Berita Utama

Inilah Tahapan dan Cara Registrasi Mahasiswa Baru UNNES Jalur Seleksi Mandiri (SM-UNNES) 2021

Calon mahasiwa baru Universitas Negeri Semarang jalur Seleksi Mandiri (SM-UNNES), harus tahu tahapan registrasi sebagai calon mahasiswa hingga resmi dinyatakan sebagai mahasiswa baru, tahun 2021. Berikut ini kami sajikan tahapannya.

Regitrasi mahasiswa baru jalur SM-UNNES tahun 2021 sudah dimulai, bedanya dengan penerimaan sebelumnya yaitu jalur SNMPTN dan SBMPTN ialah pada penerimaan jalur SM-UNNES telah ditetapkan biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang dibayarkan setiap semesternya pada saat pengumuman hasil seleksi.

Pertama kali yang dilakukan peserta SM UNNES 2021 yaitu memastikan dirinya lolos atau tidak dalam seleksi kali ini, dan setelah lolos seleksi maka Anda dapat melakukan registrasi calon mahasiswa baru.

Data Pokok Mahasiswa UNNES

Kegiatan registrasi terintegrasi dengan sistem aplikasi namanya https://datapokok.unnes.ac.id

Sebelum mengisi Data Pokok sebaiknya calon peserta membaca terlebih dahulu Tata Cara Pengisian Data Pokok tahun 2021, yang dapat diunduh dari laman Penerimaan atau silakan klik link disini Tata Cara Mengisi Data Pokok Mahasiswa UNNES 2021Dokumen ini tersimpan didalam Google Drive.

Baca juga | Tutorial Menggunakan Google Drive dan Cara Menyiapkannya (HP Android dan Laptop)

Ada beberapa kegiatan penting bagi calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi mandiri setelah dinyatakan lolos seleksi, mengutip dari laman Penerimaan UNNES, langkah tersebut yaitu terdiri atas.

  • Mengisi Borang Isian Data Diri yang disebut Data Pokok secara Online, 27 Juli – 1 Agustus 2021.
  • Mengirim borang Data Pokok yang bernama Borang A1 ke Unnes sesuai kop yang dibangkitkan dari sistem, melalui jasa kurir, batas akhir 5 Agustus 2021 (cap pos).
  • Membayar Biaya Pendidikan yang disebut Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), 3 – 9 Agustus 2021.
  • Registrasi (Daftar Ulang) setelah biaya pendidikan dinyatakan memenuhi syarat, 4 – 11 Agustus 2021.
  • Verifikasi Registrasi dan Mencetak Bukti Registrasi, dan Sah sebagai mahasiswa baru UNNES 2021, 4 – 11 Agustus 2021.

Registrasi atau Daftar Ulang

1 | Mengisi Borang Isian Data Diri yang disebut Data Pokok secara Online

Persiapkan data-data yang diminta pada Data Pokok mahasiswa, dengan sub isian seperti ini.

  • foto bentuk file bagian-bagian rumah, fotokopi/scan KK, rekening listrik, rekening air jika ada, rekening telepon, PBB, STNK motor mobil jika ada, slip gaji orang tua (jika ada), dan lainnya.

Bagaimana jika tidak mengisi Borang Isian Data Pokok Mahasiswa UNNES? Anda tetap masih sebagai calon mahasiswa UNNES jalur penerimaan Seleksi Mandiri.

Berdasarkan pantauan Kissparry, data isian yang disebut Data Pokok ini akan digunakan selama menjadi mahasiswa Unnes, terutama di semester awal, misal banding UKT.

Pastikan semua isian dalam formulir sesuai atau benar dengan data-data Anda, terutama Nama, Tempat Tanggal Lahir, dana Ibu kandung. Nama sesuaikan Ijazah terakhir atau KTP.

2 | Mengirim borang Data Pokok yang bernama Borang A1 ke Unnes sesuai kop yang dibangkitkan dari sistem

Setelah Anda melakukan finalisasi terhadap Data Pokok, silakan dilakukan pencetakan borang, yang bermana A1 seluruhnya, pada halaman tertentu terdapat lembar alamat tujuan kemana borang A1 harus dikirimkan.

Silakan dimasukkan dalam amplop coklat besar, kemudian dikirim ke alamat tersebut, adapun tujuan pengiriman meliputi 8 Fakultas yang ada di UNNES sesuai dengan dimana Anda diterima pada program studi tersebut.

