Tawangsari Teras Berbenah Jadi Desa Mandiri

Kehadiran wisata edukasi di kawasan Camp Bell 2 yang oleh masyarakat sekitar dikenal juga dengan nama Kerambilloro (kambil loro) juga Mbiloro, dan akan dibangunnya ‘TAMAN KECEH’, diharapkan segera mengantarkan Desa Tawangsari menjadi Desa Mandiri. Desa ini sebelumnya sudah dikenal dengan Agrowisata Buah Naga-nya (Fun, Fresh, & Healty).

Mbiloro adalah merupakan sebutan tempat disebelah selatan dukuh Ngemplak, desa Tawangsari yang terdiri hamparan persawahan dan tegalan, jadi sebelum Anda masuk ke Dk Ngemplak dari jalur selatan tengah, anda akan melewati Mbiloro. Di tempat inilah terdapat pusat agribisnis-agrowisata ‘buah naga`, sentra buah naga ada di sini.

Apabila masuk ke Dk Ngemplak melewati jalur selatan barat, maka Anda akan melewati Bendosantren atau Ndosantren yang merupakan kawasan pekuburan (tempat pemakaman umum). Namun bila Anda melalui jalur selatan timur, Anda akan melewati Ngledok. Jalur utama masuk kampung adalah jalur selatan tengah.

Disampaikan oleh Operation Head Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Boyolali, Soeprijantoro, bahwa ia mendambakan Desa Tawangsari yang merupakan bagian dari Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah bisa berkiprah lebih banyak lagi dan menjadi desa mandiri. Dengan begitu desa bisa memenuhi kebutuhan warganya tanpa bergantung kepada desa lain. Seperti dikutip dari SuaraMerdeka.com edisi cetak (9/6/2017).

61buah-naga
Sentra Buah Naga di Agrowisata Mbiloro Tawangsari Boyolali

Selain itu, Soeprijantoro berharap lewat kiprah yang sudah maju pesat, desa ini bisa mewakili Boyolali sebagai kandidat kuat penerima Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) Peringkat Emas tahun ini. Hal itu dikatakan Aan, panggilan Soeprijantoro, saat berkunjung ke Desa Tawangsari, dalam rangka pemantauan realisasi corporate social responsibility (CSR) untuk pembangunan kawasan wisata desa. ”Semestinya Desa Tawangsari sudah mampu meraih Proper Emas LH, jka dilihat kondisi riil di lapangan. Terlebih Bu Kades (Yayuk Supriyanti-red) menjadi nomine Kalpataru 2017. Selayaknya Boyolali bisa menerima Proper Peringat Emas,” tuturnya didampingi Kades Yayuk Supriyanti, kemarin.

Aan menyatakan, selama ini TBBM Boyolali secara kontinyu memberikan bantuan dan masukan ke Tawangsari, agar bisa mengembangkan potensi desa.

Bantuan semacam CSR sudah dicairkan sejak 2016 sampai sekarang. Pada 2021 mendatang diharapkan desa yang masuk ring satu TBBM Boyolali ini sudah mandiri. ”Saya lihat program kesehatan, pengobatan gratis, pelestarian lingkungan sudah berjalan baik di sini. Malahan perangkat desa akan mengembangkan desa wisata, ini bukti yang bagus kan,” katanya.

Wisata Edukasi

Kades Yayuk membenarkan, ada sumbangan fisik dan non-fisik dari TBBM Boyolali bagi desanya. Wujud fisik bantuan yang sudah dijalankan adalah pembangunan sampah komunal dan biogas, serta budi daya pohon produktif di Tawangsari. Bantuan terakhir adalah pembangunan wisata edukasi di kawasan Kerambilloro. ”Mulai hari ini kami juga sedang membangun tempat rekreasi taman keceh (bermain air, red) bagi anak-anak,” katanya.

Seperti diketahui, Proper merupakan program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup.

Proper sebagai program unggulan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang dikembangkan sejak 2002 bertujuan mendorong tingkat ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup, sekaligus mendorong inovasi dalam pengelolaan sumber daya alam dan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi.

Kebersamaan dari berbagai unsur dalam mengembangkan potensi desa, termasuk dari warga masyarakatnya tersebut, sangat mungkin mengantarkan desa ini kelak menjadi desa mandiri.

Sumber utama: http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/ (sudah terbit)
Kiriman berita diolah dari SuminoDwi @ngemplak
Ilustrasi : Google

Iklan

One thought on “Tawangsari Teras Berbenah Jadi Desa Mandiri”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s