Lanjut ke konten

Cara Mengatasi Kamera Gambarnya Hilang pada Laptop Notebook

Sore ini tiba-tiba saat akan menggunakan kamera tidak muncul gambarnya, terus terang untuk presensi kepulangan dan sebentar lagi untuk workshop via Zoom Meeting.

Untuk mengatasi kamera tidak muncul yang pertama saya lakukan mencari-cari tahu melalui Google, dan diketemukanlah caranya dari Microsoft Windows 10, dengan cara membaca petunjuk dan mencoba untuk melakukan instalasi tetapi malah berputar-putar, membingungkan.

Membingungkan panduannya menurut saya waktu tersebut, sebab disuruh menguduh aplikasi, sementara aplikasinya berbayar. Akhirnya menghidupkan komputer satunya bisa melaksanakan presensi pulang.

Coba lagi dan mencoba lagi sesuai dengan prosedur yang diberikan dalam artikel yang saya temukan.

Sebelun istalasi Flash Player saya atasi dulu dengan minta bantuan Microsoft, dan ternyata masih muter-muter bolak-balik dan belum berhasil.

Kemudian, saya sampaikan masalah saya ini ke seorang teman yang kebetulan memiliki laptop merek yang sama yaitu ASUS VivoBook, ia pun menyampaikan mungkin karena Flash Player nya tidak diinstal.

Saya pun menjawab sebelum ini tidak ada masalah, dan saya pun mencoba instalasi, namun tidak ketemu kata kunci flash player.

Mencobalah saya instalasi sesuai apa yang disarankan teman, yaitu Flash Player, tetapi didalamnya tidak menemukan. Adanya installer flash player, dan ini saya coba lagi.

Kemudian saya mengirimkan pesan tentang keluhan ini melalui Microsoft, setelah mengirimkan pesan, kemudian memadamkan (off) laptop, atau menghidupkan ulang. Sesuai saran dari microsoft tersebut.

Setelah komputer menyala kembali, keluarlah balasan dari ASUS tentang pemecahan masalah-masalah kamera notebook.

Ternyata balasan FAQ dari ASUS ini sangat berarti dan saya berhasil menampakkan gambar lagi di kamera laptop-ku.

Saya periksa ternyata ada tombol Fungsi gambar kamera. Perlu saya sampaikan bahwa sebelumnya saya tidak pernah menekan tombol tersebut, namun mungkin saya menekan yang tanpa sengaja, oleh karena itu mengatasi masalah ini jadi panjang sejak pukul 16-an hingga pukul 21-an.

Jadi,

jika sahabat Kissparry mengalami masalah yang sama, tiba-tiba kamera tidak muncul gambarnya, maka langkah yang perlu dilakukan yaitu melihat di laptop Anda ada tombol KAMERA, mungkin statusnya off (mati).

Matinya kamera bisa karena kepencet tombol tersebut, atau karena sebab-sebab lain saat menjalankan aplikasi tertentu.

Untuk kasus saya sendiri, beberapa waktu lalu memang saya mencoba rekaman dengan kamera yang digabung dengan teks atau gambar layar. Apa karena aplikasi tersebut atau karena sebab yang lain, yang penting sekarang gambar kamera sudah nampak atau muncul, alhamdulillah.

Inilah penampakan kembali dari kamera yang hampir setengah hari menghilang.

Langkah kedua, mengecek Flash Player hilang atau belum terinstal sebelumnya, sebab jika membaca apa yang disampaikan oleh FAQ ASUS diatas, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, diantaranya update driver kamera, dan seterusnya.

Karena kamera saya sudah tampak gambarnya kembali, maka sampai disini dulu ya….

Semoga bermanfaat.

oleh Eswedewea
editor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: