Menginap di Vila Oase Van Java Hotel Banyubiru Kabupaten Semarang, Lereng Gunung Gajah Telomoyo

Perjalanan wisata atau rekreasi hari ini yakni ke Kopeng Treetop Adventure Park di sekitar komplek wisata Kopeng Salatiga (Kabupaten Semarang) dan menginap di Villa Hotel Oase Van Java Banyubiru.

Oase Van Java Vila Hotel, Banyubiru, dapat dicapai dalam waktu sekitar 10 menit dari jalan raya utama, dan apabila ditempuh dari jalan raya induk Banyubiru – Salatiga hanya sekitar 3 menit. Waktunya bisa lebih jika harus tanya-tanya, apalagi salah jalan.

Kali ini dari Semarang tidak langsung menuju vila, tetapi ke arah Salatiga dulu untuk Kopeng, setelah itu siang menjelang sorenya baru check in di Oase Van Java Hotel atau lebih tepatnya Villa.

Namun, sesampainya di Kopeng Treetop, dan mobil parkir di area parkir obyek wisata tersebut, panitia menanyakan harga tiket tanda masuk (HTM), ternyata hari ini tidak ada tiket ketengan, kalau beli harus satu paket seluruhnya, kalau nggak salah Rp 80.000,- perorangnya, maka akhirnya batal ke Kopeng Treetop Adventure.

Rooftop – Oase Van Java Hotel/Villa di Banyubiru Kab. Semarang (03/09/2022)

Setelah itu kemudian berembug untuk mencari tempat wisata yang lainnya, dengan cara mencari tahu di Google tempat yang terdekat, kemudian disepakati Embun Merbabu.

Seuisai acara di Embun Merbabu kemudian melanjutkan makan siang di Rumah Makan Bu Toha, Ayam Goreng dan Bebek Goreng yang sudah terkenal di Jalan Raya Tuntang.

Sesampainya di Warung Makan Bu Toha Tuntang untuk dapat tempat duduk harus mengantri sebentar, mungkin karena saat jam makan, baru, setelah makan siang kami melanjutkan perjalanan menuju Villa/Hotel Oase Van Java yang berlokasi di Banyubiru Kab. Semarang

Villa OVJ berada dikaki Gunung Gajah, di wilayah sekitarnya memang terdiri dari bukit-bukit atau gunung-gunung kecil, termasuk disini ada Gunung Telomoyo.

Jika kita mencari di internet, nama Gunung Gajah akan ditemukan di Kabupaten Semarang (Banyubiru), Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Pemalang, dan masih ada lagi di beberapa Kabupaten.

Untuk Gunung Gajah di Kabupaten Semarang atau tepatnya ada yang di Banyubiru, sudah dapat dipastikan wilayah ini termasuk tempat yang sejuk.

Villa Hotel Oase Van Java berada di lereng (kaki) Gunung Gajah (Telomoyo) yang mengarah ke Rawa Pening, sehingga saat kita berada di Oase Van Java dapat melihat dari sini Rawa Pening.

Kemudian tampak barat daya terdapat Gunung Telomoyo, dengan ciri khas di puncak gunung tersebut terdapat banyak antena telekomunikasi.

Gunung Gajah Telomoyo puncaknya setinggi 1300 mdpl, disini memang komplek gunung-gunung kecil, sehingga dapat dipastikan sejuk dingin.

Villa Oase Van Java, merupakan villa hotel dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, Wifi, ruang makan dan dapur, mandi air panas.

Empat bangunan yang luas, terdapat ruang tamu dan didalam kamar tidur ada TV dengan sambungan internet, tempat tidur, meja rias, meja makan, meja kursi santai keluarga.

Harga Sewa

Harga untuk masing masing paviliun sekitar Rp 400.000,- dan pada saat high season mungkin lebih mahal, atau pas promo bisa lebih murah.

Fasilitas yang bisa disewa lagi yakni ruang kumpul dan dapur dengan harga sewa Rp 300.000,-

Kemudian ekstra bed dikenai biaya sebesar Rp 150.000.

Sebagai catatan, bahwa villa Oase Van Java tidak menyediakan sarapan, sehingga kita perlu menyiapkan sendiri, atau memang karena kebiasaan yang menyewa sudah membawa bekal sendiri sehingga dari pengelola vila tidak menyediakan sarapan.

Sarapan (makan pagi) disediakan sendiri di Vila Oase Van Java Hotel Banyubiru

Harga sewa sebesar itu, jika dibandingkan dengan fasilitas kamar yang tersedia, menurut kami merupakan harga yang sangat wajar dan bisa dibilang murah, mungkin dapat harga promo.

Inilah fasilitas kamar yang luasnya (6 m x 9 m) masih ditambah kamar mandi yang luas, kemudian teras yang luas pula (3 m x 9 m).

Kebetulan jumlah 4 bangunan vila kami sewa semua untuk 14 orang, sehingga ada penambahan tempat tidur atau ekstra bed seharga Rp 150.000,- perbuahnya.

Pemandangan Alam Yang Menakjubkan

Lokasinya di lereng gunung, membuat pemandangan alamnya semakin cantik saja, oleh karena itu memang disini harus rileks dan bersukaria menikmati.

Obyek wisata sehari hanya diambil satu tempat, dan sisanya dihabiskan di vila Oase Van Java.

Pemandangan pertama adalah Rawa Pening dikejauhan, sementara didepan mata ada kebun dan sawah. Kebetulan pada kebun tersebut ditanami, gugusan kacang tanah yang menghijau, disampingnya ada tanaman gugusan pohon jagung.

Gugusan persawahan, gugusan tanaman kelapa, dan gugusan tanaman pisang menambah asri dan sejuk saat di Oase Van Java Vila Hotel.

Jika menoleh ke belakang kita pandangi bukit-bukit menghijau, kemudian di barat daya tampak puncak Gunung Telomoyo. silakan klik gambar untuk memperbesar.

Kembali ke harga sewa, menurut kami harga ini sangat pantas dan murah, tentu dengan cara dibagi perorangnya.

Misalkan 4 bangunan (kamar) @Rp400.000 = Rp1.600.000 ditambah sewa dapur dan tempat makan Rp300.000 terus ekstra bed 2 x @Rp150.000 = Rp300.000 jadi jumlah keseluruhan Rp2.200.000.

Sejumlah itu dibagi 14 orang, akan didapat perorang Rp160.000, dan ini masih ditambah biaya makan, misalkan sekali makan Rp30.000, sehingga totalnya Rp220.000.

Sekian…

Salam

oleh Eswedewea
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.