MTQ Kecamatan Candisari 2022 Dibuka oleh Plt Walikota Semarang, Pembukaan Sekaligus Silaturahmi Tokoh Masyarakat Candisari

Candisari – Kota Semarang. Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kecamatan Candisari Kota Semarang tahun 2022 digelar pagi hingga siang ini bertempat di Aula/Balai Kecamatan Candisari Jl Ksatrian No. 18 Jatingaleh, diikuti oleh 60 orang peserta dalam 8 kategori lomba.

Acara pembukaan MTQ sekaligus acara silaturahmi tokoh masyarakat Candisari dengan Plt Walikota Semarang (Plh) Ir. Iswar Aminuddin, M.T., yang berjumlah sekitar 50 orang dari berbagai tokoh masyarakat antara lain Lurah, Ketua LPMK Kelurahan.

Tampak hadir pada acara tersebut Kapolsek Candisari, Danramil, Kepala Puskesmas se Kecamatan Candisari, Kepala KUA, Ketua I Badko LPQ Kota Semarang.

Agus Priharwanto, S.Sos., M.M. selaku Camat Candisari menyampaikan bahwa peserta MTQ Tingkat Kecamatan Candisari tahun 2022 ini dibatasi hanya 60 orang peserta dalam beberapa kategori lomba.

“Peserta MTQ Tingkat Kecamatan Candisari tahun 2022 ini dibatasi hanya 60 orang peserta, dan sedianya akan ikut lebih dari 100 orang, hal ini karena dana yang terbatas. Rincian peserta yaitu Tartil tingkat SD berjumlah 9 orang, SMP, 8 orang, dan SLTA 6 orang “, kata Agus.

Adapun lomba Tilawah pelajar SD ada 9 orang peserta, SMP ada 8 peserta, dan SLTA sejumlah 6 peserta, sedangkan tilawah umum diikuti 6 orang peserta, dan lomba kaligrafi ada 14 orang peserta, total ada 60 orang peserta, terang Agus

Lebih lanjut Pak Camat dalam pengantar sambutannya juga menyampaikan bahwa tujuan MTQ kali ini yang pembukaannya dihadiri tokoh masyarakat terutama bertujuan dan mempunyai semangat agar Candisari kedepan setidaknya masuk dalam 3 besar di Tingkat Kota Semarang.

“Kami meninginginkan Kecamatan Candisari pada lomba MTQ Tingkat Kota Semarang memeroleh atau mendapatkan juara ke-3”, ungkapnya.

Sebelum laporan panitia dan sambutan Camat Candisari, acara pembukaan ini diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars MTQ, kemudian Pembacaan Ayat Suci Al-Quran, dan Doa oleh KH Much Dimyati SAg, Ketua I Bakdo LPQ Kota Semarang.

Setda Kota Semarang sebagai plh Walikota Semarang, saat ini, Ir. Iswar Aminuddin, M.T. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pagi ini sebagai wujud kebersamaan pemberintah dengan berbagai unsur masyarakat mempertahankan Kota Semarang tetap aman dan kondusif.

Ketua LPTQ Kota Semarang tersebut mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Semarang terus berupaya untuk menjaga Kota Semarang agar tetap damai dan Kota Semarang yang terus membawa selalu perubahan, dan perubahan tentu akan membawa dampak, apabila ada dampak sosial/negatif diharapkan tidak mengguanggu kegiatan masyarakat.

Pemerintah Kota Semarang tetap berupaya bagaimana warga masyarakat tetap nyaman tinggal di Kota Semarang, nyaman untuk berkegiatan, warga Kota Semarang tetap nyaman untuk bersilaturahmi, tutupnya.

Selanjutnya Plh Walikota Semarang membuka kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan Candisari Tahun 2022 dan dilanjutkan dengan silaturahmi dan ramah tamah.

Tokoh Masyarakat Kecamatan Candisari pada Silaturahmi dan Pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Candisari 2022

Pelaksanaan dan Pemenang Lomba MTQ

MTQ dilaksanakan dalam 3 jenis lomba yakni Tartil, Tilawah, dan Kaligrafi, seperti disampaikan Camat Candisari pada laporan dan sambutan.

Tiga jenis lomba tersebut menempati 3 ruang yaitu di Balai (Aula) Kecamatan Candisari, dan 2 Ruang Rapat lt.2 Kantor Kecamatan.

Pusat kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan Candisari tahun 2022 bertempat di Balai Kecamatan Candisari.

3 Jenis lomba tersebut kemudian dibagi lagi mejadi 8 kategori, masing-masing untuk Tartil terdiri atas 4 (empat) kategori yaitu SD, SMP, dan SLTA, sedangkan Tilawah juga dibagi menjadi Tilawah tingkat SD, Tilawah tingkat SMP, dan Tilawah untuk Umum, kemudian 1 kategori lomba Kaligrafi.

Kegiatan lomba secara keseluruhan dimulai sekitar pukul 09.45 dan berlangsung hingga 12.15, selanjutnya diumumkan pemenang lomba dan penyerahan hadiah.

Ketua LPTQ Candisari menyerahkan piala dan uang penghargaan kepada Juara 1 Tartil tingkat SD pada MTQ Candisari 2022

Pemenang Kategori Tartil, Kategori Tartil tingkat SD, Juara 1 Zaky Mirza Alfarizi dari SD wonotingal, Juara 2 Marshal Malik Tondi Tamba dari SD Bunayya, dan Juara 3 Hanun Aulia dari SD Bunayya. Adapun Kategori Tartil Tingkat SMP, Juara 1 Andara Salma Syagita Putri dari SMPN 5, Juara 2 Cinta Ramadhani dari SMP Muhammadiyah 3, dan Juara 3 Risca Maharani Sadewa dari SMP Muhammadiyah 2.

Sedangkan Kategori Tartil Tingkat SMA, Juara 1 M. Hanif Setiawan dari SMK Muhammadiyah, Juara 2 Salma Suhaimah dari SMA Muhammadiyah, dan Juara 3 Cristian Vino Lamborgin dari SMK Muhammadiyah

Camat Candisari menyerahkan piala dan uang penghargaan pada pemenang MTQ 2022

Pemenang Kategori Tilawah, Kategori Tilawah tingkat SD, Juara 1 Khodijatul Kubro El Iqsi dari SD Bunayya, Juara 2 Nabiha Arjuna Hariyanto dari SD Bunayya, Juara 3 Naima Faiqo Dayana dari SD Muhammadiyah 6. Untuk Kategori Tilawah Tingkat SMP, Juara 1 Alan Kasela dari SMP Muhammadiyah 2, Juara 2 Shafira Nur Azzalia dari SMPN 5, dan Juara 3 Alvin Kasela dari SMP Muhammadiyah 2.

Selanjutnya Kategori Tilawah Tingkat SMA, Juara 1 Wisnu dari SMA Muhammadiyah, Juara 2 Hafidzur Rahman dari SMK Muhammadiyah, Juara 3 Muhammad Nabil dari SMA Muhammadiyah, dan Kategori Tilawah Umum, Juara 1 Muhammad Thohir dari Nurul Aulad, Juara 2 Dwito Damara Prima dari Griya Qur’an, dan Juara 3 Musthafa Kamal Pasha dari Al Hidayat

Terakhir adalah Kategori Lomba Kaligrafi, Juara 1 Farihah, Juara 2 Anastasya Feisia, dan Juara 3 M. Ardi.

Untuk masing-masing pemenang lomba memperoleh piala kejuaraan dan uang pembinaan.

Semua Juara akan memperoleh pembinaan lebih intensif untuk dipersiapkan mengikuti lomba di tingkat Kota Semarang, dan prioritas utama adalah juara pertama, ujar Abdul Khafid Ketua LPTQ Kecamatan Candisari.

Salam

(Wea Kissparry)

oleh Eswede Weanind
editor Lik Kasjo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.