Berita Utama

SM-UNNES 2021 Tes Online dari Rumah, Inilah Penjelasannya

Pelaksanaan tes Seleksi Mandiri (SM) UNNES bakal dilaksanakan secara online diikuti dari rumah masing-masing, tidak terpusat di kampus UNNES seperti UTBK-SBMPTN, peserta calon mahasiswa tidak perlu datang ke kampus, bagaimana penjelasannya, ikuti disini.

Pelaksanaan tes online Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) diikuti dari rumah masing-masing, boleh diikuti dari rumah saudara, atau tempat lain yang memiliki koneksi internet bagus.

Sehingga koneksi internet yang bagus dibutuhkan dalam mengikuti pelaksanaan tes ini, laptop atau PC terhubung dengan koneksi internet dipersiapkan sejak sekarang, dan sebuah smartphone (hp) yang terkoneksi internet juga.

Ilustrasi ruang Pengawas ujian SM-UNNES terpusat, peserta ujian dari rumah masing-masing

Persiapan sebelum tes mulai dari sekarang, yakni peralatan yang akan digunakan tes nanti sesuai jadwal yang tertera pada Kartu Peserta SM-UNNES 2021.

Komputer PC atau Laptop

Tes online menggunakan laptop atau PC yang terinstal browser (peramban) Google Chrome terbaru. Saat tes laptop atau PC harus terkoneksi dengan jaringan internet yang memadahi.

Laptop atau PC tersebut hendaknya sudah dipersiapkan dari sekarang termasuk browser yang digunakan untuk tes online hanya direkomendasi menggunakan Chrome (terbaru).

Jika tidak memiliki Laptop atau pun PC, apakah harus membeli? tidak harus membeli, bisa meminjam saudara, sekolah, guru, dst, dan atau jika terpaksa menggunakan Warnet (tidak direkomendasi).

Smartphone, handphone, hp, telepon selular sebuah, dan berkamera. Ponsel tersebut terinstal aplikasi ZOOM Meeting, dan pada saat pelaksanaan tes juga terkoneksi internet, aplikasi zoom berfungsi dengan baik.

Ruang Ujian dan Pasokan Daya (Listrik)

Dipersiapkan salah satu ruang ujian di rumah yang paling kondusif terbebas dari lalu lalang orang, termasuk suara-suara berisik atau bising dari sekitarnya.

Diciptakan suasana yang tenang di dalam rumah selama ujian berlangsung secara online.

Listrik atau pasokan daya untuk PC atau batrei laptop dan ponsel harus cukup memadahi selama ujian berlangsung. Laptop dan ponsel di cas penuh sebelum tes online dan jika diperlukan masih tersambung dengan aliran listrik.

Uji Coba Tes Online, Lakukan

Apabila nanti panitia SM-UNNES 2021 memberi pemberitahuan dan edaran melalui Telegram, Anda berarti harus mendaftar nomor kontak Telegram (aplikasi Telegram), maka Anda wajib mencobanya.

Pelaksanaan Tes Online

Materi tes terdiri atas Bahasa Inggris dan Potensi Akademik, dengan waktu sesuai yang tertera pada Kartu Peserta SM-UNNES 2021, yaitu antara tanggal 13 Juli s.d. 19 Juli 2021, dalam 4 sesi setiap harinya (1. 08.00-10.00 WIB; 2. 10.15-12.15 WIB; 3. 13.00-15.00 WIB; dan 4. 15.15-17.15 WIB).

Jadwal ujian silakan mengikuti yang tertera pada Kartu Tes Anda. Jika belum mencetak KARTU TES SM-UNNES 2021, harus segera mencetak…

Pastikan waktu pelaksanaan tes online dalam kondisi berikut ini. Pasokan listrik selama tes, satu komputer/laptop berkamera, terinstal browser google chrome terbaru yang terkoneksi internet, satu ponsel berkamera, terinstal aplikasi zoom meeting yang terkoneksi internet; dan ruang ujian yang kondusif yang akan digunakan sendiri oleh peserta.

Pada aplikasi ujian telah terdata kapan peserta mengikuti tes. Oleh sebab itu harus diingat dan diperhatikan jadwal waktu tes, karena diluar jadwal aplikasi tes tidak dapat berfungsi atau tidak dapat dibuka.

Memeroleh alamat Zoom Meeting

Anda akan mendapatkan alamat zoom meeting sebelum pelaksanaan tes, usahakan anda bergabung dalam zoom tersebut sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Ruang Zoom dan kode aksesnya telah diberitahukan melalui Telegram, dan peserta tidak bisa memasuki ruang zoom yang lain, atau milik temannya.

Pengawas Ujian Online

Peserta ujian online dari rumah diawasi oleh pengawas layaknya ujian offline, pengawasan ini juga secara online melalui ZOOM Meeting dan teknis lainnya yang memungkinkan.

Setiap peserta, sebelum melalukan tes, mereka akan diverifikasi datanya oleh pengawas yang terpusat, lihat ilustrasi ruang pengawas.

Pengawas akan menggunakan kamera pada zoom dan mikropon yang tersedia, dan pengawas verifikasi bisa berdialog atau berkomunikasi langsung dengan peserta.

Aplikasi Zoom Meeting disediakan di ponsel agar kondisi sekitar tempat ujian dapat dilihat oleh pengawas, jika pengawas meminta memutar kamera, maka peserta harus memenuhi permintaannya. Jangan mematikan kamera zoom.

Dalam pengawasan ini dibagi perkelas lebih kurang setiap pengawas mengawasi sejumlah 20 orang peserta, dalam sebuah ruang zoom yang telah ditentukan.

Peserta Tes Online Bergabung dalam Ruang Zoom masing-masing

Peserta akan bertemu pengawas ujian secara daring melalui zoom meeting, dan pada saat verifikasi data peserta harus menyiapkan Kartu Peserta SM-UNNES 2021, KTP, dan Ijazah atau Keterangan Lulus, yang bisa ditunjukkan oleh pengawas.

Wajah peserta harus terlihat jelas oleh pengawas melalui Zoom, dan kamera ponsel peserta di zoom tidak boleh dipadamkan.

Peserta Mengerjakan Tes SM-UNNES secara Online

Untuk dapat masuk ke aplikasi tes online, peserta akan diberi password atau PIN, dan jika kesulitan masuk ke aplikasi tes dapat meminta bantuan kepada pengawas.

Peserta harus mengerjakan tes sesuai dengan waktu yang telah diberikan, dan di luar waktu tersebut (mungkin) aplikasi akan terkunci.

Semoga bermanfaat dan semoga sukses ya….. diterima di UNNES…

oleh Eswedewea
editor Eswedewea

1 reply »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.