Larangan Pelajar Merayakan Hari Valentine

Adanya larangan merayakan hari kasih sayang/valentine day, untuk seluruh pelajar SD/MI dan SMP/MTs di Kota Surabaya Jatim, baik di dalam maupun di luar sekolah, mengisyaratkan bahwa hari itu bukanlah hari buat anak-anak untuk berkasih sayang. Apalagi dinyatakan disana kalau itu bukan merupakan budaya bangsa Indonesia.

Mungkin saja edaran serupa juga beredar di wilayah lainnya, bukan hanya di Surabaya namun juga di kota-kota besar lainnya.

Fotokopi surat edaran dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya tersebut beredar melalui Medsos, didalamnya ada pernyataan tertulis “Dalam upaya menjaga pelajar Kota Surabaya agar tidak melakukan kegiatan yang bertentangan dengan norma sosial dan budaya Indonesia”, itu berarti dikhawatirkan bila perayaan Valentine Day membahayakan anak-anak seusia SD/SMP, yang dinilai juga bahwa perayaan itu bukanlah budaya bangsa Indonesia. Mungkin saja sarat dengan keburukan dan jauh dari manfaat, serta bertentangan dengan norma sosial yang berlaku di negeri ini.

Kissparry belum mengkonfirmasi kebenaran Edaran tersebut, tetapi bagi kami hal itu  merupakan himbauan moral dari pemerintah setempat yang ditujukan kepada anak didik di lingkungan pendidikan dasar, agar tidak ikut-ikutan dan terjerumus kepada kesesatan atau keburukan akibat merayakan hari itu. Karena anak-anak masih memerlukan kasih sayang dari orang tuanya sepanjang waktu, kepada mereka pula harus kasih sayang kepada sesamanya dan sesama makhluk ciptaan Tuhan.

“Melarang kegiatan siswa untuk merayakan Hari Kasih Sayang/Valentine Day, baik di dalam maupun di luar sekolah”, bunyi himbauan pertama yang berupa larangan. Ibarat sebagai orang tua, pemerintah sudah melaksanakan fungsinya, melarang anaknya melakukan kegiatan yang kurang baik. Apakah anaknya akan menurut?, harapan orang tua adalah seperti itu.

Mengapa edaran hanya ditujukan hanya kepada siswa/siswa/anak SD/MI dan SMP/MTs, dan tidak sampai pelajar SMA/MA/SMK, karena meskipun tertera Dinas Pendidikan tetapi sub unitnya berbeda antara Pendidikan Dasar dan Menengah, Pendidikan Atas, dan Pendidikan Tinggi.

Semoga harapan tidak tinggal harapan tetapi menjadi kenyataan.

Ingin tau surat edaran tersebut, silakan unduh di sini.

Kissparry (LK).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s