chinese Medicine menemukan manfaat tersembunyi lidah buaya untuk pengidap GERD. 

Hasil studi tersebut melaporkan bahwa orang dengan GERD yang minum 10 mililiter (ml) jus lidah buaya setiap hari selama 4 minggu merasakan gejalanya perlahan-lahan membaik.

Mereka masih mengalami kambuhnya gejala sesekali, tapi intensitas nyeri yang dirasakan jauh lebih ringan dari sebelumnya.

Lidah buaya dilaporkan membantu melawan bakteri H. pylori penyebab GERD, mencegah produksi asam lambung berlebih, serta mengurangi perandangan karena kenaikan asam lambung. 

Sebelum makan, kamu bisa minum setengah cangkir jus lidah buaya sebagai obat alami untuk mencegah kenaikan asam lambung setelahnya.

5. Ketela Pohon (Pohong)

Umbi ketela pohon atau pohong, bukan ketela rambat (telo), kita biasanya mudah mendapatkannya namun kadang juga susah.

Kalau tentang umbi ketela pohon ini merupakan resep yang diberikan oleh seorang teman yang tinggal di Tangerang (Banten).

Caranya umbi ketela pohon dikupas kemudian dicuci bersih, lalu dipotong kecil-kecil untuk kemudian dimakan langsung setiap pagi sebelum sarapan pagi, kemudian sore atau malam. Bisa juga untuk cemilan.

Biar tidak terkesan ‘nggragas‘ maka potonglah kecil-kecil sehingga bentuknya manis dan tidak kelihatan, namanya saja untuk obat.

Wah… nggak bisa model seperti itu, bagaimana kalau model lain. Karena ini pengalaman, sehingga mungkin bisa dimasak setengah matang.

Obat Maag (Lambung) – Resep Dokter

Anda mungkin perlu menyiapkan obat-obatan untuk berjaga-jaga dalam kondisi tertentu membutuhkan penanganan segera.

Jika perlu silakan konsultasi ke dokter anda, karena obat-obat alami biasanya memang efeknya jangka panjang.

Setidaknya obat yang mudah didapatkan disekitar kita.

Sekian semoga bermanfaat.

Diolah dari berbagai sumber.
oleh Kissparry
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.