Mesin Panen Padi Modern di KTM MesujiĀ 

Musim panen padi kali ini masyarakat KTM Mesuji Timur Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung dapat tersenyum dengan lega, karena mesin pemanen padi bantuan pemerintah melalui dana APBN 2016 sebanyak 2 unit sudah dioperasikan. “Dengan adanya mesin pemanen padi modern petani padi sangat terbantu bahkan menguntungkan”, jelas Ai Aningsih.

dokumentasi Ai Aningsih

“Petani dulu sebelum ada mesin panen padi sangat terkendala karena dalam 1 hektar memerlukan waktu 7 s/d 10 hari hasil panennya baru sampai kerumah, dan hasilnya juga kurang memuaskan. Pasalnya gabah terpermentasi di tumpukan dan juga dalam karung di sawah, sehingga gabah menghitam dan berasnya Ā berwarna kuning”, lanjutnya.

Dokumentasi Ai Aningsih

Setelah dilucurkannya mesin pemanen padi modern jenis KOMBINE ini panen padi 1 hektar dapat diselesaikan dalam waktu 3 jam saja gabah sudah sampai di rumah. Gabah pun Ā bersih tanpa kotoran dan mutu beras menjadi super. Petani KTM Mesuji sangat diuntungkan program bantuan ini. Pertubuhan Ekonomi Masyarakat di Kawasan Transmigrasi KTM Mesuji sangat terpicu.

dok. Ā A. Ā Karto

Dalam proses olah tanahpun petani KTM Mesuji sudah menggunakan tenaga mesin berupa traktor. Ā Dengan mesin ini dalam 1 hektar sawah siap tanam hanya memerlukan waktu 3 jam, tentunya berbeda dengan sebelum ada mesin. Ā Sawah siap tanam harus memerlukan waktu satu bulan.

FB_IMG_1493293559066
Mesin panen padi KTM Mesuji

Dengan alat pertanian modern ini otomatis mempercepat proses produksi beras dari petani, dan dapatĀ mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah. (LK)

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca

Eksplorasi konten lain dari Kissparry

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca