Kampung Siaga Candi Hebat Dibentuk di RW09 Tegalsari Candisari Kota Semarang

Kampung Siaga Candi Hebat merupakan program pemerintah Kota Semarang yang diaplikasikan melalui organ dibawahnya yaitu Kelurahan, nama mungkin beda, di Candisari namanya Kampung Siaga Candi Hebat.

Kampung Siaga Candi Hebat di RW09 Kelurahan Tegalsari dibentuk malam ini (22/07) bertempat di Balai Posyandu RW09, langsung dipimpin oleh Lurah Tegalsari ibu Sri Martini SSos MA didampingi Bhabinkamtibmas Karmani dan Babinsa Wantono.

Kecamatan Candisari membentuk Kampung Siaga Candi Hebat untuk tiap-tiap kelurahan diwajibkan membentuk dua buah, seperti halnya disampaikan oleh Lurah Tegalsari, Sri Martini SSos MA.

Wantono (Babinsa), Sri Martini (Lurah Tegalsari), dan Karmani (Bhabinkamtibmas), memimpin rapat pembentukan Kampung Siaga Candi Hebat RW09 Tegalsari Kota Semarang

Ibu Sri panggilan akrab beliau juga menyampaikan bahwa untuk Kelurahan Tegalsari telah membetuk kampung yang sama di RW04, kemudian di RW09 ini, katanya.

Pembentukan kampung ini tidak lepas dari meningkatnya kasus Covis-19 di Kota Semarang yang terjadi akhir-akhir ini, grafiknya tidak menurun tapi menanjak.

RW09 dinilai telah siap membentuk Kampung Siaga Candi Hebat karena telah melaksanakan beberapa kegiatan terkait yang menjadi persyaratan.

Disamping itu lokasinya memang strategis untuk lalu lalang keluar masuk dengan adanya jalan poros yang tembus ke RW08 RW02 bahkan RW01.

Lurah Tegalsari juga menyampaikan bahwa, pertemuan semacam ini sebenarnya belum boleh dilaksanakan, tetapi karena ini adalah hal mendesak dan tidak bisa kita diskusikan melalui medsos, maka terpaksa kita laksanakan, namun kita tetap dengan protokol kesehatan, semoga kegiatan ini mendapat ridhoNya dan kita senantiasa diberikan kesehatan, katanya.

Menjadi persyaratan Kampung Siaga Candi Hebat diantaranya masyarakatnya peduli dan gotong royong, adanya lumbung tiap RT, ronda (siskamling), portal, tempat cuci tangan di lokasi strategis, tempat dapur umum, ruang isolasi juga tersedia.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas, Karmani menyampaikan bahwa tujuan dibentuknya Kampung Siaga ini yang kemudian diberinama Kampung Siaga Candi Hebat oleh Bapak Camat Candisari, ada 4 (empat) hal penting, yaitu a) Tangguh kesehatan, b) Tangguh Sosial Ekonomi, c) Tangguh Keamanan, dan d) Tangguh Informasi.

Penerapan dari ketangguhan yang empat yaitu diantaranya tentang kesehatan meliputi pemakaian masker setiap saat, cuci tangan dengan sabun, dan lainnya, sedang tangguh sosial ekonomi ada kegiatan gotong royong saling berbagi, tangguh keamanan dengan siskamling (ronda).

Tentang tangguh informasi, bahwa tim ini senantiasa mengkampanyekan tentang cara hidup sehat disetiap kesempatan, dan paling utama adalah memakai masker, terangnya.

Babinsa, Lurah, Bhabinkamtibmas, Ketua RW09, Ketua PKK RW09 dalam acara pembentukan Kampung Siaga Candi Hebat di RW09 Tegalsari

Tidak ketinggalan Babinsa Tegalsari Wantono, menambahkan tentang latar belakang dibentuknya Kampung Siaga Candi Hebat ini karena di Kota Semarang untuk pandemi Covid-19 belum berakhir, bahkan akhir-akhir ini bisa dikatakan puncaknya.

Usulannya, Kampung Siaga Candi Hebat RW09 Tegalsari langsung diketuai oleh Ketua RW09 Tegalsari, Satimin, dan kelengkapan beberapa organ pengurus langsung ditentukan malam ini.

Bidang-bidang dalam organisasi pengelola Kampung Siaga Candi Hebat RW09 Tegalsari yang vital langsung ditunjuk personel yang kompeten.

Usulan pengurus Kampung Siaga Candi Hebat RW09 kemudian akan disampaikan ke Lurah (kantor kelurahan) untuk mendapat persetujuan dari Lurah.

Sebagai warga masyarakat kita memang selalu dan harus mendukung apa yang menjadi program dari pengurus wilayah (Pemkota), pesan dari Ketua RW yang sekaligus sebagai Koordinator/Ketua Kampung Siaga Candi Hebat RW09 Tegalsari.

Ia pun menghimbau dan mengajak untuk senantiasa bekerja sama untuk kebersamaan dalam rangka kemajuan wilayahnya.

Acara masih diakhiri dengan tanya jawab, dan penyampaian program-program terdekat, dan Lurah berpesan karena belum ada panduan dalam melaksanakan malam tirakatan malam HUT Kemerdekaan yang tinggal menghitung hari, mari kita berdoa dan bertirak dirumah untuk kesehatan kita semua.

Hadir dalam pembentukan Kampung Siaga Candi Hebat, disamping dari unsur pimpinan kelurahan, dan keamanan tingkat kelurahan, juga dihadiri oleh ibu-ibu PKK RT se-RW09 juga tidak ketinggalan Ketua RT dan para tokoh masyarakat.

Istilah

Bintara Pembina Desa atau Babinsa adalah unsur pelaksanaan Koramil, Pos TNI AL, dan Lanud yang bertugas melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah pedesaan/kelurahan. Wikipedia.

Bhabinkamtibmas singkatan dari Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat adalah petugas POLRI yang bertugas di tingkat desa sampai dengan kelurahan yang bertugas mengemban fungsi Prevemtif dengan cara bermitra dengan masyarakat.

Kampung Siaga Candi Hebat ada yang menyingat dengan KASICH merupakan organisasi sosial yang berada di tingkat Kelurahan di Kecamatan Candisari sebagai bentuk kepedulian masyarakat untuk pencegahan Covid-19 secara komprehensif yaitu melalui tangguh kesehatan, tangguh sosial ekonomi, tangguh keamanan, dan tangguh informasi.

Kampung Siaga di Kecamatan lain di Kota Semarang, mungkin akan berbeda nama.

Salam, semoga bermanfaat, berkah, tetap semangat dan selalu sehat.

oleh Eswede Weanind
editor Lik Kasjo

2 replies

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.