Beginilah caranya jika punya hp smartphone lawas tetap bisa eksis dan dianggap Hp nya selalu upgrade yang terbaru, padahal tidak.

Apakah teman-teman tahu yang saya maksudkan dengan prolog dan judul tulisan ini? Bagi yang smartphone suka kasih warning memori penuh, silakan lanjut baca, dan yang tidak terserahlah Anda.

Ya, dalam kesempatan ini saya akan berbagi tips atau cara. Setidaknya, untuk menjaga imej agar kita nggak dikira pakai HP jadul banget, kejadiannya seperti apa sih? seperti Anda keluar grup medsos gegara hp-nya suka penuh.

Jadi, jika ada tiba-tiba ada orang keluar grup WhatsApp (WA) tanpa sebab, misalnya, maka dapat ditebak ia itu jenuh, atau HP nya suka bilang memori penuh, atau ke-reset sistemnya tanpa sengaja atau disengaja karena ganti hp baru tidak tahu caranya.

Tebakan Anda benar, bahwa dia pilah-pilih grup yang paling relevan menurutnya, kerana smartphone yang digunakan suka bilang jika memori penuh.

Sehingga sobat jangan risau terhadap HP yang suka kasih warning memori penuh, cukup sabar agar kita harus tetap eksis bermedsos ria, karena saya akan kasih tips berdasar pengalamanku selama ini.

Matahari terbit di Karimunjawa, menikmati indahnya pagi di Karimun

Mengenal Memori HP (ROM dan RAM)

Sebelum dilanjut tentang bagaimana cara mencegah HP memori penyimpanan penuh, mari sejenak mengenal apa itu memori. Ini sebenarnya hampir sama dengan komputer.

Semua aplikasi akan tersimpan dalam memori, lalu mengapa ada ROM dan mengapa ada RAM. ROM tersemat dalam HP sedang RAM bisa pasang cabut.

ROM juga dikenal sebagai internal memori, merupakan tempat penyimpan utama dalam smartphone kita, aplikasi akan tersimpan atau istilahnya akan terinstal di sini.

RAM juga dikenal sebagai eksternal memori, merupakan tempat penyimpanan tambahan dalam smartphone kita, biasanya memori ini untuk menyimpan foto-foto, gambar-gambar, dokumen-dokumen, termasuk dokumen yang berasal dari simpanan aplikasi.

Apa itu, Memori Penuh

Biasanya memori HP yang sering penuh itu bagian ROM-nya atau internal memori yang disematkan dalam HP-nya sebagai menu bawaan.

Jarang sekali, ekternal memori segera penuh karena biasanya memori tambahan ini kapasitasnya lebih besar.

Memori internal, juga memengaruhi harga dari smartphone tersebut, karena biasanya ada perangkat tambahan, seperti pendingin atau dan sejenisnya.

Baru saja saya dapat rekomendasi dari teman untuk ganti HP dengan ROM 4GM dan RAM 64GB, katanya untuk persiapan jangka agak panjang sekalian, karena memori internal HP yang saya pegang sekarang hanya 1GB dan memori eksternal 16GB. Wow… sudah perlu ganti HP katanya.

Menjelang matahari terbit di Karimunjawa

Mengatasi Memori Internal Penuh Berdasar Pengalaman

Inilah cara saya mengatasi memori HP agar tidak penuh, disini mungkin ada yang ekstrim sekali, yakni menghapus seluruh percakapan yang ada, tetapi ini jangan di tiru, atau ini seperti yang biasa Anda lakukan juga, bila memiliki kasus seperti ini.

Pertama, secara berkala, bisa dua bulan atau tiga bulan sekali memindahkan dokumen baik beruba gambar video ke dalam memori lain, misalnya laptop.

Ternyata cara pertama ini pun masih kurang manjur, mengingat kepesertaan grup yang jumlahnya lumayan banyak, dan mereka itu teman-teman sekarang suka menggunakan *STIKER* untuk berucap, apa misalnya stiker itu.

Stiker ini rata-rata menggunakan besaran file 24,9 KB sedikit, tetapi kalau berlipat-lipat jadi banyak dan besar dalam menggunakan memori.

Caranya:

  • Colokkan smartphone dengan laptop atau komputer kemudian masuklah ke drive menuju memori internal, setelah ini
  • buatlah folder di laptop Anda, sesuaikan peruntukannya agar mudah menemukan kembali.
  • Tujulah dimana file/dokumen berada untuk dipindahkan. Sebaiknya bedakan antara file gambar, file video, file stiker, file dokumen
  • lakukan pemindahan, langsung blok file cut / potong/ambil file dan paste/tempel file di folder laptop yang sudah dibikin

Kedua, menghapus semua stiker yang muncul dengan segera, termasuk gambar atau video yang kita anggap kurang berbobot atau bermutu, atau gambar dan video yang kurang dianggap penting.

Dengan kedua cara itupun kita sudah dibuat sibuk dengan gadget yang kita pakai, pasalnya menghapus dalam sehari yang jumlahnya puluhan atau ratusan bisa menghabiskan waktu dan energi.

Tetapi, kita tidak bisa meminta teman untuk tidak melakukan itu. Jika tidak terpaksa.

Caranya :

Klik gambar atau stiker atau blok yang akan dihapus dengan menekan hingga keluar tanpa hapus, copy, salin. Pilihlah HAPUS.

Ketiga, tidak membuka setiap video atau gambar yang tidak disertai dengan keterangan yang cukup untuk isi video dan gambar tersebut.

Kalau terpaksa buka video atau gambar, dan menarik buat Anda silakan video dan gambar dipindah ke memori eksternal, atau kalau tidak ya hapus dengan segera.

Jangan lupa mengatur Medsos anda untuk tidak selalu otomatis membuka setiap kiriman gambar atau video.

Bila sudah terlanjur di buka dan di tonton, mungkin video kurang menarik bisa langsung di hapus saja.

Caranya: seperti menghapus gambar.

Keempat, ini cara yang paling ekstrim, yaitu menghapus semua percakapan dalam grup tersebut, dan ini terus terang sering saya lakukan, setelah langkah tersebut diatas sudah dilakukan.

Namun, jangan lupa ditandai untuk dokumen atau yang kita anggap penting agar tidak ikut terhapus.

Caranya :

Klik titik tiga, pilih HAPUS PERCAKAPAN.

Ayanaz Gedongsongo, Bandungan di area Candi Gedong Songo, Model Rindu
(Dok Kissparry 06-09-2020)

Langkah kelima, bersiaplah ganti HP baru, kalau beli tanyakan apakah dokumen medsos bisa tersimpan di eksternal memori (RAM)? Kalau nggak bisa carilah yang bisa, sebelum terlanjur.

Tidak Tega Menghapus Percakapan dalam Grup

Apa boleh buat, karena kondisi HP kita yang memang terbatas, dan oleh sebab itu jika ada sesuatu yang sekiranya menarik bisa dipindahkan. Kalau saya ada yang saya kutip ke blog ini.

Jadi percakapan yang sekiranya hanya obrolan biasa atau bahkan hanya guyonan berteman, kita harus tega menghilangkan dari layar kita.

Pernahkan Eksternal Memori Penuh?

Jika memori internal sering penuh, maka pasti jawabnya memori eksternal belum pernah penuh, karena biasanya ketika memindah file di memori internal sekalian yang ada di eksternal juga dipindah.

Oke…. kalau ada tanya-tanya silakan di kolom komentar ya!

Dan, inilah sekadar berbagi pengalaman mengatasi smartphone yang sukanya memori penuh.

Semoga bermanfaat, dan Wassalam

oleh Indarsih Weanind
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.