20 Manfaat Meniran untuk Kesehatan, mulai Daun, Batang, Akar, dan Bunga

Meniran (Phylanthus urinaria, L.) merupakan tanaman yang tumbuh liar bersama rerumputan lainnya yang banyak manfaatnya baik untuk kesehatan.

Berbahan meniran atau dipadu bersama dengan tumbuhan lainnya, dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan kesehatan, antara lain batu ginjal, diabetes, kanker, malaria, ayan, haid berlebihan, disentri.

meniran

Meniran (Phylanthus urinaria, Linn.)

Sinonim dari meniran Phylanthus alatus, BI. P. cantonensis, Homen., P. echinatus, Wall. P. lepidocarpus, Sieb.et. Zucc P. leprocarpus, Weight. Meniran merupakan familia dari Euphorbiaceae.

Tanaman ini batangnya berbentuk bulat, basah dengan ketinggian kurang dari 50 cm., dalam kondisi tanah subur tinggi meniran bisa mencapai 100 cm lebih.

Daunnya mempunyai daun yang bersirip genap setiap satu tangkai daun terdiri dari daun majemuk yang mempunyai ukuran kecil dan berbentuk lonjong. Bunga terdapat pada ketiak daun menghadap ke arah bawah.

Tumbuhan ini berasal dari daerah tropis yang tumbuh liar di hutan, ladang, kebun maupun halaman rumah, pada umumnya tidak dipelihara, karena dianggap tumbuhan rumput biasa.

Meniran tumbuh subur di tempat yang lembab pada dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut.

Senyawa kimia yang terkandung didalam tumbuhan meniran yaitu zat filantin, kalium, mineral, damar, zat penyamak.

Nama Meniran di Berbagai Daerah

Sebutan meniran di beberapa negara atau wilayah Indonesia.

  • Child Pick A Back (Inggris)
  • Kilanelli (India)
  • Meniran (Jawa – Indonesia)
  • Zheu Chu Cao, Ye Xia Zhu (China)
  • Gasau Mandungi (Ternate – Indonesia)

Nama ditempat Anda apa? silakan tulis di kolom komentar.

Khasiat Meniran

Secara umum meniran memang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Daun, batang daun, dan akar tanaman meniran ini digunakan sebagai obat herbal yang dipercaya bisa mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat daun meniran ini biasa diolah menjadi suplemen dalam bentuk bubuk atau sirup. Jika diolah sendiri, biasanya dengan cara direbus.

Dosis rata-rata untuk mengonsumsi ekstrak daun meniran adalah satu kapsul 500 miligram per hari. Daun meniran juga bisa dikonsumsi dalam bentuk teh seduhan.

Meski bermanfaat, konsumsi daun meniran juga memerlukan saran dari dokter karena kandungan daun meniran bisa memengaruhi efek obat lainnya.

Mandaat daun meniran adalah obat tradisional yang populer dengan khasiat obat yang kuat. Beberapa penelitian mendukung penggunaannya untuk batu ginjal, batu empedu, kesehatan hati, dan diabetes.

Manfaat daun meniran juga dikenal dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Manfaat meniran yaitu:

  • obat batu ginjal (kencing batu) dan saluran kencing, peluruh seni, kencing nanah
  • obat hepatitis (sakit kuning)
  • obat digigit anjing gila
  • obat Nephritic edema dan radang ginjal
  • obat untuk rematik (peradangan)
  • obat bisul di kelopak mata
  • obat rabun senja
  • obat disentri

  • obat luar (luka koreng)
  • obat bakar kena api atau air panas
  • obat jerawat
  • obat sakit Malaria
  • obat sakit ayan
  • obat sakit demam
  • obat batuk
  • obat haid berlebihan
  • antioksidan
  • mencegah virus
  • tukak lambung
  • atasi diabetes
  • atasi darah tinggi
  • mencegah kanker
  • meningkatkan sistem imun tubuh

Senyawa Aktif dalam Daun Meniran

Manfaat khasiat daun meniran untuk pengobatan dan kesehatan dapat diperoleh karena daun meniran sangat kaya akan berbagai kandungan kimia, antara lain: phyllanthin, hypophyllanthin, niranthin, nirtetrali, nirurin, nirurinetin, norsecurinine, phyllanthenol, phyllnirurin, phylltetrin, quercitrin, quercetin, ricinoleic acid, rutin, salicylic acidmethyl ester, garlic acid, ascorbic acid, hinokinin, hydroxy niranthin, isolintetralin, dan isoquercetin.

Senyawa lain yang terkandung dalam Meniran adalah beta-d-xylopyranoside dan beta-sitosteroy. Senyawa lain yang baru ditemukanadalah seco-4-hidroksilintetralin, seco-isoarisiresinol trimetil eter, hidroksinirantin, dibenzilbutirolakton, nirfilin, dan neolignan.

Manfaat yang Paling Menonjol

Manfaat yang paling menonjol dari meniran adalah untuk peluruh batu ginjal dan peluruh batu empedu, termasuk untuk keluhan sakit pinggang.

Pemakaiannya bersamaan dengan produk yang lain yang sifatnya saling melengkapi atau mendukung guna mengatasi gangguan kesehatan tersebut.

Cara Pemakaian dan Penjelasan

Dosis rata-rata untuk mengonsumsi ekstrak daun meniran adalah satu kapsul 500 miligram per hari. Daun meniran juga bisa dikonsumsi dalam bentuk teh seduhan.

Meskipun bermanfaat, konsumsi daun meniran juga memerlukan saran dari dokter karena kandungan daun meniran bisa memengaruhi efek obat lainnya.

Pemakaian dengan obat lain, biasanya diberi tenggang waktu sekitar 1 (satu) jam atau lebih.

Jika disini kami menguraikan misalnya direbus terdiri dari ini dan ini, maka bahan tersebut dapat diganti dengan yang ekstrak misalnya sudah dalam kemasan kapsul. Untuk dosis silakan mengikuti anjuran atau saran yang ada.

Untuk mengatasi penyakit-penyakit (tertentu), daun meniran juga dipadu dengan tanaman yang lain atau bahan lain seperti madu, temulawak, kayu manis.

Disini kami akan memulai dengan penjelasan secara umum.

1. Antioksidan

Antioksidan melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit. Antioksidan dapat memperkuat kekebalan tubuh dan mencegah timbulnya penyakit. Menurut sebuah studi di Vitro 2014, ekstrak yang terbuat dari daun phyllanthus niruri menunjukkan aktivitas antioksidan yang kuat. Dikutip dari Healthline.

Antioksidan berkaitan erat dengan berbagai macam penyakit, karena memperkuat kekebalan tubuh dan mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

2. Mencegah Virus

Daun meniran diteliti dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus. Sebuah studi 2013 meneliti efek dari empat spesies Phyllanthus pada virus herpes simplex dalam kultur sel. Daun meniran dapat memerangi infeksi ini.

Studi lain menunjukkan bahwa Phyllanthus niruri dapat membantu mengobati infeksi lain, seperti hepatitis B dan HIV. Ini membuat daun meniran mampu menjaga daya tahan tubuh dengan mencegah datangnya infeksi. Dikutip dari liputan6.

3. Cegah (obat) Batu Ginjal dan Saluran Kemih

Phyllanthus urinaria L. dapat membantu memecah atau mengurangi ukuran batu yang terbentuk di saluran kemih dan ginjal. Phyllanthus urinaria dapat membantu mengendurkan ureter setelah lithotripsy untuk membantu batu keluar.

Lithotripsy adalah prosedur yang digunakan untuk memecah batu di saluran kemih. Ekstrak daun meniran juga mencegah pembentukan batu dan dengan menghentikan kristal yang terbentuk.

Untuk peluruh batu ginjal, meniran ditambah daun keji beling dan akar alang-alang, dengan cara direbus dan diminum. Namun membeli dalam bentuk jadi, dapat dibeli di apotik atau toko obat. Berdasarkan pengalaman ibu.

Cara Pengolahan

Cara pengolahan cuci bersih sebanyak 30 gram daun meniran segar, 30 gram daun sendok, dan 30 gram daun tempuyung. Rebuslah semua bahan menggunakan 4 gelas air dan biarkan hanya tersisa sebanyak 1 gelas.

Biarkan mendingin kemudian saring air rebusan tadi air ramuan diminum 1 kali sehari pada pagi hari dan sore hari.

Bahan-bahan ini juga telah tersedia dalam betuk jadi per-item dalam bentuk kapsul atau sekaligus dalam bentuk cair.

4. Obat Tekanan Darah Tinggi

Beberapa praktisi pengobatan herbal menggunakan meniran sebagai diuretik. Dalam sebuah studi 2018, peneliti menemukan bahwa Phyllanthus urianaria memiliki efek diuretik pada tikus, meningkatkan ekskresi natrium dalam urin.

Diuretik menghilangkan air dan natrium dari tubuh. Mereka dapat membantu mengobati tekanan darah tinggi dan berbagai kondisi lainnya.

5. Mengatasi Diabetes

Daun meniran juga memiliki sifat antidiabetes. Kandungan dalam daun meniran dapat membantu mencegah penyerapan glukosa dan meningkatkan penyimpanan glukosa. Ini dapat membantu menjaga kadar gula darah.

Para peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak tanaman dapat membantu menurunkan gula darah puasa dan mencegah lonjakan gula darah.


Halaman selanjutnya : Mencegah Kanker, Hepatitis B, dll

Pages: 1 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.