Agama

PMAT UIN Raden Fatah Palembang Adakan Buka Bersama dan Santunan Anak Yatim

Paguyuban Mahasiswa Anak Transmigran (PMAT) komisariat UIN Raden Fatah Palembang  mengadakan tablik akbar dan buka bersama serta pembagian sembako untuk anak yatim.

Doc PMAT UIN Raden Fatah Palembang

PMAT UIN Raden Fatah Palembang, pada bulan Ramadan 1442 H/2021 melaksanakan kegiatan tersebut, tepatnya Jum’at 30 Maret 2021 dengan menggunakan tepat kegiatan di Gedung Perwakilan Wilayah Nahdhatul Ulama (PWNU) Sumatera Selatan.

Ketua panitia, Avif Miftahul Asrofi, menuturkan bahwa Ramadan adalah bulan yang sangat mulia, karena bulan Ramadhan memiliki banyak keistimewaan dan keutamaan. Dimana pada bulan tersebut semua amal perbuatan baik yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. 

Amal baik tersebut dapat berupa sedekah kepada anak yatim, orang miskin ataupun sesama saudara muslim dan sesama manusia lainnya, dan Allah akan melipat gandakan orang yang bersedekah itu.

Seperti dalam firman Allah pada Q.S Al-Hadid [57] : 18 yang berbunyi :

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَا لْمُصَّدِّقٰتِ وَاَ قْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

(innal-mushshoddiqiina wal-mushshoddiqooti wa aqrodhulloha qordhon hasanay yudhoo’afu lahum wa lahum ajrung kariim)

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.” (QS. Al-Hadid 57: Ayat 18)

Dalam hadist juga dijelaskan, menurut Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, ” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih banyak lagi melakukan kebaikan di Bulan Ramadhan. Beliau memperbanyak sedekah, berbuat baik, membaca Al-Qur’an, shalat, dzikir, dan i’tikaf”.

Oleh karena itu, Paguyuban Mahasiswa Anak Transmigran (PMAT) UIN Raden Fatah Palembang bermaksud menyelenggarakan kegiatan bagi sembako untuk warga yang kurang mampu di wilayah sekitar RT. 29 RW. 09 Kel. Sekip Jaya dan buka bersama serta santunan anak yatim piatu.

Adapun panti asuhan tersebut dari Panti Asuhan Baitul Salam yang bertempat di Jln. Madang lorong Nurul Huda No. 1968 Rt. 30 Kel. Sekip Jaya, Panti Asuhan Al-Qamar yang bertempat di Jln. Lb. Mulyo No. 33 Kel. Pahlawan, dan Panti Asuhan Cahaya Kemuning yang bertempat di Kel. Pahlawan Kec. Kemuning Kota Palembang.

Kegiatan tersebut sebagai suatu bentuk pengamalan dan pelaksanaan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya.

Bagi Sembako dan Buka Bersama serta Santunan Anak Yatim, Paguyuban Mahasiswa Anak Transmigran (PMAT) UIN Raden Fatah Palembang merupakan kegiatan rutin tahunan, yang diadakan setiap bulan Ramadhan.

Sumber : Supriyadi “Presiden PMAT UIN Raden Fatah Palembang”

oleh Lik Kasjo
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.