5 Manfaat Mentimun yang Luar Biasa

Ketimun disebut juga mentimun sangat bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, terutama selama musim panas karena sebagian besar terbuat dari air dan nutrisi penting yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Daging mentimun kaya akan vitamin A, vitamin C, dan asam folat sementara kulit ketimun yang keras kaya akan serat dan berbagai mineral meliputi magnesium, molibdenum, dan potassium. Selain itu, mentimun mengandung silika, mineral jejak yang sangat bermanfaat untuk memperkuat jaringan ikat kita. Ketimun dikenal untuk menyembuhkan banyak masalah kulit, pembengkakan di bawah mata dan sengatan sinar matahari.

Ketimun juga mengandung asam askorbat dan caffeic yang mencegah kehilangan air, oleh karena itu mentimun sering dioleskan secara topikal pada luka bakar dan dermatitis.

Secara ilmiah dikenal sebagai Cucumis sativus, ketimun termasuk dalam keluarga yang sama dengan zucchinis, semangka, labu, dan jenis squash musim panas lainnya. Tanaman mentimun tumbuh di mana pohonnya merambat, yang menghasilkan buah yang dapat dimakan, dan dapat dimakan sepanjang tahun.

Anda akan menemukan varietas ketimun yang berbeda tumbuh di berbagai daerah, dan biasanya dimakan segar atau dibuat acar. Ketimun yang biasanya dimakan segar disebut mentimun mengiris. Timun ketimun khusus diproduksi untuk membuat acar. Ukuran ini jauh lebih kecil dari pada mengiris timun. Mengiris mentimun tersedia sepanjang tahun, tapi harganya paling bagus antara bulan Mei dan Juli.

Ketimun berasal dari India hampir 10.000 tahun yang lalu, namun sekarang dibudidayakan di berbagai negara dan benua. Baru-baru ini, varietas mentimun yang berbeda diperdagangkan di pasar internasional dan Anda akan menemukannya berlimpah sepanjang tahun.

Dalam peradaban kuno Mesir, Yunani dan Roma, ketimun sangat populer, dan kegunaannya tidak terbatas hanya pada makanan. Hal itu juga dipuji karena efeknya yang menguntungkan pada kulit. Louis XIV juga sangat menyukai mentimun, dan proses pengupas mentimun di rumah kaca ditemukan pada waktunya untuk memastikan bahwa dia dapat memiliki persediaan sayur yang menyenangkan selama musim apapun. Kolonis Amerika juga membawa varietas squash renyah dan sehat ini ke Amerika Serikat.

Fitur Dan Varietas Ketimun

Anda mungkin akrab dengan ungkapan “keren seperti mentimun”, yang berbicara langsung dengan sifat menenangkan dan mendinginkan yang ada saat mentimun. Di India ketimun yang dipelihara terutama untuk dimakan dalam keadaan segar, Anda akan sering menemukan mentimun teriris yang dijual di jalan pada sore yang cerah. Ketimun ini biasanya berbentuk bulat dan bervariasi panjangnya dari sekitar enam sampai sembilan inci. Namun, ukuran mentimun bervariasi sesuai dengan berbagai faktor budidaya juga.

Kulit mentimun bisa bervariasi warnanya dari hijau ke putih, dan terkadang bisa halus atau bergerigi tergantung varietasnya. Di dalam kulit mentimun, Anda akan menemukan daging hijau pucat yang kental namun berair dan renyah pada saat bersamaan. Di tengah buah timun memiliki banyak biji yang dapat dimakan. Banyak varietas mentimun juga ditanam di rumah kaca; Mereka tidak memiliki biji dan memiliki kulit lebih tipis dan panjangnya lebih panjang, biasanya antara 12 dan 20 inci. Seringkali dikenal sebagai “gonta”, aneka ketimun ini dibeli oleh mayoritas, karena lebih mudah dicerna daripada jenis mentimun lainnya.

Manfaat Kesehatan dari Ketimun

Masih belum diketahui kapan ketimun mulai digunakan untuk pengawetan, namun para peneliti telah menduga bahwa varietas mentimun gherkin dikembangkan dari tanaman asli Afrika. Spanyol adalah salah satu negara di zaman kuno yang mulai mengonsumsi timun, karena kaisar Romawi mengimpornya dari negara Mediterania ini.

