Mengatasi Saat Ruang Penyimpanan HP Penuh, Inilah Caranya

Sudah saatnya kita memindah dokumen disaat smartphone atau HPnya pesan ruang penyimpanan penuh, yaitu menggunakan File Manager, silakan simak caranya.

Pesan “Memori penyimpanan Anda hampir penuh, silakan dihapus …..” seperti ini yakni ruang penyimpanan tinggal sedikit mungkin sering kita jumpai di smartphone kita, pasalnya memang HP sudah agak lama atau memang dikarenakan terlalu banyak grup medsos bisa jadi penyebabnya. Dan jangan meninggalkan grup tetapi atasi dengan cara ini.

Apa saja yang dapat kita lakukan :

  1. Tidak membuka video atau lagu-lagu yang tidak dikenal
  2. Menghapus dokumen yang dianggap kurang penting
  3. Memindahkan dokumen dari memori internal ke memori eksternal dalam satu HP
  4. Memindahkan dokmen dari HP ke perangkat lain.
Tas rajut motif Melati bersama B Erl Cosmetics (Kissparry Semarang)

Memori HP

Sebelum lanjut, mari kita mengenal tentang momori atau tempat ruang penyimpanan dari hp yang kita gunakan saat ini.

Setiap smartphone biasanya sudah disematkan memori bawaan, dan ini sering kita sebut internal storage memory, kemudian karena kapasitas terbatas maka kita perlu menambahkan memori tambahan yang sering kita sebut memori eksternal biasanya berupa kartu memori atau sering disebut SD card.

Internal storage digunakan untuk menyimpan aplikasi utama termasuk sistem operasinya misal Android atau sistem operasi yang lainnya yang bisa memfungsikan hp.

Sementara itu memori eksternal digunakan untuk menyimpan selain aplikasi utama misalkan foto hasil jepretan dan dokumen lainnya.

Baca juga | INI BENAR CARA MENCEGAH AGAR HP SMARTPHONE TIDAK SELALU MUNCUL MEMORI PENUH

Mestinya semua data hasil dari jalannya aplikasi dapat disimpan di memori eksternal, SD card, namun tidak semua smartphone menyediakan layanan tersebut. Saya pernah mempunyai HP yang semua data aplikasi bisa langsung di simpan di eksternal.

Meskipun demikian tidak ada salahnya dicoba untuk diatur atau di seting pada smartphone Anda, cobalah semua data aplikasi disimpan di eksternal memori.

Lalu, jika tidak bisa semua data dari hasil jalannya aplikasi disimpan pada memori eksternal, maka salah satu cara yaitu dengan memindah dokumen tersebut dari internal storage ke eksternal storage (SD card).

File Dokumen

Untuk selanjutnya video, audio, dan gambar kita bisa menyebutnya sebagai dokumen atau file.

Folder

Nama ruang penyimpanan dalam memori bisanya disebut folder. File atau dokumen biasanya terletak dalam suatu nama tempat atau folder tersebut.

Folder paling depan biasa disebut root atau kaki, jadi ini diibaratkan halaman rumah kita, tidak mungkin semua diletakkan di halaman rumah, sehingga perlu dibuatkan ruang-ruang.

Kita bisa membuat folder sendiri untuk menyimpan atau memindah data dari internal storage, tujuannya untuk memisahkan video atau audio tersebut.

Letak Dokumen

Pertama yang harus kita ketahui ialah dimanakah letak dokumen media sosial tersebut berada. Biasanya akan tersimpan dengan nama folder aplikasinya, misal WhatsApp atau Telegram.

File Manager

Aplikasi yang digunakan untuk memindah dokumen data dari memori internal ke eksternal yaitu File Manager atau aplikasi sejenisnya.

Mungkin antara versi satu dengan yang lain akan berbeda penampilan, Anda tinggal menyesuaikan saja, atau mencari yang sepadan.

File Manager biasanya tertelak di kelompok menu Peralatan, klik atau pilih File Manager (lihat gambat).

Dokumen WhatsApp

Kita disini akan khusus membahas cara memindahkan dokumen dari WhatsApp dari internal memori ke eksternal memori, sebab aplikasi medsos inilah yang menyita banyak tempat (memori) di smartphone kita.

Gambar menu ini mungkin berbeda dengan aplikasi File Manager milik anda.

Baca juga | Ini Benar Cara Mencegah Agar HP Smartphone tidak selalu Muncul Memori Penuh

Silakan pilih dokumen yang ada di folder WhatsApp, kemudian pilih Media, folder Media padaWhatsApp digunakan untuk menyimpan dokumen media video audio gambar.

Coba perhatikan berada item masing-masing folder, pada Madia ada 10 item saja, tapi silakan buka lagi didalam folder Media ada folder lagi.

Kita bayangkan semua dokumen masuk dalam folder Media didalam Internal Storage WhatsApp

  • WA dokumen
  • WA gambar
  • WA profil
  • WA stiker
  • WA video
  • WA voice (suara)

Kemudian kita berarti telah menemukan tempatnya.

File dokumen yang tampak meliputi 32 dokumen, 772 gambar, 390 stiker, 100 video dan 6 voice atau audio, dan inilah yang membuat memori internal kita cepat penuh.

Oleh sebab itu, agar memori menjadi longgar kembali, maka akan kita pindah.

Baca juga | Tutorial Menggunakan Google Drive dan Cara Menyiapkannya (HP Android dan Laptop)

Langkah-langkah

Pastikan sudah berada di ruang/folder Video-Media-WhatsApp.

  • Pilih video yang akan dipindah tempat penyimpanan, dari internal ke eksternal
  • Klik menu pindah dibagian bawah
  • Tunjukkan tempat yang dituju
  • Disini kita bisa membuat nama ruang atau tempat baru
  • Kemudian pindah atau salin

Selesai kita memindahkan video.

Kita bisa memilih beberapa video sekaligus dalam satu perintah pindah, biasanya dipilih yang besar memorinya. Menekan pada nama video agak lama, kalau sekali klik akan memutar video (bukan memilih).

File Manager pada internal storage

Pilih menu Move atau Pindah, kemudian klik kembali dan pilih SD card (lihat gambar ke-2, klik tanda depan internal).

Jika akan membuat nama ruang baru silakan pilih More atau tanda lainnya yang ada di HP Anda, kemudian Create Folder, nantinya silakan menggunakan ruang/folder yang kita buat tersebut.

Kemudian pilih Paste atau Tempel atau tanda lain yang serupa, dan proses pindah video selesai, untuk membuka bisa dilakukan dengan File Manager atau Galery.

Lakukan untuk memindah video-video yang lain atau gambar-gambar yang lain.

Memutar Kembali Video

Biasanya untuk memutar kembali video dengan ngeklik di WhatsApp, namun karena video sudah dipindah ke tempat lain, maka cara memutar kembali yaitu dengan aplikasi File Manager.

Atau sebelum dipindah, silakan mencoba memutar videonya di tempat tersebut.

Baca juga | Inilah Cara Efektif Menghemat Kuota Internet | Bonus Lagu Aku Begini Kau Begitu

Eksternal Memori Penuh

Bagaimana jika eksternal memori juga penuh, kita bisa membeli eksternal memori baru, atau silakan dipindah ke perangkat lain, misalnya ke harddisk laptop atau PC.

Kita juga bisa memindah ke Google Drive.

Semoga bermanfaat.

Salam.

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca