Cerita Pirsus dan Trans Umum

Pirsus dikenal juga kependekan dari Transmigrasi Pola Plasma sedangkan Trans Umum juga dikenal transmograsi umum, dan kali ini kami sajikan sebuah kisah cerita.

Kimtrans 2019, pemukiman transmigrasi tahun 2019 (ilustrasi gambar tidak sesuai dengan kisah ceritanya.

Berbagi cerita

CERITA PIRSUS DAN TRANS UMUM

(Potret perbandingan di Seluma, Bengkulu)

Sahabat PATRI, bersama ini disampaikan tinjauan singkat gambaran perbandingan taraf kemapanan ekonomi, antara Transmigran Pola PIRSUS/Plasma dengan Transmigran Umum (TU). Mengambil contoh di lokasi Kecamatan Sukaraja (sekarang menjadi Kec. Sukaraja, Kec. Air Periukan, dan Kec. Lubuk Sandi), Kab. Seluma, Provinsi Bengkulu.

PIRSUS/Plasma di Eks. Kec. Sukaraja Kab. Seluma ditempatkan tahun 1980-an. Pirsus/Plasma di bawah naungan PTPN VII. Lokasinya menyebar di 3 kecamatan. Transmigrasi khusus ini untuk tanaman perkebunan karet, sebagai tanaman tunggal.

Pada awal panen menjelang tahun 1990-an s/d puncak panen tahun 2015-an, trans pirsus karet sangat makmur dan sukses. Karena saat itu tanaman karet sangat super getahnya dan harga jualnya cukup bagus.

Namun, tidak ada pembinaan kepada masyarakat bagaimana merencanakan dan menabung untuk masa depan yang lebih baik. Tidak ada pembinaan vertikal, horizontal, maupun lateral seperti para penyuluh pertanian/perkebunan, sehingga transmigran cenderung konsumtif.

Warga transmigran umum (TU) banyak yang mencari upahan ke petani Pirsus/Plasma sekitar tahun 1990an s/d tahun 2010an. Akan tetapi setelah tahun 2015an, keadaan ekonomi menjadi berbalik.

Transmigran Umum, ditempatkan di lokasi tahun 1980an. Mereka dibebaskan untuk menanam aneka tanaman keras, tanaman pangan, dan tanaman semusim, serta adanya bekal pembinaan. Karena itu Trans Umum lebih kreatif dan berani berspekulasi dalam diversifikasi tanaman. Ketahanan pangan pasca tahun 2015an lebih kokoh.

Sehingga para transmigran umum pasca tahun 2015an banyak membeli lahan Transmigran Pirsus/Plasma. Terutama jatah perkebunan karet 2 hektar yang mereka ganti menjadi tanaman sawit, kelapa biasa, pangan, tumpang sari, maupun tumpangsari ternak kambing dan sapi.

(Bersambung)
Bengkulu, 12/09/2020
Agus Salim
DPC PATRI Seluma

Sumber Grup Medsos PATRI

disadur oleh Eswede Weanind

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.