PATRI Kaltim, MUSDA III Tahun 2022 Nuansa IKN Nusantara

Samarinda (23/01/2022). Memenuhi undangan DPD PATRI KALTIM, Lurah DPP Hasprabu, Carik Sutrisno, dan Ahmad Syahir staf Ditjen PPK Trans datang ke Samarinda (22-23/01/2022).

Lurah PATRI, Hasprabu pada Musda III DPP PATRI Kaltim 2022 (23/01/2022)

Awalnya dari DPP akan hadir secara ZOOM MEETING. Tetapi Sesditjen PPK Trans (Dr. Sigit M.Nuruddin) dan dukungan Dewan Pembina DPP (Dirjen Ir.Aisyah Gamawati, MM) memfasilitasi agar hadir langsung. Peserta MUSDA antara lain perwakilan DPC PATRI, Dinas Nakertrans Provinsi, unsur cendekiawan kampus, pegiat desa, LSM, dan tokoh sepuh Transmigran 1954, Pakde Tarwono dkk dari Lampake. Acara pokok memilih Ketua DPD PATRI KALTIM 2022-2027.

Ada suasana berbeda pada MUSDA kali ini. Tergambar jelas dalam dialog, bagaimana pensikapan PATRI terhadap IKN Nusantara. Karena lokasi IKN NUSANTARA itu persis di Sepaku. Salah satu Permukiman Transmigrasi di KALTIM. Sehingga suasana nostalgia, psikohistoris, rasa bangga, harapan dan praduga. Bagaimana kelak warga trans dan PATRI yang ada di dalam dan sekitar IKN NUSANTARA.

Lurah PATRI, Hasprabu pada Musda III DPP PATRI Kaltim 2022 (22-23/01/2022)

Data dan fakta yang beredar di media massa menunjukkan, tak ada peran signifikan dari warga transmigran yang ada disekitarnya. Bahkan calon penguasa otorita IKN tidak ada tokoh daerah dari wilayah IKN NUSANTARA. Tak juga disebut, bahwa lokasi IKN itu dulunya permukiman Transmigrasi. Problem yang terinventarisasi yaitu; masih banyaknya masalah pertanahan, sangat minimnya peran warga, dan rendahnya informasi kontribusi transmigrasi sebagai lokasi IKN NUSANTARA.

Catatan lainnya, masih rendahnya peran dan perwakilan politik PATRI. Padahal warga transmigran di KALTIM cukup signifikan sebagai tambang suara. Hal ini semakin menguatkan tekad DPP, betapa pentingnya penetapan Hari Transmigrasi Nasional.

Semoga materi dan catatan dialog menjelang MUSDA menjadi catatan penting kita bersama. Alhamdulillah, Sahabat Putut Pranomo secara aklamasi terpilih sebagai Ketua. Diharapkan bersama Sekum demisioner Riswadi, kepengurusan baru segera dilengkapi. Kemudian merumuskan hasil diskusi itu, mengkonsolidasikan potensi PATRI dan jejaringnya, sehingga menjadi program unggulan kedepannya.

Cepat atau lambat, bisa jadi DPD PATRI Kaltim akan menjadi DPP PATRI Nusantara, dan DPP PATRI di Kalibata Jakarta kelak menjadi DPD PATRI JABODETABEK saja. Ya, Bismillah. Kita siap-siap saja.

Bandara Samarinda, 23/01/2022
Dalam Jejak Transmigran

Lurah DPP PATRI 🇮🇩
Hasprabu

dikutip oleh Kissparry
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.