  • 1 | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Gedung Dekanat FIP Komplek Gedung A Kampus Sekaran Gunungpati Kota Semarang (kampus timur via simpang tujuh depan GSG)
  • 2 | Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Gedung Dekanat FBS Komplek Gedung B Kampus Sekaran Gunungpati Kota Semarang (kampus barat via gerbang utama)
  • 3 | Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Gedung Dekanat FIS Komplek Gedung C Kampus Sekaran Gunungpati Kota Semarang (kampus timur via simpang tujuh depan GSG)
  • 4 | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Gedung Dekanat FMIPA Komplek Gedung D Kampus Sekaran Gunungpati Kota Semarang (kampus barat via gerbang utama)
  • 5 | Fakultas Teknik (FT), Gedung Dekanat FT Komplek Gedung E Kampus Sekaran Gunungpati Kota Semarang (kampus timur via simpang tujuh depan GSG) – sebelah timur FIK
  • 6 | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Gedung Dekanat FIK Komplek Gedung F Kampus Sekaran Gunungpati Kota Semarang (kampus timur via simpang tujuh depan GSG)
  • 7 | Fakultas Ekonomi (FE), Gedung Dekanat FE Komplek Gedung L Kampus Sekaran Gunungpati Kota Semarang (kampus timur via simpang tujuh depan GSG) – depan pintu gerbang / depan GSG
  • 8 | Fakultas Hukum (FH), Gedung Dekanat FH Komplek Gedung K Kampus Sekaran Gunungpati Kota Semarang (kampus timur via simpang tujuh depan GSG) – sebelah timur FIS

Penyebutan Fakultas diatas sesuai urutannya, sehingga kelak Anda jika menerima Nomor Induk Mahasiswa (NIM), karakter depannya akan diawali dengan angka tersebut.

3 | Membayar Biaya Pendidikan yang disebut Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI)

Biaya pendidikan, dibayarkan melalui sistem Virtual Account (VA) tiap-tiap calon mahasiswa. VA ini didapatkan melalui aplikasi Data Pokok, jadi seusai mencetak borang A1 sekalian silakan membangkitkan nomor VA Anda.

Baca juga | Virtual Account (VA) Baru untuk Membayar UKT Mahasiswa UNNES (mulai) 2020, Inilah Caranya

Silakan membayar biaya pendidikan UKT dan SPI dengan Virtual Account tersebut melalui bank yang ditunjuk, yaitu BTN, BNI, BRI, dan Mandiri.

Baca juga | Cara Membayar Pendaftaran Mahasiswa – Biaya Pendidikan (UKT) melalui ATM BNI

Jika, jatuh tempo pembayaran jatuh pada hari libur, silakan memanfaatkan layanan ATM Setor Tunai, biasanya dalam menjadwal tidak berakhir pada hari libur.

Baca juga | Manfaat ATM Setor Tunai atau Setor Tarik Tunai, Layanan Perbankan 24 Jam

4 | Registrasi (Daftar Ulang) setelah biaya pendidikan dinyatakan memenuhi syarat

Setelah tiba waktunya untuk registrasi, silakan melanjutkan melakukan registrasi dengan mengunggah dokumen-dokumen yang dipersyaratkan, dan jangan lupa persiapkan foto terbaik Anda yang akan terbit di Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

Untuk bisa melakukan registrasi ini, ada syarat terutama dalam hal biaya UKT dan SPI bagi yang tidak lolos KIP-Kuliah. Khusus yang pendaftar KIP-Kuliah yang lolos seleksi, langsung bisa melakukan registrasi.

Pastikan semua isian dalam formulir sesuai atau benar dengan data- Pastikan semua isian dalam formulir sesuai atau benar dengan data-data Anda, terutama Nama, Tempat Tanggal Lahir, dana Ibu kandung.

5 | Verifikasi Registrasi dan Mencetak Bukti Registrasi, dan Sah sebagai mahasiswa baru UNNES 2021

Data registrasi calon mahasiswa jalur SM-UNNES akan di verifikasi oleh petugas verifikasi Universitas. Dalam verifikasi berkas registrasi secara online tersebut, bisa jadi ditolak atau dikembalikan karena tidak sesuai.

Tidak sesuai seperti apa? misal foto yang kurang jelas, lampiran formulir registrasi belum ditandatangani.

Oleh sebab itu Anda harus menunggu hasil verifikasi hingga dinyatakan oke atau berkas registrasi Anda diterima. Silakan memantau di aplikasi Data Pokok atau biasanya notifikasi akan dikirim melalui Telegram ke HP Anda yang terdaftar. Segeralah download aplikasi Telegram dan mendaftarkan nomor HP-nya.

Mencetak Bukti Registrasi | R4 berisi gambar KTM

Silakan mencetak Bukti Registrasi yang namanya R4 (jika tidak berubah sebutannya), pada lembar ini terdapat contoh Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), yang didalamnya terdapat Nomor Induk Mahasiswa (NIM).

Dengan menerima NIM dari UNNES, berarti Anda sudah terdaftar secara administratif sebagai mahasiswa baru, bukan lagi calon mahasiswa baru.

Simpan lembar R4 ini, yang kelak akan digunakan untuk mengambil fisik KTM Anda, atau KTM akan dikirim ke alamat masing-masing sesuai situasi dan kondisi yang ada. Oleh sebab itu tulislah alamat anda dengan benar.

Semoga bermanfaat.

oleh Eswedewea
editor LikKasjo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.