Apa Itu Permen Kayu Putih, Permen Ngetren Setelah Pandemi

Kayu putih namanya tambah melambung setelah mewabahnya virus Covid-19, pasalnya kayu putih dipercaya membantu menangkal virus gaya baru tersebut.

Saya sudah pernah lama mendengar ada permen kayu putih, bahkan pernah tahu dari seorang teman yang membawa permen kayu putih.

Bersinggungan tentang kayu putih, maka saya mungkin salah seorang yang sering menggunakannya. Minyak kayu putih saya gunakan sebagai aroma pada masker yang saya kenakan.

Permen kayu putih, contoh yang saya beli di apotik, mereknya Abah

Bagaimana cara menggunakan minyak kayu putih tersebut? Yaitu dengan cara diteteskan pada tisu, kemudian tisunya saya taruh didalam masker atau di taruh di masker saat dikenakan.

Kadang minyak kayu putih juga langsung dituangkan pada masker yang dikenakan, sehingga saya bisa menghirup minyak kayu putih, dan ini menambah lega pernafasan.

Kembali ke permen kayu putih, produk ini saya lihat saat di apotik membeli trombophop. Apotik mana? yaitu Apotik Sampangan dekat WM Sate Kambing Muda Pak Widodo.

Permen kayu putih yang saya beli ini seharga Rp 10.000 mereknya ABAH, mungkin harga di tempat lain akan berbeda. Tertera berat bersih 100 gr, tanggal kadaluwarsa, nomor izin makanan/minuman.

Meskipun tidak disertakan manfaat dari permen kayu putih, namun manfaat secara umum kayu putih sudah dipahami oleh masyarakat.

Berbagai Macam Manfaat Minyak Kayu Putih

Dikutip dari berbagai sumber di Google pencarian, berikut ini manfaat kayu putih.

  • Meredakan sakit kepala dan hidung tersumbat. Minyak kayu putih murni bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi sakit kepala dan hidung tersumbat.
  • Mengobati luka kecil.
  • Meningkatkan konsentrasi.
  • Membantu mencegah infeksi virus Corona.
  • Alergi kulit.
  • Gangguan pernapasan.

Apa Itu Kayu Putih

Mengutip dari Wikipedia, Kayu putih (Melaleuca leucadendra syn. M. leucadendron) merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan (Myrtaceae) yang dimanfaatkan sebagai sumber minyak kayu putih (cajuput oil). Minyak diekstrak (biasanya disuling dengan uap) terutama dari daun dan rantingnya.

Namanya diambil dari warna batangnya yang memang putih. Kayu putih dikenal dalam bahasa Melayu sebagai gălam, di Ternate sebagai bajule, di Seram sebagai sakelan, dan di Ambon dengan berbagai nama yaitu kilam, elan dan ilan.

Tumbuhan ini terutama tumbuh baik di Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara, namun demikian dapat pula diusahakan di daerah-daerah lain yang memiliki musim kemarau yang jelas.

Minyak kayu putih mudah menguap. Pada hari yang panas orang yang berdekatan dengan pohon ini akan dapat membauinya dari jarak yang cukup jauh.

Sebagai tumbuhan industri, kayu putih dapat diusahakan dalam bentuk hutan usaha (agroforestri). 

Perhutani memiliki beberapa hutan kayu putih untuk memproduksinya. Minyak kayu putih yang diambil dari penyulingan biasa dipakai sebagai minyak balur atau campuran minyak pengobatan lain (seperti minyak telon) atau campuran parfum serta produk rumah tangga lain.

Salam

oleh Eswede Weanind
editor Kissparry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.