Segera Dibuka Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024, Ada Infonya di Instagram

Sesuai informasi yang dapat dilihat di aplikasi Instagram Direktorat Jenderal GTK – Direktorat Pendidikan Profesi Guru (@ppgkemendikbud) menayangkan sebuah gambar dengan bertuliskan Segera Dibuka, Pendaftaran PPG Prajabatan Tahun 2024.

Dalam Instagram tersebut tidak menjelaskan atau tidak merinci kapan waktunya pendaftaran akan dimulai (dibuka), hanya mencantumkan Segera Dibuka, artinya mungkin dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.
Bisa hitungan hari dan bisa dalam hitungan jam.

Sementara, menurut penanggalan pada unggahan informasi pada instagram tersebut baru diunggah satu hari yang lalu, dengan jumlah netizen yang sudah melihat dan menyukai pada pukul 11.27 bertuliskan 27.781 orang/klik.

Saat informasi ini ditayangkan bahkan sudah mencapai 29.006 orang pengunjung yang menyukai informasi tersebut, dan apakah yang melihat dan tidak klik suka jumlahnya banyak, maka mungkin saja.

Mungkin saya termasuk seorang lulusan prodi kependidikan yang belum berkesempatan mengikuti program PPG, Pendidikan Profesi Guru, dan mungkin banyak teman yang berprofesi sebagai guru yang lainnya.

Pada IG tersebut tertera Ambil peluang untuk jadi guru profesional melalui PPG Prajabatan! Pendaftaran PPG Prajabatan segera dibuka.

Terdapat himbauan dan ajakan untuk kemajuan pendidikan Indonesia, Ayo persiapkan dirimu untuk mendaftar dan raih kesempatan untuk berkontribusi dalam kemajuan pendidikan Indonesia!

Mulai lulusan kapan yang boleh mendaftar dalam PPG Prajabatan tersebut? Sepertinya tidak dibatasi atau tidak ada pembatasan, bahkan kami tahu adanya informasi pembukaan pendaftarannya bersumber dari lulusan baru, seorang lulusan yang belum mengikuti upacara wisuda.

Adapun rangkaian waktu pendaftaran, termasuk jadwal tes seleksi, belum diketahui kepastiaanya, kita tunggu saja informasi resmi dari pihak yang berwenang, melalui akun IG dan Facebook @ppgkemendikbud dengan laman ppg.kemdikbud.go.id.

Kami sedang melacak pada periode tahun sebelumnya apakah ada pendaftaran, maksudnya melacak itu hanya untuk membandingkan mengenai penjadwalannya.

Apa Itu PPG Prajabatan

Mengutip dari laman PPG.kemdikbud.go.id/ppg-prajabatan. Program Pendidikan Profesi Guru yang selanjutnya disebut Program PPG sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 1 butir 5 Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan untuk mendapatkan sertifikat pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan/atau pendidikan menengah.

Tujuan penyelenggaraan Program PPG Prajabatan adalah dalam rangka menghasilkan guru profesional yang beradab, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif serta berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

PPG Prajabatan adalah program pendidikan profesi untuk mencetak generasi baru guru-guru Indonesia yang memiliki panggilan hati menjadi guru, profesional, komitmen menjadi teladan, cinta terhadap profesi, dan pembelajar sepanjang hayat.

PPG Prajabatan diselenggarakan bagi lulusan sarjana atau sarjana terapan maupun Diploma IV baik dari jurusan pendidikan maupun non kependidikan bagi calon guru untuk mendapat sertifikat pendidik.

Perjalanan menjadi Generasi Baru Guru Indonesia dimulai dengan tahap seleksi dan mengikuti rangkaian Program Pendidikan Profesi Guru selama dua semester yang terdiri dari perkuliahan, praktik kerja lapangan, proyek kepemimpinan, dan pendampingan.

Apa Itu Guru

Guru merupakan sebuah profesi. Berdasarkan ketentuan Pasal 8 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dinyatakan bahwa Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Kualifikasi akademik diperoleh melalui pendidikan tinggi program sarjana atau program diploma empat. Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.

Bidang Studi yang Dibuka

Berikut ini daftar program studi konsentrasi yang dibuka pada PPG Prajabatan tahun 2024, yang kami ambil dari laman PPG.

No.Bidang StudiJenis
1Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)Umum
2Pendidikan Jasmani dan KesehatanUmum
3Bahasa IndonesiaUmum
4Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)Umum
5Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn)Umum
6MatematikaUmum
7Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)Umum
8Seni BudayaUmum
9BK (Bimbingan & Konseling)Umum
10SejarahUmum
11Bahasa JermanUmum
12Bahasa PerancisUmum
13PemasaranVokasi
14Manajemen Perkantoran dan Layanan BisnisVokasi
15Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (TIK)Vokasi
16Teknik MesinVokasi
17Teknik KetenagalistrikanVokasi
18Teknik ElektronikaVokasi
19KulinerVokasi
20Teknik Konstruksi dan PerumahanVokasi
21BusanaVokasi
22AnimasiVokasi
23PerhotelanVokasi
24Agriteknologi Pengolahan Hasil PertanianVokasi
25Nautika Kapal Penangkapan IkanVokasi
26Pekerjaan SosialVokasi
27Teknik Geologi PertambanganVokasi
28Bahasa JawaMuatan Lokal
29Bahasa SundaMuatan Lokal
30Bahasa BaliMuatan Lokal
Showing 1 to 30 of 30 entries

Catatan: Ternyata Jurusan/Prodi saya tidak dibuka untuk PPG Prajabatan Tahun 2024.

Salam, semoga bermanfaat.

oleh Dewi Fatmawati
editor LikKasjo

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca