Gaya Hidup Pendidikan Serba Serbi Smart Teknologi Universitas

Apa Itu Verval PDDikti, Verifikasi Data di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Indonesia

Verval itu kependekan dari verifikasi dan validasi data, merupakan istilah baru yang sedang ngetren di dunia pendidikan tinggi Indonesia, istilah ini muncul setelah adanya Sivil (Sistem Verifikasi Ijazah secara Online).

Sahabat Kissparry, semoga semuanya tetap sehat dan bahagia, kali ini coba kita bincang ringan tentang verval. Sebenarnya apa itu verval yang istilahnya sedang ngehit ngetren dikalangan pendidik dan perguruan tinggi di Indonesia.

Kelahiran istilah verval tidak lepas dari SIVIL atau Sistem Verifikasi Ijazah secara Online dan kondisi saat ini masa Pandemi Covid-19.

Mengapa? Ya, karena saya mendengar istilah verval pertama kali berkaitan bantuan kuota internet untuk murid, mahasiswa, guru, dan dosen atau pelajar dan pendidik di Indonesia saat Pandemi Covid-19.

Kemudian istilah verval menjadi semakin ngetren saat ada pendaftaran PPPK (P3K) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang mensyaratkan nomor ijazahnya harus terverifikasi di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) melalui SIVIL.

Verval menjadi istilah bar untuk meringkas sebuah kata yaitu verifikasi dan validasi data khususnya di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

Berbarengan dengan ini saya mendengar istilah TIK yang biasa dalam benak kita kepanjangan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, tetapi istilah TIK yang baru adalah sebutan untuk Taman Indonesia Kaya yang ada di Kota Semarang.

Bonus lagu Kisah kasih di Sekolah:

Kisah Kasih Di Sekolah – Chrisye

Verval PDDikti Itu Apa?

Verval sama dengan verifikasi dan validasi, keduanya merupakan suatu kegiatan untuk mengecek keabsahan atau kebenaran suatu data.

verifikasi/ve·ri·fi·ka·si/ /vérifikasi/ n yaitu pemeriksaan tentang kebenaran laporan, pernyataan, perhitungan uang, dan sebagainya, dikutip dari https://kbbi.web.id/verifikasi.

validasi n 1 pengesahan; 2 pengujian kebenaran atas sesuatu;
memvalidasi v 1 mengesahkan; 2 menguji

PDDikti kependekan dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, yang mana seluruh perguruan tinggi di Indonesia wajib mendatakan mahasiswa, dosen, dan lain-lainnya termasuk riwayat akademik pada Pangkalan Data Dikti tersebut.

Pendataan data tersebut ada masanya sebagaimana kelahiran dari PDDikti yang semula bernama EPSBED kemudian lebur menjadi PDPT lalu FORLAP yang terakhir PDDIKTI (sesuai Undang-undangnya).

Dari sejarahnya, kegiatan ini sebenarnya mengakomodasi perubahan peradaban dari dunia nyata ke dunia maya. Makanya tags ini saya pilih diantaranya Gaya Hidup.

Jika dulu setiap program studi atau jurusan diakhir kegiatan semesteran belajar mereka membuat laporan ke Dikti pada kertas-kertas yang dijilid sangat tebal maka sistem pelaporan kemudian dibuat secara elektronik.

Pak Saya Kok Nggak Ada di Verval Sih?

Saya tidak butuh Surat Keterangan tetapi butuh tercantum di Verval, tolong dong?

Karena ini maka saya mencoba membuat tulisan ringan tentang verval. Sepertinya masih banyak yang kurang faham dengan istilah ini.

Maka saya jawab :
Lho Anda sudah di Verval dan surat itu adalah bukti jika Anda sudah di Verval oleh pihak kampus Anda. Jika Anda terdaftar di SIVIL atau PDDIKTI maka vervalnya berarti online, tetapi kalau dapatnya Surat Keterangan maka vervalnya offline.

Baca juga : Inilah Penjelasan Mahasiswa (Baru) Masuk Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI), Sejak 2003

Saya sudah ada dalam SIVIL, tapi saya masih ragu-ragu, bolehkan saya minta Surat Keterangan seperti teman saya, saya lebih mantap jika memegang langsung Surat Keterangan Rektor!

Sepertinya kalau sudah online nggak akan dilayani secara offline kecuali ada hal-hal yang berbeda.

Ternyata juga ada yang sebaliknya, lebih senang yang pegang surat langsung, oleh sebab itu silakan cetak tangkapan layarnya dari hasil Verval.

Baca juga : Cara Melihat Data Ijazah di SIVIL dan Data di PDDikti, Mana Lebih Penting untuk Daftar CPNS

Ibu-ibu generasi ini belum tentu datanya ada di SIVIL

Persoalan Verval Mencuat Saat Lulusan Angkatan Sebelum 2003 Banyak yang Tidak Terdaftar di SIVIL atau Info GTK

Adalah wajar banyak lulusan yang kebingungan saat data mereka tidak muncul di SIVIL, meskipun sudah ada edaran tentang awal pelaporan data di pangkalan data adalah sejak tahun ajaran 2003 atau tahun angkatan 2003 bagi perguruan tinggi dibawah Kemdikbud atau Ditjen Dikti.

Sedangkan perguruan tinggi dibawah Kemenag wajib mendatakan di PDDikti sejak 2009 dan Kementerian lain sejak 2012.

Jadi,
Info GTK itu salah satu verval,
Sivil juga merupakan verval, dan atau
Surat Keterangan sebagai alumni yang dikeluarkan oleh PTN/LLDikti itu juga verval.

Sekian, semoga bermanfaat.

oleh Eswedewea
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: