Gaya Hidup Hiburan dan Wisata Konservasi Wisata Alam

Menyambangi Gua Eksotik di Grobogan Purwodadi, Goa Lawa dan Goa Macan Sedayu

Sahabat Kissparry semuanya, kali ini (19/12) saya dan teman-teman menyambangi gua yang berdampingan, Goa Lawa dan Goa Macan, terletak di Sedayu Kec Grobogan, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.

Goa Lawa, nama gua ini pernah terdengar juga ya berada di daerah lain atau bukan di Purwodadi Grobogan, tetapi kali ini kita akan jalan-jalan di Goa Lawa Purwodadi. O.. ya… saya menyebutnya Purwodadi karena masyarakat umumnya lebih mudah mengenal nama ibukota Grobogan tersebut. Goa Lawa dan Goa Macan terletak di Dk. Watusong/Nganjaran, Desa Sedayu, Kec. Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Kedua gua ini letaknya bersebelahan sehingga pintu masuknya hanya satu pintu, namun, sepertinya memiliki karakteristik yang (sedikit) berbeda oleh masyarakat setempat.

Karakteristik ini terlihat dari lingkungan gua, untuk Goa Macan terlihat beberapa dupa atau sejenisnya, yang orang awam seperti saya menyebutnya sesaji.

Goa Lawa dan Goa Macam, Kec. Grobogan, Kab. Grobogan

Untuk menuju ke gua tersebut, dari Kota Purwodadi hanya memerlukan waktu perjalanan sekitar 15 menit sampai dengan 30 menit, dan jika dari Kota Semarang berarti masih ditambah waktu perjalanan dari Semarang ke Purwodadi.

Baca juga | Fajar Pagi Menyingsing Nan Memesona di Bandungan, dari Hotel Griya Persada Resort

Mobil bisa masuk sampai dekat lokasi dan disana tersedia tempat parkir, kemudian penumpang turun menuju lokasi gua juga tidak terlalu jauh, namun butuh stamina lebih karena harus berjalan sambil menikmati pemandangan alam sekitar dengan jarak lebih kurang 1,5 km.

Harga tiket masuknya sangat murah banget, hanya Rp 3.000,- (tiga ribu rupiah) perorangnya sekali jalan untuk Goa Lawa, Goa Macan dan Gardu Pandang.

Harga tiket masuk Goa Lawa dan Goa Macan

Dengan pencahayaan lampu warna-warni menambah keindahan di dalam gua tersebut. Lampu lampu dapat menambah dinding-dinding gua tampak lebih artistik, memiliki nilai seni yang tinggi.

Setiap sudutnya nampak begitu eksotis. Daripada penasaran, yuk simak pengalaman saya saat berjalan-jalan di sekitaran sana.

Baca juga | Menikmati Indahnya Goa Rong, Bersatu dengan Alam

Goa Lawa Grobogan

Goa Lawa dan Goa Macan, Desa Sedayu Kec Grobogan Kab Grobogan

Goa yang masuk dalam wilayah Pegunungan Kendeng ini, diatas goa tersebut disediakan gardu pandang yang digunakan untuk menikmati pemandangan alam sekitarnya.

Gardu pandang di atas Goa Lawa dan Goa Macan

Baca juga | Jalan Pagi di Goa Rong nan Eksotik, Tlogo Tuntang Kab Semarang

Goa Lawa Grobogan

Goa Macam berada di lokasi yang tidak jauh dengan Goa Lawa, ada penunjuk jalan menuju gua tersebut. Jalannya sedikit menanjak karena lokasinya berada ditempat yang lebih tinggi.

Baca juga | Gua Putri dalam Legenda Goa Puteri Dayang Merindu di Baturaja Ogan Komering Ulu OKU

Waktu yang disediakan untuk ke lokasi wisata ini minimal 2 (dua) jam, bahkan mungkin lebih, dan jangan khawatir di dekat lokasi ada penjual makanan/minuman.

Jangan lupa kalau ke Purwodadi Grobogan mengunjungi kedua gua tersebut.

oleh Alifiansyah
editor Eswedewea

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: