Patriologi: ANGGOTA DAN PENGURUS PATRI DAERAH PENGIRIM

Setelah dimuat tulisan PATRI DAERAH PENGIRIM (02/07/2022), ada yang bertanya. Siapa saja anggota dan pengurus organisasi PATRI di daerah pengirim?

Karena ruh transmigrasi adalah Gerakan Nasional Perekat Bangsa, maka anggota dan pengurusnya juga tidak jauh dari esensi ruh itu. Perekat Bangsa otomatis juga penyelamat kedaulatan negara.

Baca juga : Opini Kader: PATRI Daerah Pengirim?

Dalam AD/ART PATRI beserta penjelasannya disebutkan, anggota PATRI tidak terbatas pada Transmigran yang diberangkatkan secara formal oleh negara setelah Indonesia merdeka saja. Karena jauh sebelum Indonesia merdeka sudah terjadi perpindahan penduduk (kolonisasi, koeli kontrak, romusha, diaspora). Ada juga yang diasingkan (seperti di Afrika Selatan).

Mereka dulu ada orang tuanya ikut koeli kontrak ke luar negeri, kemudian sebagian pulang (misalnya repatrian Suriname). Termasuk romusha, dan keluarga besar pahlawan yang diasingkan ke luar Jawa (Gorontalo, Makassar, Bengkulu).

Ada juga warga trans setempat (translok), karena hubungan perkawinan (perbesanan, mantu), petugas yang pernah bertugas di kimtrans (Pegawai UPT, PLKB, PPL, Guru, pendamping lapangan, para medis), da’i pembangunan, pedagang yang menetap di kimtrans, dan lainnya.

Sehingga, secara secara rinci anggota PATRI ditambah PATRI daerah pengirim, dapat disebutkan sebagai berikut:

01. Anggota yang telah dijelaskan dalam pedoman organisasi PATRI, seperti tersebut di atas

02. Keturunan atau keluarga besar trans yang sekolah di daerah pengirim (PTN/S, AKABRI/AKMIL, IKATAN DINAS, beasiswa, dan lainnya). Ternyata setelah lulus dapat pasangan dan/atau pekerjaan di daerah pengirim. Akhirnya mereka menetap di daerah pengirim

03. Pengusaha yang ingin berinvestasi di kimtrans, kemudian bersinergi dengan keluarga besar PATRI/transmigran di daerah pengirim

04. Mantan/petugas dan anak keturunannya yang pernah bertugas di kimtrans, kemudian pulang ke daerah asal (pengirim), baik karena purna tugas atau mutasi, dan bergabung dengan PATRI daerah pengirim

05. Calon transmigran atau mereka yang berjiwa perekat bangsa, peduli transmigrasi, dan bertekad membangun daerah penerima, baik melalui gagasan, investasi, dan pengabdian

06. Warga negara daerah pengirim yang meyakini dan mendukung visi PATRI, bahwa Transmigrasi adalah Gerakan Nasional Perekat Bangsa dan Penyelamat kedaulatan negara.

Tentunya sebelum menjadi anggota/pengurus diadakan pembekalan. Terkhusus bagi anggota non keluarga besar transmigran. Karena di daerah pengirim nantinya mereka bersama PATRI berperan sebagai informan, motivator, penghubung, narasumber dan tugas lainnya.

Secara proaktif bersinergi dengan Pemda (OPD/SKPD terkait), instansi vertikal, perguruan tinggi, pengusaha, TNI/POLRI, dan pemangku kepentingan terkait (NGO, ormas, paguyuban, pers, paralegal, bantuan hukum, dan jajaran samping lainnya).

Sasarannya mereka akan mempunyai pemahaman yang sejalan dengan visi dan misi PATRI serta TUSI (tugas dan fungsi) institusi terkait tersebut.

Semua uraian tersebut dalam kerangka mewujudkan Transmigrasi sebagai Gerakan Nasional Perekat Bangsa dan Penyelamat Kedaulatan Negara.

Insya Allah, bersama PATRI BISA.

KoDe, 03/07/2022
Lurah DPP PATRI 🇮🇩

Hasprabu (Lurah DPP PATRI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.