Manfaat kesehatan timun tidak banyak diketahui orang. Rasa mentimun segar agak hambar dibandingkan dengan squash lainnya, tapi menyenangkan, dan kualitas pendinginan labu ini benar-benar menyegarkan. Ketimun sering bertindak sebagai antioksidan saat Anda mengkonsumsinya dengan makanan bakar dan gorengan. Anda juga bisa minum segelas penuh mentimun, wortel atau jus jeruk. Ini tidak hanya akan memberi Anda nilai gizi yang sehat, tapi juga merupakan makanan lezat yang unik.

Manfaat timun berkisar dari mencegah keasaman agar kulit tetap kencang. Mentimun memiliki kadar alkalin tinggi, sehingga mengatur pH darah tubuh dan menetralkan keasaman. Penderita masalah lambung harus sering mengkonsumsi mentimun. Ini mengatur tekanan darah dan berkontribusi pada struktur jaringan ikat yang tepat di tubuh kita, termasuk otot, tulang, ligamen, tulang rawan, dan tendon.

Selama musim panas, mentimun membantu menormalkan suhu tubuh. Jus mentimun adalah diuretik, sehingga mampu mencegah batu ginjal. Ketimun juga melawan efek asam urat, yang mencegah peradangan dari kondisi seperti artritis, asma, dan asam urat. Anda akan cukup terkejut mengetahui bahwa squash ini juga mendorong pertumbuhan rambut sehat dan dapat mengobati penyakit kulit seperti psoriasis, eksim, dan jerawat.

Kompleksi yang cerah dan bercahaya

Mentimun kaya akan silika, yang merupakan komponen penting yang membantu dalam mengembangkan jaringan ikat yang kuat dan sehat di otot, ligamen, tendon, tulang rawan, dan tulang. Dokter sering merekomendasikan jus mentimun karena kandungan silika untuk menciptakan kulit lebih sehat dan cerah. Ketimun kandungan air yang tinggi membuat hidrasi alami, dan sudah diketahui bahwa kelembaban adalah teman terbaik untuk kesehatan kulit, jadi mengapa tidak mendapatkan hidrasi secara alami?

Ekstrak mentimun sering digunakan secara topikal untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, termasuk sengatan sinar matahari dan pembengkakan di bawah mata. Asam askorbat dan asam caffeic adalah dua senyawa vital dalam timun yang mencegah kehilangan air dari tubuh. Inilah beberapa alasan mengapa mentimun diterapkan secara topikal untuk berbagai masalah kulit.

Mencegah Sembelit dan Menjaga Ginjal Sehat

Ketimun adalah perpaduan sempurna antara serat dan air. Karena itu, ada baiknya melindungi tubuh dari sembelit dan batu ginjal. Dengan minum jus mentimun, Anda bisa mengonsumsi serat dan air sekaligus. Laporan mengatakan bahwa mayoritas orang Amerika lebih memilih untuk memiliki salad kaya timun secara teratur karena ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan serat Anda.

Mentimun juga merupakan sumber vitamin C, silika, potassium dan magnesium yang baik; Yang semuanya memiliki manfaat kesehatan tersendiri. Ketimun memiliki jumlah air yang luar biasa (sekitar 96%) yang dimurnikan secara alami, sehingga membuat kadar air jauh lebih tinggi kualitasnya daripada air biasa. Kulit timun mengandung kadar vitamin A yang tinggi, sehingga Anda akan mendapatkan lebih banyak nutrisi jika Anda mengkonsumsi semuanya, kulit dan sebagainya.

Kontrol Tekanan Darah

Penelitian yang dilakukan pada DASH (Diet Pendekatan untuk Menghentikan Hipertensi) terdiri dari orang-orang yang mengkonsumsi makanan tinggi magnesium, potassium, dan serat. Hasilnya jelas; Tekanan darah mereka turun ke tingkat normal. Kelompok yang mengonsumsi makanan yang kaya akan kompleks ini dan makanan lainnya seperti makanan laut, produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak dan unggas melihat tekanan darah mereka turun 5,5 poin (sistolik) di atas 3,0 poin (diastolik).

Mengelola Diabetes

Ketimun telah berguna untuk penderita diabetes selama bertahun-tahun. Ketimun memiliki hormon yang dibutuhkan oleh sel beta selama produksi insulin. Indeks Glycemic ketimun sebenarnya nol. Kehadiran karbohidrat dan hasilnya pada tubuh diukur dengan jumlah Indeks Glikemik. Setiap makanan mengandung nutrisi penting dalam persentase yang berbeda.

