Inilah Manfaat Kurma Sukari bagi Kesehatan

Kurma menjadi salah satu makanan khas selama Ramadan. Rasanya yang manis dan legit cocok dimakan saat berbuka puasa.

Setidaknya, terdapat 3.000 jenis kurma di dunia, namun tidak semuanya cocok untuk dikonsumsi. Merujuk Food and Agriculture Organization (FAO), hanya sekitar 200-400 varietas kurma yang diperdagangkan dan bisa dimakan. Salah satu yang menjadi favorit adalah kurma sukari. Dikutip dari CNN Indonesia (cnnindonesia.com).

Kurma Sukari (Sukkur)

Sukari atau dalam bahasa Arabnya ‘Sukkur’ berarti sugar atau gula. Sesuai dengan namanya, kurma sukari memiliki rasa yang manis dan berdaging lembut bak karamel.

Pun secara karakteristik, sukari terasa lebih lezat ketimbang kurma lain pada umumnya. Tak heran, buah berwarna keemasan ini menjadi salah satu jenis kurma yang disukai banyak orang. Beberapa orang senang memakannya langsung atau diolah sebagai campuran bahan kue, roti, sereal, maupun smoothie atau jus. 

Pada awalnya, kurma sukari dibudidayakan di wilayah Al Qaseem. Popularitasnya kemudian mendunia, terlebih di wilayah Asia Selatan. Masyarakat Arab Saudi percaya bahwa kurma sukari memiliki manfaat untuk kesehatan dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Nutrisi dalam Kurma Sukari

Selain unggul soal rasa, kurma sukari kaya serat, vitamin, dan nutrisi sehingga menjadi kudapan yang ideal.

Mengutip situs HerbPathy, kurma sukari memiliki manfaat kesehatan dan memiliki efek menyembuhkan karena kaya akan nutrisi, antara lain:

  • asam amino
  • zat tembaga (cooper)
  • florida
  • zat besi
  • vitamin A
  • magnesium
  • potasium

Jika Anda memiliki persediaan kurma di rumah dan mengonsumsinya setiap hari, Anda sebenarnya tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen makanan penambah vitamin.

Dengan beragam nutrisi di atas, dengan makan kurma sukari kecukupan gizi sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Kurma Sukari

Manfaat Kurma Sukari

Kurma adalah buah yang dianggap sebagai salah satu tanaman komersial, bahkan disebut dalam Alquran dan literatur ilmiah modern.

Merujuk National Center for Biotechnology Information, banyak penelitian menunjukkan manfaat kurma yang bertindak sebagai antioksidan kuat sehingga bisa menjadi terapi pengobatan berbagai penyembuhan penyakit. Tentunya dengan harga yang terjangkau dan tanpa efek samping.

Berikut 11 manfaat kurma sukari bagi kesehatan, dilansir dari berbagai sumber.

1. Melancarkan pencernaan

Kurma sukari mengandung tinggi serat alami yang bisa meningkatkan kesehatan usus dan melancarkan pencernaan. Bahkan menurut penelitian, makan kurma sukari lebih efektif dan tidak menyebabkan efek samping apa pun daripada mengonsumsi suplemen atau obat serat.

Jadi, jika Anda punya problem sembelit, makanlah beberapa buah sukari untuk melancarkan buang air besar.

2. Mengatasi anemia

Salah satu komposisi nutrisi yang terkandung dalam sukari adalah zat besi yang diandalkan untuk menyembuhkan anemia. Ketika tubuh kekurangan zat besi, gejala yang muncul seperti kelelahan, sesak napas, atau nyeri dada.

Menjadikan sukari sebagai camilan juga bisa menjaga aliran darah tetap lancar dan membersihkan darah.

3. Menurunkan berat badan

Program diet untuk menurunkan berat badan seringkali menyiksa dan membuat lapar. Kondisi ini justru tak baik bagi tubuh karena bisa melonjakkan gula darah dan membuat seseorang balas dendam untuk makan lebih banyak, sehingga upaya untuk diet pun bakal sia-sia.

Apabila Anda sedang membatasi makan, sukari bisa menjadi alternatif camilan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi diet. Ahli gizi merekomendasikan makan kurma 4-6 buah sudah bisa membuat perut kenyang lebih lama dan meningkatkan penyerapan usus.

4. Mencegah karies gigi

Kandungan unsur fluoride dalam kurma sukari ramah enamel yang dapat membantu mengembalikan kerusakan gigi. Selain itu, sebagai sumber serat yang baik, rutin mengonsumsi kurma sukari dapat merangsang produksi air liur terus mengalir. Ini membantu mempertahankan mineral yang bisa mencegah kerusakan gigi.

5. Meningkatkan penglihatan

Kurma sukari mengandung vitamin A yang berperan penting menjaga kesehatan penglihatan, pertumbuhan tulang, dan sistem imun.

Kekurangan vitamin A menyebabkan kornea kering, muncul kerutan pada bagian depan mata, bahkan kerusakan kornea yang berujung pada kebutaan. Untuk menjaga kesehatan mata dan kemampuan penglihatan, makan kurma sukari bisa menjadi opsi bagus.

6. Meningkatkan energi

Kandungan gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa dalam sukari mudah dicerna oleh tubuh dan memberikan dorongan energi instan. Untuk mendapatkan khasiat berenergi sepanjang hari, jadikan beberapa kurma sukari sebagai tambahan menu sarapan Anda.

7. Menurunkan kolesterol

Kandungan protein, serat, dan antioksidan berkhasiat untuk menurunkan kolesterol LDL, yang merupakan pemicu utama serangan jantung. Kurma juga berkhasiat mengurangi kadar trigliserida, sejenis lemak dalam darah.

Menjaga kolesterol dan trigliserida tetap stabil dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

8. Aman untuk penderita diabetes

Manisnya kurma umumnya menjadi makanan pantangan bagi penderita diabetes. Tapi pengecualian bagi kurma sukari. Selain itu, menurut penelitian, kurma sukari mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga tidak menghasilkan peningkatan gula darah.

9. Menyehatkan rambut

Orang yang memiliki masalah rambut rontok dan mudah patah bisa mulai mencoba kurma sukari untuk mengembalikan kesehatan rambutnya. Kandungan serat dan protein dapat mengembalikan kelembutan dan kilau rambut serta merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

10. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat yang paling tampak dari mengonsumsi kurma sukari sebagai camilan sehari-hari adalah kulit yang semakin sehat dan kenyal. Sukari kaya akan asam lemak, vitamin, dan phytonutrien yang bisa menghilangkan sel-sel kulit mati.

Jika perempuan ingin merawat kulit, makan kurma sukari juga bisa menjaga kesehatan kulit dari dalam dengan membuatnya tampak segar, cerah, dan lembap.

11. Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Potasium yang ada dalam kurma sukari bermanfaat bagi tubuh dengan menjaga keseimbangan cairan tubuh sekalipun di musim panas. Jika Anda merasa haus, selain minum air putih, meningkatkan asupan makanan kaya air seperti kurma sukari bisa mengatasi dehidrasi.

Kesebelas manfaat buah kurma sukari di atas membuktikan bahwa ada metode pengobatan alternatif yang aman dan efektif. Selain itu, tak sulit untuk mendapatkan buah kurma di pasaran, yang menciptakan optimisme di kalangan masyarakat untuk pencegahan beragam penyakit.


Sumber utama : CNN Indonesia, dan telah terbit dengan judul Manfaat Kurma Sukari bagi Kesehatan.

diunggah oleh Kissparry
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.