Berita Utama

Inilah Cara Mendaftar UTBK-SBMPTN 2021, Batas 1 April

Setelah kita membuat Akun LTMPT, selanjutnya dengan akun tersebut untuk mendaftar UTBK-SBMPTN 2021, mungkin langkahnya hampir sama tahun lalu.

Sebelum melanjutkan pendaftaran, sobat harus memastikan dahulu dimana akan melanjutkan kuliah, kemudian dimana akan memilih tempat untuk tes online UTBK tahun 2021.

Jika hal tersebut masih belum mantap, sebaiknya dimantapkan dulu ya sobat, karena batas waktu setelah mendaftar, ketika memeroleh Kode Pembayaran tidak lebih dari 24 jam, ya… meskipun waktu itu cukup untuk mempertimbangkan segalanya.

Pendaftaran UTBK-SBMPTN

Langkah-langkahnya sudah tampak dalam layar, ya, tinggal mengikuti saja urutannya. Namun, perlu sobat ketahui, dari beberapa isian tersebut akan diakhiri dengan Permanen Data, jangan lupa melakukan ini.

Simpan Permanen data pendaftaran UTBK-SBMPTN dilakukan saat sobat sudah yakin tentang data yang dimasukkan termasuk pilihan program studi.

Kesalahan itu akan berakibat harus mendaftar kembali, terlebih lagi sudah dibayar untuk Kode Pembayaran yang didapatnya.

1 | Melengkapi Biodata

Biodata apa saja yang ada disini, yaitu tentang orang tua, pendidikan, penghasilan orang tua (ayah dan ibu), alamat lengkap, jumlah saudara kandung, dan lainnya, silakan dilengkapi.

Perhatikan tanda bintang * berwarna merah berarti wajib diisi.

2 | Memilih Program Studi

Memilih program studi, akan menentukan masuk kelompok Soshum atau Saintek, jika terdata di 2 (dua) kelompok maka termasuk kelompok Campuran.

Hal ini akan berakibat keluarnya tagihan nanti, ya sobat, kalau pilih prodi Soshum-Soshum atau Saintek-Saintek maka akan dikenai biaya pendaftaran Rp 200.000,- tetapi kalau munculnya prodi Soshum-Saintek (Campuran) maka biaya yang dibayar sebesar Rp 300.000,-.

3 | Mengunggah Portofolio

Mengunggah portofolio untuk pemilih program studi kelompok SENI (Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari, dan seni lainnya) atau kelompok OLAHRAGA (Jasmani Kesehatan Rekreasi, Ilmu Keolahragaan, Jasmani Sekolah Dasar, Kepelatihan Olahraga).

Prestasi

Apakah diluar prodi itu boleh mengisi prestasi, ikuti saja, jika bisa diklik berarti bisa mengunggah.

4 | Memilih Pusat UTBK

Pusat UTBK maksudnya tempat untuk mengikuti tes online UTBK, sehingga silakan memilih yang terdekat, dan tidak harus sama dengan prodi pada perguruan tinggi pilihan (kecuali sekalian jalan-jalan mengenal kampusnya)

5 | Membayar atau GRATIS

Membayar untuk jalur umum, sedangkan untuk jalur KIP-Kuliah maka tentu saja biaya ditanggung oleh pemerintah.

Bagaimana cara membayar biaya UTBK-SBMPTN, ya… kita bisa memilih bank yang ditunjuk oleh panitia pusat UTBK, yaitu BNI, BRI, BTN, dan Bank Mandiri.

Pembayaran secara tunai melalui konter/kasih/loket bank atau melalui ATM, juga internet banking, mana yang paling mungkin.

Kunci pembayaran : BIAYA PENDIDIKAN – PENDAFTARAN

Contohnya disini saya menggukan Internet Banking BNI 46, yaitu dengan langkah.

  • menu Pembelian/Pembayaran pada menu Transaksi
  • Pembayaran Tagihan
  • Biaya Pendidikan
  • Pendaftaran
  • Nama institusi : UTBK LTMPT
  • masukkan Kode Pembayaran dan NISN maka langsung keluar tagihannya berapa, tinggal bayar seperti langkah yang biasa dilakukan menggunakan internet banking.

6 | Konfirmasi Kartu Peserta

Setelah melakukan pembayaran, maka tidak terlalu lama, Karta Peserta sudah dapat diambil. Jangan mengambil di pusat UTBK, tetapi mengambilnya secara online atau Unduh Kartu Peserta UTBK-SBMPTN 2021.

Kartunya akan ada 2 bagian, yaitu bagian utama dan bagian penjelasan, bisa dicetak menjadi satu halaman dan bisa dicetak pula menjadi dua halaman.

Kartu juga bisa dicetak model PDF, atau di simpan sehingga sewaktu-waktu bisa dicetak kembali.

Semoga bermanfaat….

oleh Taufik
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.