jantung

Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung Mendadak

Serangan Jantung, bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, sebagai tindakan awal jangan panik, lakukan tindakan pertolongan  yang tiba-tiba jatuh tergeletak.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, antara lain:

Tindakan awal untuk melancarkan kembali  peredaran oksigen dari jantung. Hanya ada waktu 40 detik melakukan pertolongan pertama, disadur dari kiriman Syamsudin pada Group WA Trans Sumsel.

  • Pijat ketiak sebanyak 7-8 kali sambil menggerakan tangan ke atas. Pijatan menggunakan ke 4 jari. Pijatan harus dilakukan pada ketiak kiri dan kanan. Bisa juga dilakukan pertolongan pada diri sendiri jika merasakan serangan jantung.
  • Setelah bisa bernafas kembali, harus segera ke rumah sakit untuk mendapatkan tindakan medis selanjutnya.

Meskipun tindakan pertolongan ini terlihat kurang berkelas, tetapi sudah ada dua pasien yang tertolong oleh orang yang belajar pertolongan pertama ini. Jika di keluarga anda ada penderita jantung, minimal ada dua orang yang mengerti pertolongan pertama ini sehingga tiap orang dapat melakukan pijatan di ketiak yang berbeda pada waktu yang bersamaan.

Disisi Lain

angin-duduk

Serangan Jantung – Angin Duduk

Dilansir dari klinikpengobatanalami, serangan jantung, kebiasaan orang menyebutnya dengan angin duduk, Angina pektoris atau disebut juga Angin Duduk adalah penyakit jantung iskemik didefinisikan sebagai berkurangnya pasokan oksigen dan menurunnya aliran darah ke dalam iokardium. Gangguan tersebut bisa karena suplai oksigen yang turun (adanya aterosklerosis koroner atau apsme arteria koroner) atau kebutuhan oksigen yang meningkat.

Sebagai manifestasi keadaan tersebut akan timbul Angina pektoris yang pada akhirnya dapat berkembang menjadi infark miokard. Sindrom serangan jantung koroner akut merupakan penemuan terbaru akhir banyak disikapi masyarakat dengan tindakan yang salah.
Misalnya, penderita dikerok, diberi minuman air panas, atau diberi ramu-ramuan untuk mengeluarkan angin. Padahal, penderita bisa meninggal mendadak tanpa ada tanda-tanda sakit.

Secara umum, jantung dapat mengalami kegagalan fungsi karena kurangnya oksigen. Umumnya hal tersebut disebabkan karena dua hal.
Yang pertama adalah penyempitan pembuluh jantung atau arteri koroner yang menyebabkan suplai darah menjadi berkurang ke sel-sel jantung.
Yang kedua adalah lonjakan pemakaian oksigen yang besar pada jantung akibat aktivitas yang berlebihan secara tiba-tiba.

Aktivitas itu antara lain saat anda berolahraga tanpa pemanasan, mendaki gunung dan berada di iklim yang tiba-tiba dingin, atau memelihara perasaan stress. Angin duduk termasuk penyakit sangat berbahaya, hanya dalam waktu 15 menit sampai 30 menit orang yang terserang penyakit angin duduk bisa meninggal.

Oleh karena itu kita harus waspada dengan penyakit angin duduk, karena pada awalnya penderita akan terlihat sehat-sehat. Serangan angin duduk selalu datang secara tiba-tiba dan penderita akan meninggal paling lama 15-30 menit setelah merasakan rasa nyeri di dada.

Maka dari itu perhatikanlah pertolongan pertama apa yang harus kita lakukan, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Referensi :
http://www.alodokter.com/serangan-jantung
klinikpengobatanalami.wordpress.com
WA Trans Sumsel

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.