Cara Menghilangkan Formalin pada Makanan Agar Tetap Sehat

Kali ini Kissparry tertarik dengan artikel yang beredar di Medsos tentang ditemukannya produk makanan yang mengandung formalin, bahkan bukan hanya itu namun disampaikan katanya ada yang mengandung minyak babi. Khusus untuk makanan yang mengandung formalin, berikut ini diuraikan beberapa jenis makanan yang pantas dicurigai ada formalinnya.

Kissparry tidak bermaksud memojokkan atau menyudutkan dan memvonis semua makanan mengandung formalin, termasuk empat jenis yang disebutkan di sini. Namun kami tetap menyarankan untuk tetap waspada. Berikut uraiannya.

Cara Menghilangkan Formalin pada Mie, Tahu dan Ikan

Artikel yang beredar berkaitan erat dengan kesehatan kita adalah dengan ditemukannya produk makanan yang mengandung formalin, untuk itu kita harus menjaga kewaspadaan. Hal tersebut menurut tulisan dari Heny Budi Utari, Ph.D. yang beredar di sosial media.

Formalin adalah bahan kimia berbahaya yang kerap dicampurkan ke makanan oleh pedagang curang. Sebagai konsumen kita pun jadi was-was, takut bila tanpa sengaja membeli makanan berformalin dan meracuni diri dan keluarga sendiri.

Mengutip dari Wikipedia bahasa Indonesia, senyawa kimia formaldehida (juga disebut metanal atau formalin), merupakan aldehida dengan rumus kimia H2CO, yang berbentuknya gas, atau cair yang dikenal sebagai formalin, atau padatan yang dikenal sebagai paraformaldehyde atau trioxane. Formaldehida awalnya disintesis oleh kimiawan Rusia Aleksandr Butlerov tahun 1859, tapi diidentifikasi oleh Hoffman tahun 1867.

Pada umumnya, formaldehida terbentuk akibat reaksi oksidasi katalitik pada metanol. Oleh sebab itu, formaldehida bisa dihasilkan dari pembakaran bahan yang mengandung karbon dan terkandung dalam asap pada kebakaran hutan, knalpot mobil, dan asap tembakau.

Dalam atmosfer bumi, formaldehida dihasilkan dari aksi cahaya matahari dan oksigen terhadap metana dan hidrokarbon lain yang ada di atmosfer. Formaldehida dalam kadar kecil sekali juga dihasilkan sebagai metabolit kebanyakan organisme, termasuk manusia.

Meskipun dalam udara bebas formaldehida berada dalam wujud gas, tetapi bisa larut dalam air (biasanya dijual dalam kadar larutan 37% menggunakan merk dagang ‘formalin’ atau ‘formol’ ). Dalam air, formaldehida mengalami polimerisasi dan sedikit sekali yang ada dalam bentuk monomer H2CO. Umumnya, larutan ini mengandung beberapa persen metanol untuk membatasi polimerisasinya. Formalin adalah larutan formaldehida dalam air, dengan kadar antara 10%-40%.

Makanan rentan berformalin

Formaldehida bisa larut dalam air, oleh sebab itu inilah cara untuk menghilangkan kadar formalin dari makanan.

1. Ikan Asin

Ikan asin yang berformalin perlu direndam selama 60 menit agar formalinnya terlepas dari ikan dan terlarut ke air rendamannya. Level formalin akan berkurang sebanyak 61.25% bila ikan asin direndam dalam air biasa. Sebaiknya, perendaman ikan asin dilakukan di air garam karena dapat menghilangkan level formalin hingga 89.5%.

2. Tahu

Tahu yang berformalin pun bisa dinetralkan dengan cara yang mudah. Cara terbaik adalah dengan merebusnya sampai mendidih kemudian menggorengnya. Teknik ini terbukti dapat menghilangkan hampir semua kandungan formalin di dalam tahu tersebut. Cara lain juga bisa dilakukan dengan mengukusnya atau merendamnya di air panas. Namun, kedua cara ini hanya dapat mengurangi kandungan formalinnya, bukan menghilangkannya secara total.

3. Mie Basah

Untuk mie basah, caranya lebih mudah lagi. Cukup rendam saja mie dalam air panas selama 30 menit. Teknik sederhana ini terbukti dapat menghilangkan kandungan formalinnya hingga 100%. Jangan lupa, cuci kembali mie dengan air biasa setelah perendaman untuk memastikan tidak ada sisa formalin yang masih menempel.

4. Ikan Segar

Ikan segar yang diberi formalin juga bisa dinetralkan kembali sehingga aman untuk dikonsumsi. Campurkan cuka ke dalam air hingga konsentrasinya mencapai 5%. Kemudian, rendam ikan di larutan tersebut selama 15 menit.

Demikian sekilas informasi tentang menghilangkan formalin pada makanan, dan semoga bermanfaat.

Kissparry

 

Iklan

2 tanggapan untuk “Cara Menghilangkan Formalin pada Makanan Agar Tetap Sehat”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.