Naik Kereta Api Pertamaku, Jarak Dekat Tarif Murah Meriah 10K dengan KA Kedung Sepur | Tanpa Tempat Duduk pun Dilakoni

Jujur saja saya (Dewi) belum pernah naik kereta api sebelumnya, dan baru kali ini naik kereta api, tanpa tempat duduk pun rela beli tiketnya, Semarang – Purwodadi cuma Rp 10.000,-.

Saya membeli tiket PP (Pergi-Pulang) – Semarang – Sedadi dan sebaliknya, dengan harga tiket yang terbilang murah yaitu Rp 10.000,- sekali jalan perorang.

Kereta api yang melayani perjalanan Semarang Poncol – Ngrombo (Purwodadi) adalah Kereta Api Kedung Sepur Ekonomi, sehingga memang menyediakan tiket tanpa kursi, meskipun jumlahnya terbatas.

Instalasi KAI Access pada HP (Smartphone)

Karena ini baru pertama kali, maka kita harus mengunduh dan memasang aplikasi KAI Access melalui Play Store. Apakah ini diperlukan? Ya, karena dengan memasang aplikasi sendiri di HP akan memudahkan mendapatkan tiket serta kepastian berangkat.

Semula kami akan langsung membeli tiket ke stasiun, tetapi ini saya kira kurang praktis, maka kemudian browsing dan menemukan aplikasi KAI Access (Kerta Api App Mobile).

Setelah mengunduh Aplikasi KAI kemudian membuat akun (termasuk password), sesuai syarat dan ketentuannya, dilanjutkan pencarian tiket.

Saat membuat akun silakan menyiapkan alamat email atau Nomor WA untuk konfirmasi, sedangkan untuk password (kata kunci) buatlah seunik mungkin tetapi mudah diingat.

Memesan Tiket secara Daring (Online)

Tujuan saya kali ini adalah perjalanan jarak dekat ke Purwodadi, dan saya mengetahui ada perjalanan Semarang Poncol – Ngrombo, namun saya tidak akan turun Ngrombo tetapi hanya sampai Sedadi, sebab tujuan saya ke Geyer.

Dalam memesan tiket silakan menyiapkan KTP, karena nanti akan dimintai data NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Bagaimana jika penumpangnya anak-anak yang belum punya KTP, silakan melihat di KK (Kartu Keluarga) Anda, disini terdapat NIK-nya anak tersebut.

Pesan tiket sehari sebelumnya mendapati tiket sudah habis dan tersisa Tiket Tanpa Kursi atau tidak tersedia tempat duduk, ya… karena jarak dekat, dan ingin naik kereta, kami beli tiket tersebut.

Tiket Kereta Api Pulang Pergi

Pembayaran saya isi dengan Transfer bank Mandiri, tetapi saat membayar tiket ada banyak pilihan, dan dibayarlah dengan Shoope Pay dengan men-scan kode bayarnya dengan QR Bayar (QRIS).

Setelah dilakukan pembayaran, langsung diproses check-in nya, sehingga saat di stasiun kita tinggal menunggu pemberangkatan.

Tiket Tanpa Tempat Duduk

Keberangkatan menuju Ngrombo (NBO) Purwodadi dari Semarang Poncol menggunakan tiket Tanda Tempat Duduk dengan harga perorang Rp 10.000,- dengan Kereta Api Kedung Sepur kelas Ekonomi (C).

Saya pun sudah membayangkan, meskipun tanpa tempat duduk dan dengan lesehan dengan menggelar koran, nanti selama perjalanan tetap nyaman, hal tersebut berbeda dengan jalan raya yang mana rel kereta api relatif lebih datar tanpa jalan berlubang.

Perjalanan Pulang ke Semarang

Saat pulang kembali ke Semarang (Ngrombo – Semarang Poncol), kami mendapatkan tiket dengan tempat duduk, karena tiket sudah dipesan saat pemberangkatan, jadi beli tiket Pulang Pergi.

Bagi Anda yang ingin naik kereta api teruatam jarak dekat, sebaiknya menginstal aplikasi Kereta Api Mobile (KAI Access), hal ini karena dapat memudahkan untuk memesan, dan aplikasi ini bisa untuk jarak jauh juga.

Salam

oleh Dewi Fatmawati
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.