Karbohidrat berkontribusi dalam meningkatkan kadar glukosa, namun karbohidrat yang ada dalam mentimun dapat dengan mudah dicerna oleh pasien diabetes. Dengan demikian, konsumsi timun membuat kadar glukosa di periksa. Saat ini, kebanyakan toko komersial memiliki suplemen mentimun sebagai bubuk ekstrak mentimun laut berduri, yang sangat efektif dalam melawan efek diabetes.

Menjaga Tubuh Sehat dan Berfungsi

Ketimun memiliki sifat pembersih yang sangat baik, dan secara aktif menghilangkan akumulasi limbah dan racun dari tubuh Anda. Dalam banyak kasus, mentimun telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk arthritis karena menghilangkan asam urat. Karena membantu sekresi urin, mentimun dianggap sebagai diuretik alami.

Ketimun sangat baik untuk mengoptimalkan fungsi kandung kemih, ginjal, hati dan pankreas. Jus mentimun bersama jus wortel sangat efektif untuk kondisi rematik yang disebabkan oleh asam urat berlebihan di tubuh. Ini bagus untuk pencernaan, terutama protein, dan ini mengendalikan tekanan darah dan diabetes melitus. Minum jus mentimun secara teratur juga membantu menyembuhkan asam urat dan eksim.

Jika Anda mengalami masalah paru-paru atau perut, pastikan untuk menambahkan timun ke dalam makanan Anda. Ini juga meningkatkan fleksibilitas otot, sementara kandungan magnesium mentimun memastikan sirkulasi darah yang tepat dan saraf yang rileks. Karena mentimun sangat kaya akan mineral, bahkan mencegah pemisahan kuku pada jari tangan dan jari kaki.

Cara Membeli dan Menyimpan Ketimun

Ketimun sangat sensitif terhadap panas, jadi coba pilih yang ditampilkan dalam kasus berpendingin di toko. Carilah timun ketimun dan periksa apakah warnanya hijau terang hijau sampai hijau tua. Hindari mentimun kuning dan bengkak yang memiliki daerah berjemur basah atau tip keriput. Anda akan menemukan lebih sedikit biji pada mentimun yang lebih tipis.

Jika Anda menyimpan mentimun di kulkas, mereka akan mempertahankan kesegarannya untuk waktu yang lebih lama. Jika seluruh mentimun tidak digunakan dalam satu kali makan, lalu bungkus sisanya dengan plastik ketat atau letakkan di dalam wadah tertutup sehingga tidak mengering. Cobalah makan mentimun dalam satu atau dua hari setelah membelinya, atau kalau tidak mereka akan menjadi lemas, apalagi jika disimpan lebih dari seminggu.

Ketimun bisa dipotong menjadi berbagai bentuk dan ukuran, dan bisa diiris, dipotong dadu atau dipotong menjadi batang. Biji ketimun dapat dimakan dan sangat bergizi, namun sebagian orang memilih untuk tidak memakannya. Anda bisa memotong mentimun yang memanjang dan menggunakan ujung sendok untuk meraup benih dengan lembut. Ketimun biasanya digunakan dalam sejumlah resep.

Anda bisa menggunakan irisan ketimun ketimun setengah inci dan sajikan dengan salad sayuran cincang. Potong mentimun menjadi bentuk dadu, campurkan dengan kacang polong gula, daun mint lalu tuangkan vinaigrette anggur beras ke dalam campuran. Anda juga bisa membuat pure yang sangat baik dengan timun, tomat, paprika hijau dan bawang.

Akhirnya, tambahkan garam dan merica untuk beberapa rasa ekstra. Mentimun juga memberi rasa segar pada ikan tuna atau persiapan salad ayam. Ketimun bisa dimakan sendiri dalam bentuk irisannya, atau dengan taburan garam atau lada. Tidak peduli bagaimana Anda memakannya, Anda pasti akan mendapatkan banyak nutrisi dari sayuran yang benar-benar “keren” ini.

Semoga bermanfaat.

Kissparry

Sumber asli  : organicfacts.net/cucumbar — terbit dalam bahasa Inggris

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s