Berita Utama Pertanian dan Agribisnis tanaman pangan

Hijaunya Hamparan Tanaman Padi di Negeri Laskar Pelangi Babel

Tanaman padi yang menghijau dan kemudian menguning di persawahan jika dipandang mata tentu akan sangat menyejukkan, seperti halnya geliat pertanian di Negeri Laskar Pelangi.

Negeri Laskar Pelangi, Provinsi Bangka Belitung terus juga berupaya dan ikut andil dalam mendorong peningkatan produksi pangan khususnya beras, seperti kita tahu beras merupakan salah satu makanan pokok orang Indonesia.

Provinsi Bangka Belitung yang biasa disingkat dengan Babel, memiliki sejuta pesona, termasuk hamparan padi menghijau ataupun menguning membuat kita terpesona.

Tanaman padi mulai menguning (BPTP balitbangtan Babel)

Baca juga | Bangka Botanical Garden (BBG) Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung

Kodisi pertanaman padi sawah di Persawahan Danau Nujau yang dilaporkan oleh Sigit Puspito, S.Pt selaku tim Supervisi dan Pendamping dari BPTP Balitbangtan Babel (04/02) menunjukkan betapa suburnya tanaman tersebut.

Persawahan Danau Nujau yang merupakan sentra produksi beras di Kabupaten Belitung Timur, yang diharapkan mampu memasok kebutuhan beras di wilayah ini juga wilayah sekitarnya.

Tanaman padi menghijau, BPTP balitbangtan Babel

Ditempat terpisah juga dilaporkan mengenai padi yang siap panen, hal ini menunjukkan pemerintah daerah setempat benar-benar ingin berswasembada beras.

Sejauh jauh mata memandang, hijau nan indah bak permadani yang ditata sedemikian rupa sehingga sedap dalam pandangan mata subhanallah Engkau Maha Pencipta alam semesta karunia yang Engkau berikan tidak bisa ditukar dengan apapun juga, tulis Yayuk Ebr dalam komentarnya.

Baca juga | Pulau Bangka Punya Jamur (Termahal) yaitu Jamur  Pelawan

Provinsi yang relatif usianya masih muda ini juga dikabarkan memiliki potensi alam yang luar biasa, diantaranya jamur Pelawan merupakan jamur termahal.

tanaman padi menguning menjelang panen BPTP Balitbangtan Babel

Sebelumnya (03/2), suasana mendung , tim supervisi Kostratani BPTP Balitbangtan Babel melakukan monitoring kegiatan pendampingan Kostratani dilokasi persawahan Namang Kabupaten Bangka Tengah. Luas panen tahun di Kecamatan Namang (sawah nanang dan Belilik) ini diperkirakan 65 ha.

Varietas yang ditanam petani ada Inpari 24 atau beras merah, Inpari 32, Inpari 42, serta padi hibrida.

Kabupaten Bangka Tengah beserta jajarannya juga akan terus mendukung kegiatan Kementerian Pertanian untuk men-suport peningkatan produksi pangan di kabupaten Bangka Tengah, sehingga target LTT, luas panen dan produksi yang diharapkan terus meningkat sesuai harapan dan target Kementan.

Tetap semangat semoga sehat selalu demi pangan rakyat Indonesia. BRAVO PERTANIAN BABEL

Semoga bermanfaat

oleh Eswede Weanind
editor Lik Kasjo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: