Percobaan Pasang Set Top Box STB Sukses Mendapatkan Gambar TV yang Jernih Enak Ditonton

Sudah bertahun-tahun saya menggunakan parabola untuk dapat menonton televisi dengan gambar yang jernih, tidak membayangkan uji coba pasang STB dapat gambar yang jernih dan enak ditonton.

Sampai-sampai saat diumumkan oleh pemerintah tentang perpindahan siaran televisi dari analog ke digital pun tidak membuat saya segera mencoba siaran TV digital, sebab selama ini memang kami telah menyaksikan siaran TV digital.

Pada reseiver parabola yang pertama kali digunakan sudah ada logo DVB (Digital Video Broadcasting).

Sampai akhirnya saya iseng-iseng mencoba membeli alat mengubah LED TV menjadi Smart TV Android sekaligus membeli antena digital, sebab yang saya tahu Smart TV Android Multimedia dapat menangkap siaran TV Digital, hanya menambah antena digital.

Ternyata percobaan saya kurang sukses, sebab alat pengubah Smart TV Android yang saya beli tidak menemukan siaran TV digital lokal.

LED TV sudah menjadi Smart TV tanpa TV Digital lokal, kalau mau lihat TV masih harus streaming, atau menggunakan parabola (Nex Parabola).

Gambar dari Nex Parabola

Saya pun mencoba membeli STB yang tergolong murah, merek Zyrex pengiriman 2 jam sampai, bahkan ternyata tidak sampai 2 jam barang sudah tiba.

Antena yang sudah saya kemas dan berada di gudang saya keluarkan untuk disambungkan dengan STB yang baru beli. Ternyata, luar biasa dapat gambar yang jernih, meskipun belum semua siaran TV muncul.

Saran untuk yang biasa pakai antena parabola

Dari informasi yang saya baca terkait TV Digital, bahwa siaran ini dipancarkan menggunakan seperti gelombang radio, dengan demikian, apabila siaran radio dapat ditangkap dengan baik, maka harapannya siaran TV digital juga dapat ditangkap dengan baik dan mendapatkan gambar yang jernih.

Itulah yang mendasari saya mencoba memasang antena digital, yang mungkin sebagian siaran TV-nya dapat menggantikan antena parabola.

Akhir-akhir ini siaran TV melalui satelit yang ditangkap oleh antena parabola sering diacak terutama untuk tayangan event yang khusus, seperti Piala Dunia, Sea Games, Asean Games, dan lainnya.

Sebenarnya diacak tidak apa-apa, sebab biasanya mudah mendapatkan kode acaknya, tetapi beberapa stasiun TV sulit mendapatkan kode acaknya.

Masing-masing wilayah mungkin akan menerima siaran TV digital reguler dengan jumlah stasiun yang berbeda-beda.

Antena parabola tetap bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan saluran – siaran televisi yang lebih banyak lagi.

Material Apa yang Perlu Diadakan (Beli)

Saya kebetulan telah menggunakan televisi LED sehingga sudah mendapatkan gambar yang lumayan enak ditonton, sehingga tidak perlu membeli TV baru, bahkan TV tabung juga bisa.

Peralatan yang dibeli atau diadakan yaitu Set Top Box (STB), kebetulan saya mencari yang harganya murah tetapi sesuai dengan fasilitas yang dikehendaki.

Berikutnya saya mengganti antena TV dengan membeli baru antena digital yang sudah menggunakan penguat. Semenjak saya menggunakan antena parabola, saya sudah melepas antena TV UHF/VHF.

Mungkin menambah kabel, dan saya menambah kabel antena, dikarenakan kabel bawaan hanya 10 meter

Semoga bermanfaat

oleh Eswede Weanind
editor Eswedewea

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca