Sepertinya tidak mungkin, tetapi berdasarkan pengalaman ketika saya mengkonsumsi pepaya rutin setiap hari waktunya lebih kurang 9 bulan, saat ini saya lepas obat menurunkan tensi darah.

Berdasarkan pengalaman dan kisah nyata ini, yaitu tentang mengkonsumsi buah pepaya secara rutin akhirnya tensi kembali normal. Mungkin secara klinis, nggak ada kaitan antara makan buah pepaya dengan tekanan darah (tensi) tinggi.

Tekanan darah tertinggi saya pernah 180/100 dan ketika saya menyampaikan ke dokter saat kontrol, jika saya rutin mengkonsumsi pepaya yang membuat tekanan sekarang cenderung normal 117/60 dan sekitarnya.

Petik pepaya sendiri di kampung (Tawangsari, Teras, Kab. Boyolali)

Oleh dokter agar mencoba tidak makan pepaya, biar tahu efeknya, tetapi sudah terlanjur terbiasa sehingga ya agak susah juga jika akan melepaskan dari makan pepaya.

Kandungan potassium atau kalium dalam buah pepaya sangat tinggi bahkan bisa dikatakan lebih tinggi dari melon dan tomat, namun aman karena airnya dapat larut saat di lambung.

Mengikuti Jejak Teman

Konsumsi pepaya secara teratur ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah (bahkan bisa menjadi normal kembali).

Buah Pepaya

Dahulu tekanan darah saya cenderung tinggi, bahkan sempat opname di rumah sakit (Desember 2018) karena tensi yang tinggi (180/90) disertai pusing keliling, pernah tensinya 180/100 lebih.

Namun setelah 9 bulan konsumsi pepaya rutin, tanpa saya sadari, sekarang tensi normal dan cenderung rendah, bahkan obat tensi yang diberikan dokter tidak saya minum untuk beberapa bulan, dan sekarang saya sudah lepas dari obat tensi Amplodipine 10 ml / 5 ml.

Sebenarnya pengalaman ini datang dari pengalaman teman saya yang rutin makan pepaya, saya sebenarnya juga rutin tetapi memang tidak seperti teman saya tersebut.

Akhirnya saya menggunakan resep teman saya yang tensinya cenderung normal, sedangkan ia juga diberi obat tensi oleh dokter sampai sekarang, tetapi katanya kalau sudah banyak akhirnya obatnya dibakar. “Wah… eman-eman tho pak.. khan bisa diberikan teman yang membutuhkan obat tersebut”.

Sudah sekitar 5 bulan ini, obat tensi amlodipin 10 ml hilang dari daftar resep saya, itu artinya saya sudah lepas dengan obat tensi.

Meskipun, sudah lepas obat tensi tetapi saya masih menyimpang dirumah sebagai cadangan jika suatu waktu tensi melonjak. Berdasarkan pengalaman, tensi tertinggi terakhir yang pernah saya alami yaitu 136/80, namun akhirnya kemudian kembali ke 118/60 dan sekitarnya.

Pernah Tensi Drop (Rendah)

Bagaimana sampai bisa tensi saya drop, itu dia sudah saya ceritakan diatas, habis minum jus jambu + makan anggur, makan anggur lagi, makan melon, dan pepaya tidak ketinggalan tentunya.

Ternyata buah-buah itu cenderung menurunkan tensi, sehingga bikin drop atau turun berlebih.

Teknik Konsumsi

Teknik konsumsi pepaya yang saya gunakan berdasarkan teknik yang disampaikan teman kepada saya, sederhana banget tapi butuh rutin dan sabar.

Tekniknya bagaimana, sederhana, kata teman saya, saat haus minumnya buah pepaya atau jus pepaya, ambil sepotong, haus ambil lagi sepotong dari kulkas lagi, kok bisa ya…., apa tidak bosan, buah pepaya tidak membosankan, haus minum air pepaya…. manis alami.

Berapa Harga Pepaya

Teman saya, dia bercerita makan pepaya yang seharga Rp 8.000,- an bisa habis sehari, kalau besar bisa beberapa hari, pepaya disimpan di kulkas.

Kalau saya tidak tahu seharga berapa, karena tidak menanyakan harganya pepaya berapa mungkin hampir sama.

Pepaya yang ingin super manis beli saja pepaya California sekarang tanaman pepaya California lokal sudah banyak dengan harga yang lebih murah.

Tetap Makan Pepaya

Sampai sekarang saya masih rutin makan buah pepaya, hanya sedikit mengurangi volumenya, menyesuaikan dengan keadaan.

Saat dokter menyarankan mencoba menghentikan sementara makan buah pepaya, karena mungkin sudah terbiasa, jadinya susah untuk berhenti, tetapi kalau mengurangi itu saya lakukan.

Kuncinya adalah sabar dan tetap semangat, karena kebanyakan dari mereka adalah rasa bosan, kok lama, padahal mereka konsumsi obat tensi itu sudah lama bahkan bertahun-tahun.

Sekian

Semoga bermanfaat, dan yang mau mencoba, silakan semoga berhasil

Catatan: sudah ada beberapa teman lain yang mencoba

Antara orang per orang akan memiliki efek yang berbeda, jangan lupa tetap sesuai anjuran ahli kesehatan Anda.

Salam sehat dan sukses, serta tetap semangat.

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.